Cari inspirasi desain rumah 10×10? Jika iya, Anda berada pada artikel yang tepat. Punya rumah dengan desain tertentu jadi impian banyak orang. Tidak mudah menentukan desain atau denah untuk rumah, butuh perencanaan yang tepat sebelum pembangunan dilakukan. 

Desain rumah akan menjadi petunjuk terkait rencana ruangan atau sketsa rumah yang lebih terperinci. Selain itu, desain bisa menjadi patokan untuk menyesuaikan persiapan biaya untuk pembangunan, seperti biaya alat, bahan bangunan, tenaga kerja, dan lain sebagainya. 

Desain Rumah Minimalis 10×10

Ada banyak desain rumah, salah satunya desain rumah minimalis. Desain ini termasuk desain populer yang sudah banyak digunakan dalam pembangunan rumah. Selain dari gayanya yang sederhana namun elegan, desain ini memberikan beberapa keuntungan. 

Salah satu keuntungan pilih desain minimalis adalah lebih hemat biaya dan waktu, karena ukuran rumah tidak terlalu besar dan desain interior sederhana dengan menggunakan perabotan yang mengutamakan fungsi. Berikut gambaran lebih detail model desain rumah 10×10. 

1. Model Desain Fasad Rumah

Fasad atau depan rumah jadi bagian yang pertama kali terlihat. Meskipun tidak terlalu besar, bagian depan rumah bisa Anda tetap bisa membuat carport, serta kreasikan dengan taman kecil dengan rumput dan tanaman kecil. 

Selain itu, rumah minimalis tidak terlepas dengan pemilihan warna cat dengan warna monokrom atau netral seperti putih, putih tulang, cream, dan lain-lain. Aplikasikan juga jendela panjang agar rumah udara dan cahaya alami dari matahari masuk ke dalam rumah. 

Baca Juga  14 Rekomendasi Inspirasi Desain Ruang Kerja Minimalis Modern Terbaik

2. Model Desain Rumah 10×10 Bagian Ruang Tamu

Memasuki ruang tamu, tidak perlu perabotan yang berlebihan. Gunakan furniture yang juga minimalis. Dinding tidak perlu diberi hiasan yang berlebih, Anda bisa menggunakan 1 atau 2 lukisan kecil, kaca bulat, atau jam dinding, serta hindari menggunakan banyak partisi atau sekat agar tampak luas. 

Gunakan warna-warna netral dan hangat, seperti putih, cream, atau cokelat. Aplikasikan juga sofa dan meja kecil dengan warna senada. Pilih meja kecil yang berlaci guna menyimpan barang seperti tisu, makanan kering, buku, dan lain sebagainya.

3. Desain Ruang Keluarga

Model desain ruang keluarga untuk desain rumah 10×10 juga hampir sama dengan desain ruang tamu. Menggunakan warna monokrom alias satu warna senada dan perabotan minimalis. Di ruangan ini pula Anda bisa letakkan TV dengan satu sofa yang nyaman. 

Anda bisa membuat tanpa sekat antara ruang keluarga dan ruang tamu. Namun, jika tidak nyaman karena terlalu terbuka, Anda bisa menggunakan sekat berupa partisi tipis atau rak pembatas ruangan yang minimalis dari kayu. Penggunaan rak ini bisa sekaligus untuk tempat penyimpanan barang penting. 

4. Model Desain Dapur

Penataan dapur sangat penting, selain agar rumah tertata rapi, model dapur yang tepat juga berkaitan dengan kenyamanan ketika memasak. Bahkan rumah 10×10 pun bisa Anda desain menggunakan mini bar. Anda bisa menggunakan dapur tipe L, tipe satu linier (satu garis). 

Anda juga bisa pakai tipe island dimana dapur dan ruang makan menjadi satu tanpa partisi sehingga memberi kesan lapang dan modern. Tidak lupa, gunakan warna hangat seperti warna kayu atau hitam, serta manfaatkan banyak laci untuk menyimpan alat masak sekaligus peralatan makan. 

Baca Juga  10 Inspirasi Denah Desain Rumah 6x9 3 Kamar Tidur Minimalis

5. Desain Ruang Kerja

Rumah minimalis bisa punya ruang kerja? Bisa, Anda bisa memanfaatkan ruang kecil sekitar 2×3 meter untuk menaruh meja, kursi dan rak kecil untuk menyimpan buku dan berbagai peralatan kerja, meskipun kecil pastikan ruang kerja punya pencahayaan dan sirkulasi udara yang bagus. 

