Mau bangun rumah tapi ragu karena lahannya kecil? Jangan sedih. Karena dengan desain yang menarik, rumah berukuran mungil juga akan tetap nyaman dan sedap dipandang. Anda bisa mencari inspirasi desain rumah 6×10 sebagai referensi sebelum membangun hunian.

Bukan masalah nyaman saja, rumah berukuran tidak terlalu besar saat ini kembali menjadi incaran. Desain yang minimalis biasanya diusung oleh hunian-hunian kecil, sehingga membuatnya terlihat lebih kekinian sekaligus artistik.

Contoh Desain Rumah 6×10 yang Bisa Anda Coba

Ukuran lahan tidak akan mempengaruhi kenyamanan tempat tinggal asalkan desain dan denahnya sesuai. Tujuan dari menyesuaikan desain dan denah rumah untuk lahan yang kecil yaitu agar rumah tetap dapat dihuni dan memiliki fungsi sama dengan rumah berukuran sedang maupun besar. 

Dengan begitu, Anda sebagai penghuni juga akan tetap merasa nyaman. Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah berukuran kecil ini, simak beberapa inspirasi desain dan denah rumah 6×10 berikut ini:

1. Dapur di Bagian Dalam

Desain rumah pertama yang bisa Anda coba jika memiliki lahan seluas 6×10 yaitu dengan menempatkan dapur di bagian dalam rumah. Dengan menempatkan dapur di dalam, Anda akan bisa menggunakan tempat tersebut dengan perasaan lebih aman dan nyaman.

Desain dapur di bagian dalam rumah ini cukup berbeda dengan desain rumah kecil kebanyakan yang seringnya menempatkan dapur di halaman belakang rumah. Padahal, dapur di dalam ruangan juga bisa Anda sesuaikan ukurannya agar tidak terlalu makan tempat.

Baca Juga  10 Desain Interior Kantor Minimalis Modern Keren Kekinian

Anda juga bisa sekaligus menempatkan ruang makan dan ruang keluarga di bagian dapur agar rumah terkesan luas karena konsep open gate tersebut. Anda juga bisa memilih furniture yang sederhana dengan ukuran tidak terlalu besar.

2. Pisahkan Ruang Tamu dan Keluarga

Konsep selanjutnya untuk rumah ukuran 6×10 yaitu ruang tamu dan ruang keluarga yang terpisah. Jika Anda menggunakan konsep ini, Anda bisa menyingkirkan ruang makan dan menggantinya dengan ruang tamu.

Rumah ini nantinya hanya terdiri dari ruang keluarga, ruang tamu, dua kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Selain itu, tambahkan juga halaman di bagian belakang agar bisa memberikan kesan luas bagi rumah.

3. Denah Satu Kamar

Jika Anda tinggal sendiri dan ingin agar rumah minimalis Anda terasa lebih luas, maka Anda bisa menerapkan denah satu ini. Dengan denah ini, nantinya rumah hanya akan terdiri dari satu buah kamar, ruang makan, ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi.

Meski hanya memiliki satu kamar, keuntungan dari rumah dengan denah satu ini yaitu Anda akan merasa bahwa hunian Anda jauh lebih luas dari ukuran sebenarnya. Bahkan, Anda juga masih memiliki lahan untuk membuat halaman di bagian depan dan belakang hingga garasi mobil.

4. Buat Halaman Luas

Rumah di atas lahan kecil juga akan terlihat lebih lapang jika Anda menambahkan halaman yang luas. Halaman depan yang luas bisa Anda gunakan untuk menanam berbagai koleksi tanaman hias agar rumah terkesan asri dan segar.

Isi rumah sendiri bisa Anda desain seperti biasa yaitu ruang keluarga, ruang makan, dapur, dua kamar tidur, dan kamar mandi. Anda juga bisa menambahkan lahan untuk menjemur pakaian di bagian belakang.

