Denah rumah adalah suatu bagian yang sangat penting dalam proyek pembangunan tempat tinggal. Hal ini karena denah atau desain rumah akan menentukan bentuk akhir bangunan rumah tersebut serta konsep interior atau bagian dalam dari rumah tersebut.

Denah atau desain rumah sendiri bisa diartikan sebagai suatu peta dengan ukuran kecil yang menggambarkan serta menunjukkan detail lokasi sebuah bangunan. Biasanya, denah menunjukkan atau memperlihatkan desain bangunan dari tampak atas bangunan tersebut.

Fungsi Denah Rumah yang Bagus

Desain atau denah dirancang demi mempermudah penggunanya dalam mencari letak pembangunan sebuah bangunan tempat tinggal, misalnya letak kamar mandi, dapur, kamar tidur, ruang tamu, maupun letak bagian lain dalam bangunan rumah. Berbagai fungsi lain dari denah adalah:

1. Membantu mengetahui susunan ruangan

Fungsi pertama dari desain rumah adalah membantu mengetahui fungsi dari susunan ruang. Dengan bantuan denah, penggunanya dapat memahami letak susunan berbagai ruangan yang terdapat dalam sebuah bangunan.

2. Membantu memahami sirkulasi ruangan

Sirkulasi ruang adalah fungsi lain adanya denah atau desain rumah. Sirkulasi ruang sendiri berkaitan erat dengan arus masuk dan keluar pada setiap ruangan yang ada. Dengan fungsi sirkulasi ruang ini, pengguna denah dapat memahami berbagai jalan yang menghubungkan setiap ruangan.

Baca Juga  18 Inspirasi Desain Balkon Minimalis dengan Tampilan Memukau

Pengguna denah rumah minimalis tersebut juga akan dapat memahami jalan yang tercepat dari suatu ruangan menuju ke ruangan lainnya.

3. Membantu mengetahui posisi ruangan

Dengan melihat denah atau desain rumah, pengguna denah akan melihat posisi masing-masing ruangan yang terdapat di dalam bangunan rumah tersebut. Sehingga pengguna denah dapat langsung menemukan ruangan yang dimaksud dengan lebih mudah dan cepat.

4. Membantu memahami interior dalam ruangan

Fungsi lain dari desain atau denah rumah adalah menunjukkan isi ruangan yang terdapat di dalam sebuah bangunan tempat tinggal. Hal ini berhubungan dengan berbagai komponen yang akan diletakkan di dalam setiap ruangan di suatu bangunan tempat tinggal.

5. Membantu mengetahui dimensi setiap ruangan

Desain rumah dapat digunakan sebagai alat yang menunjukkan ukuran atau dimensi dari setiap ruangan yang ada di dalam rumah. Pengguna denah pun jadi lebih mudah mengetahui perkiraan ukuran perlengkapan yang dapat dimasukkan ke dalam ruangan tertentu.

6. Membantu memahami letak pintu di setiap ruangan

Dengan melihat denah, pengguna denah dapat mencari tahu letak jendela dan pintu yang ada di setiap ruangan. Posisi ventilasi yang ada di bangunan tempat tinggal pun dapat diketahui dengan lebih tepat. Hal ini akan berguna jika terjadi bencana misalnya bencana kebakaran.

Denah dapat dimanfaatkan untuk mencari celah maupun ventilasi dan pintu sehingga dapat melakukan tindakan penyelamatan yang dibutuhkan.

Contoh Denah Rumah Minimalis untuk Keluarga Kecil

Pembuatan desain rumah sebaiknya disesuaikan dengan bujet, luas lahan yang tersedia, dan jumlah individu yang akan tinggal dan menempati rumah tersebut. Misalnya, untuk keluarga kecil, desain rumah yang modern, sederhana, dan minimalis akan sangat cocok untuk dipilih.

Berikut ini adalah ide desain rumah minimalis dan sederhana tapi cukup lengkap dan sangat cocok untuk berbagai keluarga.

Baca Juga  12 Inspirasi Desain Meja Belajar Kreatif Agar Anak Semangat Belajar

1. Rumah modern 3 kamar tidur

Desain pertama cocok untuk digunakan oleh keluarga yang cukup besar. Desain ini dirancang untuk lahan yang memanjang dari depan ke belakang. Terdiri dari 2 lantai, lantai pertama dirancang untuk mengakomodasi ruang tamu, dapur, kamar mandi, ruang makan, dan ruang cuci, serta sebuah garasi.