Anda bisa mengatur ruang kerja yang menghadap ke luar halaman, gunakan cat dan furniture warna putih agar tampak lebih luas. Jika tidak ingin ‘memakan’ banyak ruang, Anda bisa mengatur tempat kerja yang langsung menyambung dengan ruang keluarga. Jadi, hanya butuh menambah meja dan kursi. 

Contoh Denah Desain Rumah 10×10

Selain memahami model desain rumah ukuran 10×10 bergaya minimalis, mungkin Anda masih bingung seperti apa denah yang cocok untuk rumah 10×10. Anda perlu memaksimalkan penggunaan lahan yang tidak terlalu besar. Dengan desain yang tepat, lahan minimalis pun bisa jadi rumah yang tampak lebih lega.

Satu ukuran 10×10 bisa memiliki beragam desain, termasuk pembagian ruangnya, seperti jumlah kamar, bentuk kamar, penataan ruang keluarga, desain dapur, garasi, dan lain sebagainya. Berikut beberapa referensi untuk denah rumah 10×10 dengan beragam desain.

1. Denah Rumah 10×10 dengan 3 Kamar Tidur Tanpa Garasi

Pertama kali buka pintu langsung menuju ruang tamu, dari ruang tamu terdapat ruang keluarga yang menyambung dengan ruang makan dan dapur. Dapur menggunakan tipe L. Terdapat satu ruang cuci & jemur, serta satu kamar mandi luar.

Denah ini cocok untuk Anda yang ingin membuat rumah 10×10 satu lantai dengan 3 kamar, ukuran kamar tidak terlalu besar, tapi juga tidak kecil, kamar utama alias master bed ukurannya 3×3,5 meter muat untuk kasur besar, meja, lemari, 2 kamar lainnya masing-masing 2,75×3 meter.

Denah ini tidak memiliki tanpa garasi, tapi desain menggunakan carport. Berbeda dengan garasi yang punya ruang tertutup sendiri, carport hanya sebatas teras dengan atap. Anda bisa memiliki ruang terbuka hijau di depan dan belakang rumah.

Baca Juga  Toko Bangunan Ambon Online Terbaik Berkualitas

2. Denah Rumah 10×10 2 Lantai, 4 Kamar Lengkap dengan Garasi

Contoh keempat adalah rumah 2 lantai dengan 4 kamar yang mana kamar di lantai satu bisa Anda gunakan sebagai kamar tamu, lalu ada tiga kamar di lantai 2 berupa 1 kamar utama. Rincian ruang yang ada di lantai 1 yaitu, ada garasi, carport, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.

Selain itu, di lantai satu juga sudah termasuk kamar mandi, ruang hobby, ruang ART, serta taman di depan dan belakang rumah yang luas. Beralih ke lantai dua, selain ada tiga kamar tidur yang masing-masing menggunakan kamar mandi dalam. 

Kamar utama yang luas bisa sekaligus terhubung dengan ruang kerja dan ruang ganti yang ukurannya lumayan. Di lantai dua juga ada ruang keluarga yang luas, ruang cuci, tempat jemuran, serta balkon dari ruang keluarga dan ruang kerja.

3. Denah Rumah 10×10 dengan 2 Kamar Tidur

Contoh denah ketiga berisi 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, tempat jemur, serta dapur tipe linier atau satu garis yang langsung menyatu dengan ruang makan dan ruang keluarga. Desain ini menyekat antara ruang tamu dan keluarga sehingga lebih privasi.

Desain ini dibuat hanya lantai menggunakan tanpa garasi dan menggunakan carport. 2 kamar memiliki ukuran yang sama, yaitu 3,5×3 meter. Di depan, samping, dan belakang rumah terdapat lahan terbuka hijau yang cukup luas.

Ukuran 10×10 mungkin memang tidak terlalu luas, namun dengan desain rumah 10×10 yang tepat, serta desain interior yang cocok akan membuat rumah tampak lapang dan menarik. Ingin melihat inspirasi desain interior lainnya? Langsung saja kunjungi Tokban blog.