Kamar mandi merupakan area yang paling mudah kotor karena kondisinya yang lembab dan digunakan membersihkan diri. Karena dianggap kurang nyaman, banyak yang tidak betah berlama-lama di kamar mandi. Sebagai solusinya, bisa menggunakan keramik kamar mandi agar lebih bersih dan indah.

Penggunaan dan pemilihan keramik yang tepat sangat mempengaruhi nilai estetika dari kamar mandi. Apabila pemilihannya tidak tepat, kamar mandi justru terlihat berantakan sehingga penggunanya merasa tidak nyaman di dalamnya. 

Motif Keramik Kamar Mandi

Motif keramik pada kamar mandi sangat banyak dan beragam. Semuanya dibuat untuk menyesuaikan berbagai tipe kamar mandi yang dimiliki seseorang. Selain itu, beragam motif dari kamar mandi ini juga diciptakan untuk menyesuaikan desain dan konsep dalam kamar mandi tersebut.

1. Motif Polos

Keramik tanpa motif atau motif polos biasanya sangat disukai oleh mereka yang menyukai tampilan kamar mandi bersih. Warna yang banyak digunakan pada keramik yang polos ini adalah warna putih dan coklat.

Namun, ada juga sebagian orang yang menggunakan warna coklat dan pastel untuk memperindah tampilan kamar mandi. Walaupun menggunakan keramik polos, kamar mandi masih bisa terlihat menarik, lho.

2. Motif Bata

Motif bata banyak digunakan pada bagian dinding kamar mandi. Namun, ada juga beberapa orang yang sengaja menggunakannya pada lantai kamar mandi untuk membuat tampilan yang tidak biasa. Motif ini bisa diterapkan dengan menggunakan berbagai warna netral sesuai selera.

Baca Juga  Mengenal Rumah Industrial : Karakteristik dan Contoh Desain

Sayangnya, motif bata akan memakan waktu yang sangat lama jika diaplikasikan pada lantai karena ukurannya yang kecil. Sebagai solusinya, bisa membeli keramik motif bata berukuran besar yang dalam satu keramik sudah terdiri dari beberapa motif bata.  

3. Motif Mewah

Kamar mandi yang mewah juga dipengaruhi oleh motif yang digunakan. Biasanya motif yang mewah menggunakan desain yang unik, besar, dan bentuknya agak rumit. Misalnya keramik motif batik dan bunga. 

4. Motif Alami

Motif alami paling banyak digunakan untuk menghiasi bagian lantai kamar mandi. Beberapa motif alami yang sering digunakan pada kamar mandi adalah batu alam, daun, dan air.  Kalau ingin kamar mandi terlihat lebih segar, motif yang dipakai adalah air laut.

Sebaliknya, untuk menekankan suasana sungai dan pegunungan, motif yang dipakai adalah batu alam. Motif ini biasanya juga menggunakan bahan batu alam asli sehingga daya tahannya sangat baik. 

5. Motif Bangun Datar

Motif bangun datar menggunakan bentuk bangun datar pada permukaan lantai. Motif ini dipakai untuk memberikan kesan yang lebih rapi di dalam kamar mandi. Kalau memiliki peralatan mandi di dalam, bisa menggunakan motif ini agar terlihat lebih rapi.

Beberapa bentuk motif bangun datar tersebut sangat beragam, ada yang berupa persegi, segitiga, belah ketupat, segi lima, lingkaran, dan hexagonal.

Warna Keramik Kamar Mandi yang Bagus

Meskipun ada banyak warna keramik untuk kamar mandi yang dijual di toko bangunan, tentu tidak semua warna tersebut cocok diaplikasikan pada kamar mandi yang dimiliki. Adapun beberapa warna keramik yang bagus untuk kamar mandi di antaranya:

1. Warna Cerah

Kamar mandi harus dijaga kebersihannya agar terbebas dari bau dan kondisi licin yang membahayakan. Untuk mendukung hal tersebut, warna yang tepat diaplikasikan pada kamar mandi adalah warna-warna yang cerah. Dengan begitu, kotoran yang menempel akan terlihat jelas dan bisa segera dibersihkan.

