Ruangan kecil sering kali dijadikan alasan terkait tampilan kamar yang kurang rapi dan berantakan. Padahal, kalau bisa melakukan dekorasi dengan tepat tentu kamar tetap terlihat mewah dan nyaman. Misalnya dengan menggunakan desain kamar minimalis yang sesuai untuk area sempit.

Meski minimalis, desain kamar ini juga sering diterapkan pada rumah mewah yang ukurannya besar. Hal ini disebabkan karena desain minimalis pada kamar tidak hanya menghemat ruangan, namun  juga memberikan kesan kamar yang unik dan kekinian. 

Inspirasi Desain Kamar Minimalis

Bagi yang belum terbiasa melakukan dekorasi ruangan, tidak perlu berpikir lama untuk mencari inspirasi dalam mendesain kamar minimalis di ruangan yang sempit. Ada banyak inspirasi kamar minimalis yang bisa ditiru sesuai dengan kondisi ruangan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Serba Putih dengan Cermin Unik

Warna putih yang cerah dan bersih memang selalu dijadikan pilihan dalam teknik dekorasi pada area yang sempit. Untuk memaksimalkan tampilan kamar agar lebih luas, pemilihan warna putih ini bisa dipadukan dengan interior cermin hias yang diletakkan tepat di atas kepala ranjang.

Walaupun desain kamar tidur ini terlihat sederhana, namun sangat efektif dalam memberikan efek luas di kamar. Terlebih dengan adanya pantulan cahaya dari cermin hias yang bisa memberikan pencahayaan lebih baik. Desain ini cocok untuk Anda yang menyukai kamar sederhana ala vila atau penginapan. 

Baca Juga  10 Ide Desain Rumah Kayu Minimalis Modern Unik

2. Kamar Minimalis ala Jepang

Penganut gaya hidup minimalis pasti sangat mengenal desain kamar ala Jepang yang satu ini. Ciri khas kamar terletak pada posisi kasurnya yang ada di bawah tanpa ranjang. Selain itu, terdapat pula jendela kaca khas jepang yang menjadi pencahayaan alami di kamar.

Apabila tidak memiliki banyak barang, inspirasi kamar tidur ala Jepang ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebaliknya, apabila memiliki banyak barang yang ingin diletakkan di kamar, maka model kasur tanpa ranjang kurang cocok digunakan karena tidak memiliki tempat penyimpanan barang tersembunyi. 

3. Kamar Minimalis dengan Partisi Kaca

Desain yang satu ini cocok diaplikasikan pada mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert. Secara keseluruhan kamar didesain terbuka karena hanya menggunakan partisi kaca sebagai pembatasnya dengan ruang lain.

Penggunaan kaca sebagai pembatas dan jendela kaca yang terhubung langsung dengan halaman luar membuat kamar sangat terang meski tanpa lampu. Kamar dengan desain terbuka ini bisa juga ditiru untuk membuat kamar anak-anak dan remaja yang masih butuh dipantau ketika tidur.

4. Minimalis Natural

Untuk menciptakan model kamar minimalis yang natural, ada dua benda penting yang wajib ada dalam kamar. Pertama adalah tanaman dan kedua material kayu pada ranjang atau perabotannya. Kalau dua benda ini sudah ada, maka penataannya bisa diatur sendiri sesuai bentuk ruangan.

Untuk menyesuaikan areanya yang sempit, hindari meletakkan ranjang di tepi ruangan. Letakkan di tengah-tengah, lalu tanaman hijau dan perabotan kayu bisa diletakkan di masing-masing sisinya. Bila pencahayaannya kurang, tambahkan cermin besar pada salah satu sisi untuk memantulkan cahaya.

5. Kamar Mezzanine dengan Kursi Santai

Kamar mezzanine menjadi area wajib yang harus ada pada rumah dengan tipe minimalis. Model kamar yang terletak di atas area dengan jarak atap dan kamar yang sangat dekat bisa dimodifikasi menjadi lebih lenggang.

Baca Juga  10 Desain Partisi Ruangan Minimalis Terbaik untuk Tampilan Apik

Salah satu caranya dengan memperbanyak pencahayaan di dalam kamar. Jika posisinya tepat di bawah atap yang miring, bagian miring ini bisa dijadikan sumber pencahayaan dan dibatasi kaca. Untuk kamar mezzanine tidak perlu meletakkan lemari, cukup letakkan kursi dan meja santai mungil yang unik. 

