Kenapa memilih cat tembok eksterior itu harus teliti? Alasan utamanya karena akan menjadi pelapis dinding di luar ruangan, dimana akan terpapar matahari dan terkena hujan kapan saja. Sehingga butuh produk cat berkualitas tinggi dan tahan lama.

Ketika salah memilih cat, bukan saja tampilan rumah yang terlihat tidak menarik namun akan butuh biaya tambahan untuk mengganti cat yang sudah diaplikasikan sebelumnya. Penasaran apa saja rekomendasi cat untuk eksterior rumah terbaik? Ini dia daftar terbarunya.

10 Cat Tembok Eksterior Terbaik

Bagian luar rumah, memang sangat rentan mengalami masalah terutama dinding, lantai, dan bagian lainnya. Oleh karena itu, butuh cat pelapis yang memiliki karakteristik terbaik agar kondisi eksterior rumah menjadi tetap kinclong dan memiliki ciri khasnya sendiri. 

Bagi yang ingin mencari cat tembok eksterior terbaik saat ini, beberapa pilihan berikut merupakan rekomendasi karena benar-benar memiliki keunggulan yang tidak dimiliki cat lainnya.

1. Belmont All in One

Cat ini dibuat dari bahan acrylic dan memiliki dua fungsi utama yaitu melindungi dan sebagai pelapis area yang diberi polesannya. Bisa diaplikasikan pada berbagai jenis permukaan bidang, seperti hingga beton.

Beberapa kegunaan lain juga bisa dibuktikan dari merk cat tembok eksterior Belmont ini, seperti untuk pelapis pada material gypsum, mengecat dinding dalam dan luar kolam ikan, mengecat genteng berbahan asbes atau beton.

Selain itu juga cocok untuk menjadi cat dekorasi eksterior rumah dan interior karena memiliki banyak pilihan warna, bisa dipadupadankan dengan hasil mengkilap dan mudah untuk dibersihkan. 

Baca Juga  Toko Bangunan Tangerang Online Terbaik Berkualitas

2. Propan Decorflex DF-97

Propan juga punya produk yang dibuat dari bahan khusus yaitu polymer acrylic elastomeric, sehingga memiliki ketahanan terhadap alkali. Selain itu juga mudah dibersihkan, warnanya tahan untuk jangka waktu bertahun-tahun.

Produk ini juga diklaim ramah lingkungan dan sudah mendapatkan green label di negara Singapura. Ditambah pula, bisa menjadi dempul otomatis untuk kondisi retak halus pada dinding atau bidang lainnya.

Dari percobaan yang dilakukan ahli, didapatkan bahwa penggunaan cat tembok eksterior ini bisa tetap berkilau hingga delapan tahun. Tidak mudah terkena jamur maupun lumut, serta pastinya mudah dibersihkan.

3. Nippon Weatherbond Solareflect

Nippon juga memiliki jenis cat untuk area eksterior rumah, bahannya juga acrylic dengan formulasi khusus tanpa tambahan bahan berbahaya seperti merkuri maupun timbal. Cocok untuk rumah di daerah tropis atau tempat dimana sering terjadi cuaca ekstrim.

Cat ini sekali dioles secara merata, langsung membuat permukaan bidang licin dan mulus. Hal inilah yang membuat kondisi bidang tersebut tidak mudah terkena debu maupun kotoran, meskipun diaplikasikan di luar ruangan.

Beberapa nilai plus dari Nippon Weatherbond Solareflect adalah, pengaplikasian yang mudah bahkan oleh amatir sekalipun. 

Kemudian cat tembok eksterior yang bagus ini juga anti alkali sehingga tidak menyebabkan cat mudah mengelupas, juga tahan terhadap lumut maupun kotoran jenis lain yang sangat rentan menempel pada dinding luar bangunan.

Sekali diaplikasikan, warna yang muncul akan terlindungi secara alami karena proses penempelan pada bidang yang sempurna. Hal itu disebabkan teknologi colour protect yang disematkan pada produk ini.

4. Propan Decorshield DW-500

Satu lagi produk dari Propan yang juga dapat dijadikan pilihan cat di bagian luar rumah Anda, dengan ketahanan melindungi hingga enam tahun. Bahan pembuatannya adalah acrylic emulsion dengan kadar 100 persen.