Lantai kedua memuat 1 kamar tidur utama yang lebih besar ukurannya dan dilengkapi dengan kamar mandi pribadi, serta 2 kamar tidur ekstra dengan ukuran yang sama dan sebuah kamar mandi yang dapat digunakan bersama.

2. Denah rumah sederhana dengan 2 kamar tidur

Desain yang satu ini sangat pas untuk pasangan baru dan keluarga dengan satu anak. Ukurannya tidak sebesar desain yang pertama. Terdapat sebuah teras kecil di bagian depan ruang tamu yang digabung dengan ruang makan dan ada sebuah ruangan khusus yang difungsikan sebagai dapur. 

Kamar tidur utama tidak dilengkapi dengan kamar mandi pribadi karena ukurannya hanya sedikit lebih luas dibandingkan dengan dapur. Terdapat sebuah kamar mandi yang cukup besar dan sebuah kamar yang dapat difungsikan sebagai kamar anak.

3. Denah rumah sederhana untuk lahan sempit

Jika Anda membutuhkan denah yang cocok untuk lahan yang sempit, ada sebuah desain yang bisa dicoba. Denah ini sangat cocok bagi keluarga yang akan membangun rumah di lahan yang memanjang ke samping karena mempunyai pintu masuk di bagian tengah dari lahan yang memanjang.

Ruang tamu digabung dengan dapur dan ruang makan, terletak di sebelah kanan dari pintu masuk. Tepat di seberang pintu masuk terdapat kamar tidur utama. Dan di sebelah kiri pintu masuk terdapat kamar kedua untuk anak maupun tamu, kamar mandi dan toilet serta sebuah ruang cuci.

4. Denah rumah modern 3 lantai

Bahkan lahan yang sangat sempit sekalipun dapat menjadi lokasi untuk hunian yang nyaman bagi keluarga kecil maupun sedang. Salah satu caranya adalah dengan membuat denah untuk lahan sempit dengan 3 lantai. Lantai pertama bisa digunakan sebagai garasi, dapur, ruang makan, dan kamar mandi.

Baca Juga  14 Motif Keramik Dapur Minimalis Terbaik Untuk Mempercantik Rumah

Lantai kedua dapat difungsikan sebagai tempat untuk kamar tidur utama, kamar mandi, dan ruang keluarga. Kemudian lantai ketiga dapat diisi dengan 2 kamar tidur untuk anak maupun tamu serta sebuah kamar mandi kecil.

5. Desain rumah unik artistik 2 kamar tidur

Kalau lahan yang tersedia sangat terbatas dan berbentuk persegi empat, denah yang satu ini dapat digunakan. Meskipun lahan yang tersedia sempit dan terbatas, denah ini memuat ruang tamu, dapur, dan meja makan dalam satu ruangan di lantai bawah.

Sebuah kamar tidur kecil dan kamar mandi tamu juga terdapat di lantai bawah, beserta sebuah tangga spiral yang cocok untuk rumah dan lahan kecil. Di lantai dua terdapat sebuah kamar tidur utama yang ukurannya lebih besar, kamar mandi, dan ruangan khusus untuk pakaian.

6. Denah rumah kecil dengan halaman luas

Bagi Anda yang lebih suka memiliki halaman luas daripada rumah besar, desain yang satu ini adalah pilihan terbaik. Terdapat sebuah garasi yang terbuka yang tidak terhubung dengan rumah dan ada taman yang luas di bagian depan dan samping rumah yang dapat digunakan untuk berkebun.

Di bagian dalamnya terdapat sebuah kamar tidur, dapur kecil yang tersembunyi di balik ruang tamu, dan ruang makan yang terletak di sebelah ruang tamu tanpa adanya penggunaan sekat maupun tembok. Ada juga teras di bagian depan rumah yang dapat digunakan untuk menerima tamu.

Desain manapun yang Anda inginkan, lengkapi kebutuhan pembangunan rumah Anda dari sumber yang berkualitas. Kunjungi https://tokban.com untuk memperoleh bahan bangunan dan perlengkapan rumah terbaik dan berkualitas.