Memasuki musim penghujan, biasanya akn lebih sering terjadi permasalahan pada rumah. Salah satunya adalah kebocoran pada plafon dan tembok. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan cat tembok anti air.

Air hujan yang masuk dan menyerap sampai ke pori-pori tembok akan menyebabkan bangunan jadi rusak. Apalagi jika didiamkan dalam waktu yang lama, maka tembok akan lapuk dan keropos. Sehingga penting bagi setiap pemilik rumah untuk melakukan pengecatan ulang dengan waterproof paint.

Manfaat Penggunaan Produk Cat Tembok Anti Air

Ada berbagai jenis cat tembok yang sering digunakan untuk mengecat rumah, salah satunya adalah waterproof paint. Produk ini biasanya dimanfaatkan untuk melapisi tembok supaya tahan terhadap air dan masalah lainnya.

1. Mencegah Bocor dan Rembes dari Air Hujan

Kegunaan dan manfaat utama dari penggunaan produk cat waterproof adalah untuk mencegah masalah bocor dan rembes pada tembok. Pasalnya cat tembok biasa tidak mampu menahan air dan menyebabkan bangunan mudah keropos.

Cat tembok pada umumnya akan menggelembung dan mengelupas ketika terkena rembesan air hujan. Apabila dibiarkan, air akan terus merembes sampai ke bagian dalam dan membuat tembok menjadi lembab kemudian berjamur.

2. Mencegah Tumbuhnya Jamur

Tembok atau bagian rumah lain yang sering terkena rembesan air hujan akan mengakibatkan pertumbuhan jamur. Jika tidak segera ditangani maka rumah akan terasa lembab dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga  Mengenal Plafon PVC : Jenis, Kelebihan dan Model Plafon PVC

Selain bisa mengatasi kebocoran cat tembok anti air juga dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan jamur. Namun jika sudah terlanjur menggunakan cat biasa, Anda dapat melakukan pengecatan ulang dengan teknik waterproofing coating.

3. Mengurangi Kelembaban

Biasanya cat waterproof digunakan untuk melindungi tembok rumah dari air hujan. Selain itu jenis cat ini juga dapat diaplikasikan pada tembok kamar mandi atau dapur untuk mengurangi kelembaban dan mencegah kerusakan.

Anda dapat mengecat bagian tembok dan atap kamar mandi yang sering terkena cipratan air. Sehingga tembok tidak lembab dan berjamur meskipun sering digunakan untuk mandi setiap hari. Waterproof cat juga bisa diaplikasikan pada tembok di dapur dengan sink.

4. Mudah Dibersihkan dari Noda

Jenis cat waterproof memiliki sifat yang tidak bisa menyerap air. Jadi ketika terkena noda, tembok lebih mudah untuk dibersihkan. Cara membersihkannya hanya tinggal menggunakan kain lap lalu menggosok dengan perlahan sampai kotoran hilang.

Rekomendasi Merk Cat Tembok Tahan Air

Saat ini sudah banyak cat tembok waterproof yang dijual di pasaran dengan berbagai merk. Namun sayangnya tidak semua merk memiliki kualitas yang sama. Berikut adalah beberapa rekomendasi cat terbaik yang dapat digunakan untuk menahan rembesan air.

1. Dulux Weathershield Powerflex

Rekomendasi cat tembok anti air pertama adalah dari Dulux. Merk ini menjadi pelopor cat waterproof pertama yang paling banyak digunakan dari dulu hingga saat ini. Produknya dijamin dapat menahan air dan kebocoran.

Cat waterproof dari Dulux tahan terhadap segala kondisi dan cuaca. Terutama ancaman air hujan yang membuat tembok jadi lembab dan memunculkan jamur. Sehingga produk cat ini cocok digunakan untuk dinding di bagian luar rumah.

Ketika diaplikasikan Dulux Weathershield Powerflex tidak membutuhkan waktu lama untuk kering. Anda hanya perlu menunggu selama 4 sampai 6 jam saja. Agar lebih cepat mengering, lakukan pengecatan saat cuaca sedang cerah dan terik.

Baca Juga  Yuk Cari Tahu Apa Itu Plafon GRC dan Kelebihannya

2. Aquaproof

Aquaproof sering dipilih sebagai cat tembok anti air dan jamur terbaik untuk perawatan rumah. Cat tembok ini tersedia dalam banyak variasi warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik rumah.