Baca Juga  10 Inspirasi Model Desain Kanopi Balkon Lantai 2 Minimalis

Cat dengan beberapa pilihan warna ini juga memiliki kemampuan anti noda, sehingga tidak akan mudah kotor. Kalaupun kotor, cukup dengan membilas area kotor dengan air dan mengelapnya maka kondisi dinding akan kembali bersih.

Ada juga keunggulan soal water based yang membuatnya ramah lingkungan, juga tidak memiliki kandungan logam yang membahayakan.

5. Dulux Weathershield Powerflexx

Dulux juga punya produk cat tembok eksterior terbaik yang sudah banyak digunakan. Keunggulannya juga sangat luar biasa, bukan hanya sekedar membuat tampilan bagian luar rumah menjadi lebih menarik dan berkarakter.

Diantaranya yaitu powerflexx technology untuk menutupi bagian-bagian dinding yang retak kategori halus tanpa harus menggunakan dempul. Kemudian tahan terhadap alkali, tidak mudah ditumbuhi lumut maupun jamur, serta baunya tidak menyengat sehingga aman bagi kesehatan.

Selain itu, produk ini juga memiliki teknologi colour lock yaitu warna yang sudah tercipta di lapisan bidang maupun dinding akan bertahan untuk waktu lama tanpa pudar dan berubah. Cat ini juga sudah mendapatkan green label  dari Singapura, yang artinya aman dan tidak membahayakan lingkungan.

Jangan lupa soal keunggulan di bidang asuransi, dimana Anda akan mendapatkan asuransi penggunaan cat selama enam tahun.

6. Permacoat Exterior

Keunggulan dari cat ini adalah warnanya yang akan tahan lama, dengan formulasi maksimal yang akan memberikan hasil akhir mengkilap dan tidak mudah mengelupas. Meskipun banyak debu yang menempel, akan mudah dibersihkan tanpa harus melakukan pengecatan ulang.

Tidak mengandung merkuri dan ramah lingkungan adalah nilai plus selanjutnya, dimana tidak semua cat tembok memilikinya. 

Anda juga akan mendapatkan garansi pemakaian cat selama lima tahun, jadi jika terjadi kerusakan atau ketidak sesuaian antara hasil dengan promosi maka bisa diklaim pada produsen.

Baca Juga  10 Warna Cat Teras Rumah Mewah yang Bagus Elegan Minimalis Modern

7. Avitex Gold

Fungsi dari cat ini adalah sebagai pelindung lapisan terluar dari dinding, dengan bahan dasar acrylic dan hasil akhir deep matt menjadi penyempurna kondisi tembok yang sebelumnya cenderung kasar. Ditambah pula hasil polesannya yang halus dan pilihan warna terbaik, tentu puas memilih dan mengimplementasikannya.

Cat Avitex Gold yang juga masuk daftar cat tembok eksterior terbaik ini, warnanya juga tidak mudah pudar. Selain itu, dapat pula dijadikan pelapis pada bagian plafon, papan berbahan gypsum, hingga bagian dari plester bangunan.

8. Aquaproof

Bahan dasarnya adalah polimer sintetis yang akan membantu melindungi eksterior bangunan dalam jangka waktu lama. Tidak mudah meleleh, tahan  bocor, dan menempel sempurna pada dinding membuat cat ini juga menjadi pilihan sebagai finishing bagian luar bangunan.

9. Nucolour Exterior

Ada 24 warna yang dapat dipilih dari produk Nucolour exterior ini, sehingga memudahkan Anda untuk mencari mana warna terbaik untuk dipakai pada dinding bagian luar bangunan.

Cat ini juga anti jamur dan ramah lingkungan, hasil akhirnya juga menempel sempurna pada permukaan dinding sehingga selalu akan terlihat baru minimal dalam tiga tahun pemakaian.

10. Mowilex Weathercoat Supreme

Diklaim bisa bertahan hingga 18 tahun, produk dari Mowilex ini memberikan hasil akhir pada dinding dengan permukaan yang licin dan mengkilap. Alhasil kotoran enggan menempel lama, serta warnanya juga tidak akan mudah pudar.

Bahan pembuatannya masuk kategori premium, juga sudah lulus untuk uji sinar UV, kelembaban tinggi, hingga cuaca yang ekstrim. 

Apakah sudah tahu produk cat tembok eksterior manakah yang akan Anda pakai? Kalau masih bingung, langsung pilih saja produk terbaiknya di  https://tokban.com/product-category/cat/, penyedia produk cat terlengkap dengan kualitas terbaik dan dijamin keasliannya.