Memiliki anak yang sangat aktif butuh persiapan ekstra, salah satunya bagaimana memilih cat tembok yang bisa di lap dengan mudah. Apalagi jika si kecil suka corat coret dinding, tentu perlu cat dengan spesifikasi tersebut bukan?

Untungnya saat ini sudah ada brand cat ternama di Indonesia yang mengakomodir kebutuhan para orang tua tersebut, salah satunya dengan menghadirkan cat berkualitas untuk tembok. Apa saja brand dan varian catnya? Pastikan mengecek informasi lengkapnya berikut.

10 Cat Tembok yang Bisa di Lap

Selain coretan si kecil, pada area-area tertentu seperti dapur dan ruang keluarga menjadi lokasi dimana debu dan noda lain bisa sangat mudah menempel di dinding. Untuk itulah dibutuhkan cat yang tepat seperti rekomendasi di bawah ini.

1. Belazo Kidz Dream

Pilihan pertama adalah produk dari merk cat tembok yang bisa di lap Belazo, yang menjadi pilihan banyak orang tua untuk cat utama di kamar buah hati mereka. 

Dilengkapi juga dengan stain proof anti graffiti technologi, saat noda menempel pada tembok maka cat inilah yang akan membuat noda tersebut tidak melekat.

Tentunya dengan keunggulan tersebut, memudahkan membersihkan noda dari lumpur bahkan krayon akibat coretan si kecil yang biasanya sulit dibersihkan karena terbuat dari bahan lilin. 

Biasanya noda yang membandel mampu melewati celah lapisan cat dan mengendap pada tembok, namun hal tersebut tidak akan terjadi ketika dinding sudah diberi lapisan Belazo Kidzdream.

2. Decolith Permacoat Matte Finish

Meskipun bahan utama pembuatannya adalah 100 persen akrilik, tapi soal kemampuan melawan noda sangat teruji. Hanya dengan menggunakan lap yang tepat, berbagai jenis noda yang menempel di permukaan dinding tembok bisa dengan cepat dibersihkan tanpa bekas.

Baca Juga  Toko Bangunan Cileungsi Online Terbaik Berkualitas

Terutama jika langsung dibersihkan usai noda tersebut menempel, akan membuat cat kembali seperti saat awal diaplikasikan pada dinding. 

Dengan daya rekat pada dinding yang maksimal, memastikan cat menyatu dengan lapisan tembok secara sempurna. Ditambah pula daya sebarnya yang cukup luas, sekali kuas bisa menyebar di area dinding di sekitarnya dalam waktu singkat.

Ada keunggulan lain yang juga dimiliki Decolith Permacoat Matte Finish, yaitu komposisi terbaiknya akan menjauhkan dinding dari jamur maupun lumut. Alhasil, semua ruangan di dalam rumah Anda memiliki warna yang matte dan aman dari masalah.

3. Aquaproof

Meskipun produk lokal namun kualitasnya bisa diadu dengan produk luar negeri, bahkan soal membersihkan noda. Beberapa jenis cat dari Aquaproof bisa di lap menggunakan kain basah atau kering, ketika terdapat noda yang membandel. 

Sifat elastis karena dibuat dari bahan jenis polimer, juga menjadi alasan berikutnya mengapa cat dari Aquaproof mudah bersih dari noda. Ketika terkena air dalam jumlah banyak, juga tidak memberi efek samping yang signifikan.

Selain itu, produk-produk dari brand lokal ini juga merupakan pelapis anti bocor yang sudah terjamin kualitasnya. Sehingga bukan saja cocok untuk dinding di dalam ruangan, namun juga untuk di luar ruangan.

4. No Drop 

Memang keunggulan utamanya adalah meminimalisir bocor pada permukaan dinding, bisa akibat rembesan air hujan dan lainnya. Namun ternyata kalau dipakai untuk eksterior, juga mudah dibersihkan.

5. Nippon Paint Spotless

Kenapa produk ini termasuk cat tembok yang bisa di lap? Salah satu alasan utamanya adalah karena komponen di dalamnya memiliki kemampuan tolak hidrofilik, sehingga noda yang menempel bisa dibersihkan dengan cara di lap saja tanpa harus perawatan ekstra.