Selain itu, cat Aquaproof terbuat dari bahan dasar polimer thixotropic yang tidak mudah menetes dan rembes ketika diaplikasikan. Meskipun belum dilakukan pengecatan ulang, cat ini tetap kuat dan tahan terhadap cuaca ekstrim.

3. Propan DLI480 Decorlotus

Produk cat tembok yang direkomendasikan berikutnya adalah dari Propan. Salah satu produk unggulannya yakni Propan DLI481 Decorlotus yang mampu memberikan perlindungan ganda untuk tembok rumah. Anda juga bisa menggunakannya untuk mencegah kebocoran pada asbes.

Cat tembok ini dapat melindungi permukaan dari jamur dan kotoran. Penggunaan cat Propan cocok untuk Anda yang ingin rumahnya tampak selalu bersih. Dilengkapi dengan teknologi Pearl Lotus Effect yang membuat tembok lebih mudah dibersihkan.

Keunggulan lainnya dari cat tembok merk Propan adalah tahan terhadap gesekan sehingga tidak mudah mengelupas meskipun sudah diaplikasikan dalam waktu lama. Cat ini juga memiliki Green Label Singapore sebagai produk yang ramah lingkungan.

4. No Drop

No Drop merupakan merk cat tembok anti lembab yang dapat memberikan perlindungan ekstra pada tembok rumah. Penggunaan cat tembok ini tidak terbatas pada bagian tembok saja, namun juga bisa digunakan untuk melapisi beton, asbes, galavnis, hingga seng pelindung.

Tak hanya bisa mencegah tembok jadi lembab, cat waterproof merk No Drop juga bisa melindungi dinding dari tumbuhnya jamur. Salah satu keunggulannya adalah tahan lama dan bersifat elastis, sehingga Anda tidak membutuhkan banyak cat untuk melapisi seluruh bagian tembok.

5. Jotun Jotaplast

Jotun Jotaplast merupakan cat tembok anti air yang sekaligus bisa digunakan untuk melapisi langit-langit rumah. Produk cat ini diformulasikan dengan bahan pengikat jenis akrilik yang sudah dimodifikasi, sehingga tahan terhadap rembesan air.

Baca Juga  7 Kombinasi Warna Cat Rumah Sederhana dan Minimalis

Merk cat ini mudah untuk diaplikasikan dan mampu menutup pori-pori tembok dengan sempurna. Hasil akhirnya halus dan tidak menggelembung. Selain itu, cat Jotun Jotaplast juga merupakan produk yang ramah lingkungan dan baunya tidak menyengat.

6. Belmont All in One

Bagi Anda yang sedang mencari cat tembok waterproof dengan bahan akrilik, maka Belmont All in One merupakan rekomendasi terbaik. Cat ini digunakan untuk melapisi dna melindungi berbagai bidang bangunan yang mudah rembes air hujan.

Belmont All in One termasuk jenis cat serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk mengecat eksterior dan interior rumah. Formulasi bahannya tahan terhadap segala cuaca dan jamur. Proses pengeringannya juga hanya membutuhkan waktu selama 60 menit saja.

7. Nippon Paint

Nippon Paint merupakan salah satu merk cat tembok waterproof yang paling terkenal dan diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Memiliki formula asli dari Jepang yang lebih unggul dibandingkan dengan cat tembok merk lainnya.

Cat tembok anti air Nippon Paint tidak mengeluarkan bau yang menyengat sehingga masih nyaman saat diaplikasikan. Selain itu, cat tembok ini juga memiliki ketahanan yang cukup awet meskipun jarang dilakukan pengecatan ulang.

Menggunakan cat tembok anti air menjadi hal yang sangat penting ketika Anda sedang membangun rumah. Produk ini dapat melindungi tembok dari rembesan air hujan yang bocor, sehingga dinding tidak mudah lapuk dan keropos.

Ada banyak merk cat tembok waterproof yang mudah Anda temukan di toko bangunan. Namun untuk mendapatkan produk dengan kualitas terbaik, belilah di Tokban Marketplace. Temukan cat tembok berkualitas tinggi pada katalog Cat Tembok Tokban.