6. Minimalis Metalik dengan Kasur Hitam

Desain metalik biasanya lebih disukai pria karena terkesan maskulin. Pemilihan warna hitam pada kamar di area yang sempit sebenarnya memberikan kesan yang sama dengan penggunaan warna putih. Hanya saja, kesan cerah yang diberikan ada di sekitar area.

 Untuk memaksimalkan kesan metalik yang diinginkan, bagian dinding kamar bisa menggunakan bahan kayu atau tembok dengan warna metal. Pencahayaan yang memberikan kesan luas sepenuhnya berasal dari lampu gantung dan jendela pada salah satu sisi kamar.

7. Desain Simpel untuk Kutu Buku

Kutu buku seringkali merasa kesulitan dalam mendesain kamarnya menjadi lebih rapi. Jumlah buku yang banyak dalam kamar lebih mudah berantakan dan memberikan kesan sempit. Namun, ini tidak berlaku pada desain kamar minimalis.

Untuk menyiasatinya, ciptakan desain yang simpel dengan memanfaatkan rak dinding sebagai tempat buku. Sementara kasurnya bisa menggunakan model multifungsi yang sudah dilengkapi laci untuk menyimpan perabotan kamar lainnya. 

8. Kamar Minimalis dengan Kasur Multifungsi

Cara termudah dalam menciptakan desain kamar tidur minimalis adalah dengan menggunakan barang-barang multifungsi. Dalam satu set tempat tidur, sudah dilengkapi dengan rak dan lemari penyimpanan. 

Model ini tidak hanya minimalis, tapi juga mudah dipindahkan sesuai dengan keinginan. Jadi, tidak perlu repot membangun dinding kamar atau melakukan dekorasi secara manual. Cukup dengan membeli satu set kasur dan diletakkan pada posisi yang tepat. 

9. Cerah dengan Perpaduan Hijau dan Putih

Jangan takut untuk menggunakan warna-warna terang dalam mendekorasi kamar yang sempit. Misalnya dengan memilih warna hijau yang dipadukan dengan warna putih. Selain cerah, warna ini juga terkesan sejuk sehingga nyaman dipakai pada kamar mungil.

Baca Juga  Desain Rumah Type 120 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

Kalau ingin membuat kamar lebih modern, gunakan banyak barang-barang portabel dan multifungsi pada kamar dengan warna cerah ini. Jadi, perabotan dengan warna lain tidak akan terlihat dan membuat kesan hijaunya pudar. 

10. Cozy dan Segar dengan Tanaman

Kamar tidur minimalis yang cozy biasanya paling banyak disukai.  Untuk menghindari kesan monoton pada kamar pribadi, ganti perabotan umum seperti lemari pakaian dengan menggunakan tanaman hijau. Model ini jauh lebih nyaman dibandingkan harus tidur berdampingan dengan lemari.

Untuk menyimpan pakaian, bisa dengan ranjang rotan atau meletakkan lemari pakaian di luar kamar. Jadi, ruangan minimalis tetap terasa nyaman untuk istirahat. 

11. Minimalis Modern

Kamar dengan desain modern sebenarnya sangat beragam dan bersifat dinamis karena menyesuaikan zamannya. Untuk saat ini, kamar minimalis modern masih didominasi dengan penggunaan dinding dan pintu kaca sebagai pembatasnya.

Pada area yang sangat sempit, bagian bawah ranjang yang berbatasan langsung dengan dinding cermin bisa dilengkapi dengan televisi LCD yang ramping dan tidak menghabiskan banyak tempat. 

12. Desain Monochrome

Model kamar minimalis terakhir yang juga menarik untuk diterapkan adalah menggunakan desain monochrome yang memadukan warna hitam dan putih. Dengan menggunakan warna ini, maka kamar yang sempit akan terlihat lebih rapi dan elegan. 

Meski begitu, kamar dengan desain ini harus dilengkapi dengan banyak lampu agar warna hitam pada kasur tidak membuat kamar terasa gelap dan sempit.

Selain desain kamar minimalis di atas, masih ada banyak desain lainnya yang bisa diciptakan sendiri sesuai kreativitas. Faktor terpenting yang harus ada dalam melakukan dekorasi adalah peralatan minimalis. Oleh karenanya, jika ingin mempercantik desain kamar dengan peralatan bagus, bisa kunjungi tokban.com.