Baca Juga  15 Inspirasi Desain Model Pintu Garasi Besi Hollow Minimalis

Berbagai jenis noda diklaim dapat mudah dibersihkan, ketika tembok menggunakan cat ini sebagai pelapisnya.  Mulai dari noda tumpahan minuman seperti jus buah hingga kopi, kemudian nida tinta, lipstik, dan masih banyak noda jenis lainnya. 

Selain mudah dibersihkan, Nippon Paint Spotless juga punya daya tahan terbaik untuk menjaga permukaan tembok agar tetap memiliki warna terbaiknya. Tapi memang penggunaannya terbatas untuk bagian eksterior atau bagian dalam rumah saja.

6. Avitex

Salah satu keunggulan dari Avitex sebagai cat tembok yang mudah dibersihkan adalah, pilihan warnanya tergolong lengkap jika dibandingkan dengan merk lain. Pengguna juga bisa memadukan dua atau lebih warna, yang kemudian menjadi pelapis dinding interior rumah Anda.

Cara membersihkan noda di permukaan tembok yang diberi cat Avitex, yaitu dengan mengelapnya menggunakan lap bersih.

7. Dulux Easy Clean

Merupakan varian cat yang mengusung teknologi kidproof, yang akan dengan mudah dibersihkan setelah terkena noda. 

Ditambah pula, bahan dasarnya yang merupakan air membuat cat ini menjadi lebih dipilih pada ruang-ruang tertentu di dalam rumah dengan potensi kena debu dan kotoran lebih besar.

Selain mudah dibersihkan, ada juga teknologi silver ion yang membantu meminimalisir berkembangnya sejumlah virus di dinding sehingga tergolong aman dan tentunya ramah lingkungan.

Warna yang disediakan juga relatif lengkap, Anda tinggal memilih mau warna apa untuk membuat tampilan tembok dalam rumah menjadi lebih eye catching dan juga tahan lama.

8. Jotun Essence Easy Wipe

Ada juga produk dari Jotun yang diklaim dapat dibersihkan dengan mudah, asalkan menggunakan cairan khusus pembersih dinding. Biasanya cairan tersebut dibuat dari emulsi akrilik, alhasil memastikan dinding terjauh dari kotoran akan lebih mudah.

Baca Juga  11 Inspirasi Model Desain Plafon Gypsum Minimalis Terbaru

Keunggulan yang juga dimiliki oleh produk ini adalah, proses keringnya cukup cepat dan memiliki tingkat menyatu dengan tembok relatif tinggi. Jika sudah diimplementasikan pada tembok dalam rumah, akan memberikan kesan berbeda asalkan Anda memilih warna yang tepat sesuai konsep hunian tersebut.

9. Puffin Super Clean

Termasuk dalam deretan cat tembok yang bisa di lap yang juga direkomendasikan karena bisa dibersihkan dengan cara dicuci dengan bahan khusus tanpa mengurangi kualitasnya. Bahkan jika digosok menggunakan alat gosok, cat akan tetap awet dan tahan lama.

Asalkan saat diaplikasikan pada tembok, menggunakan cara yang tepat dan lapisannya benar-benar menempel maksimal pada tembok. Jika hal itu dilakukan, selain mudah di lap juga meminimalisir efek dinding lembab serta tidak membuat jamur mudah muncul begitu juga dengan lumut dan sejenisnya.

10. Lenkote Supersilk

Bagi Anda yang pernah melihat daun talas terkena tetesan air, dimana air tidak akan menempel namun langsung jatuh tanpa bekas maka seperti itulah kondisi tembok ketika memakai cat ini.

Termasuk cat interior kualitas premium yang diklaim anti noda apapun, tidak pula mudah pudar meskipun sudah bertahun-tahun menjadi lapisan tembok dan dinding di rumah Anda. 

Selain menjadi salah satu cat tembok yang bisa dibersihkan dari noda,  produk Lenkote ini juga disebut-sebut ramah lingkungan. Alasannya karena kadar VOC pada cat sangat rendah, dimana VOC sebenarnya cukup berbahaya bagi kesehatan dan berbagai kondisi lingkungan lainnya/

Mulai sekarang berhenti khawatir tentang aktivitas si kecil yang suka mencoret dinding, selama Anda menggunakan cat tembok yang bisa di lap maka dinding akan senantiasa terbebas dari berbagai jenis noda. Kalau mau beli cat yang punya kualitas bagus, cek saja daftarnya di https://tokban.com/product-category/cat/ yang akan memberikan pilihan cat terbaik untuk rumah Anda.