Baca Juga  11 Ide Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaik 2021

2. Warna Alam

Warna selanjutnya yang cocok diterapkan pada kamar mandi adalah warna-warna alam yang sesuai dengan kondisinya. Misalnya kamar mandi yang identik dengan air bisa diberikan jenis keramik dengan warna biru laut.

Selain itu, bisa juga menggunakan warna hijau yang menggambarkan pepohonan, warna coklat yang menggambarkan tanah, serta warna alami dari batu alam.

3. Warna Netral

Warna keramik yang bagus untuk kamar mandi selanjutnya adalah menggunakan warna-warna netral. Penggunaan warna netral bisa menyesuaikan segala model kamar mandi. Warna-warna netral yang banyak dipakai pada kamar mandi adalah putih, hitam, dan krim. 

Desain Keramik Kamar Mandi

Keramik memang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing. Agar pemilihan keramik tidak berlawanan dengan model kamar mandi yang dimiliki, beberapa model keramik kamar mandi berikut bisa dijadikan bahan rujukan dan pertimbangan:

1. Keramik Desain Elegan

Kamar mandi ini terlihat elegan karena menggunakan keramik dengan warna-warna yang menarik, seperti abu-abu dan coklat. Keramik ini cocok diaplikasikan pada jenis kamar mandi kering yang menggunakan dinding dan pintu kaca.

Karena warna elegan cenderung gelap, maka posisi kamar mandi yang cocok dengan keramik ini harus dekat dengan jendela atau atap kaca sebagai pencahayaan alami. Selain elegan, desain keramik ini juga memiliki kelebihan dari warnanya yang bisa menyamarkan noda sehingga tidak merusak penampilan.

2. Keramik Kamar Mandi Minimalis

Untuk kamar mandi minimalis, jenis keramik yang dipakai biasanya memiliki warna yang sangat cerah dan berani. Penggunaan warna ini akan membuat ruangan terasa lebih terang dan luas. 

Kotoran yang menempel pada keramik kamar mandi jenis ini sangat mudah terlihat karena warnanya cerah. Tapi penggunaannya justru sangat mendukung gaya hidup yang bersih, karena Anda akan terdorong untuk selalu membersihkannya.

Baca Juga  9 Inspirasi Desain Lampu Cafe Gantung Minimalis Berkelas

3. Desain Mewah

Desain keramik satu ini terlihat mewah karena menggunakan warna gold kecoklatan yang hangat. Untuk menekankan kesan mewah dari keramik, bisa dipadukan dengan meletakkan beberapa lampu led atau gantung pada bagian atasnya .

Sementara interior yang wajib ada pada kamar mandi dengan keramik mewah ini adalah cermin dengan ukuran yang lebih besar. Walaupun mewah, keramik ini  juga bisa diterapkan pada kamar mandi yang ukurannya kecil.

4. Keramik Natural

Kesan natural tidak harus ditemukan pada keramik dengan warna air dan batuan alam saja. Penggunaan warna kayu pada keramik lantai dan dinding kamar mandi juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan model keramik ini, kamar mandi akan terlihat lebih alami dan menyatu dengan alam.

Terlebih kalau pada salah satu sisinya dibuatkan jendela yang berbatasan langsung dengan halaman di luar ruangan. 

5. Keramik 3D

Keramik 3D jarang yang dijual secara satuan. Biasanya desainnya dibuat menggunakan sistem mural dengan gambar yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemiliknya. Walaupun identik lebih mahal, keramik 3D ini bisa memberikan tampilan kamar mandi yang jauh lebih menarik dan unik.

6. Keramik Hexagonal

Keramik dengan motif hexagonal memiliki kelebihan dari kesan 3D yang ditampilkan. Dengan demikian, dinding dan lantai akan terlihat seperti timbul meskipun hanya menggunakan keramik datar.

Meski desainnya sangat menarik keramik dengan motif hexagonal ini kurang cocok diaplikasikan pada kamar mandi minimalis. Ini disebabkan karena kesan timbul tersebut justru membuat kamar mandi terlihat lebih penuh. 

Dengan memilih dan memodifikasi keramik kamar mandi sesuai dengan kondisinya, maka kamar mandi yang dianggap sebagai tempat kotor akan terasa bersih dan nyaman. Anda tidak perlu malu lagi ketika ada tamu yang ingin menumpang ke kamar mandi. Jika ingin beli keramik terbaik kunjungi tokban.com.

Write A Comment