5. Buat Dapur yang Terbuka

Jika desain pertama membuat dapur berada di dalam ruangan, desain satu ini juga bisa Anda coba yaitu menyimpan area dapur di luar rumah. Tujuannya yaitu agar tidak terlalu banyak memakai bagian rumah sehingga terkesan lebih luas.

Baca Juga  12 Ide Desain Cafe Terbaik Minimalis Bisa Bikin Mood Bagus

Dengan begitu, Anda bisa memiliki rumah dengan banyak ruangan mulai dari ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur utama, kamar tidur anak, dan kamar mandi. Anda juga tetap bisa memiliki halaman di bagian depan dan belakang rumah.

6. Ukuran Kamar Luas

Anda memiliki rumah berukuran kecil tapi mau kamar yang luas? Tidak perlu khawatir, Anda bisa coba untuk mengikuti desain yang satu ini. Desain rumah ini terdiri dari dua buah kamar, dapur, ruang keluarga, dan kamar mandi.

Karena tidak memiliki banyak ruangan, Anda bisa menyisihkan lahan yang besar untuk kamar. Bahkan, Anda bisa membuat kamar utama dengan ukuran 3×3 meter. Anda juga masih akan memiliki lahan yang cukup luas untuk kamar kedua.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan area lain di bagian luar seperti halaman depan dan belakang. Halaman tersebut nantinya bisa Anda gunakan sebagai area untuk menjemur pakaian atau menanam tanaman kesayangan.

7. Tambahkan Rooftop

Di lahan yang tidak terlalu besar, mau tidak mau Anda harus membangun rumah dengan sedikit ruangan. Karena jika ruangannya terlalu banyak, maka rumah Anda akan terkesan sempit dan tidak nyaman.

Meski begitu, Anda bisa mengakalinya dengan memanfaatkan rooftop rumah. Rooftop atau atap bisa Anda jadikan ruangan yang fungsional untuk menghemat lahan area bawah. Anda bisa menggunakan area rooftop dan membangunnya sebagai kamar anak.

8. Sesuaikan Ukuran Furnitur

Meski semuanya tergantung desain dan denah, tapi Anda juga harus bisa menyesuaikan furniture agar rumah mungil Anda jauh lebih luas. Anda bisa mulai menghindari furniture berukuran besar dengan desain rumit agar rumah Anda tidak terkesan sempit.

Saat ini, banyak sekali furniture dengan ukuran kecil dan desain minimalis. Meski minimalis, biasanya furniture-furniture ini banyak dicari karena memang menarik dan terkesan elegan. Makanya, desain seperti ini sangat cocok untuk rumah berukuran kecil.

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Kontrakan Sederhana Minimalis dan Nyaman

Mengapa Desain Rumah 6×10 Jadi Incaran?

Meski rumah besar akan terlihat megah dan mewah, tapi rumah berukuran kecil saat ini menjadi incaran hampir semua orang. Tidak heran, harga lahan dan properti dewasa ini semakin melonjak hingga tidak masuk akal sehingga banyak masyarakat yang enggan membeli lahan besar.

Selain itu, rumah berukuran kecil juga banyak memiliki peminat karena hingga sekarang desain minimalis masih menjuarai tingkat popularitas utamanya di Indonesia.

Karena itu, banyak sekali masyarakat terutama kaum muda yang berlomba-lomba untuk membuat desain rumah minimalis 6×10 yang nyaman, unik, dan nyentrik. Jadi, tidak ada salahnya Anda juga segera memikirkan desain rumah minimalis seperti apa yang Anda akan buat.

Rumah berukuran 6×10 tentu termasuk ke dalam rumah kecil. Karena itu, Anda bisa sesuaikan desainnya agar rumah yang tidak terlalu besar itu bisa tetap nyaman untuk ditempati Anda dan keluarga.

Karena dengan denah dan desain yang tepat, ukuran rumah dan lahan tidak akan lagi menjadi masalah.

Jadi jika Anda hendak membuat rumah di atas lahan sempit, maka Anda bisa coba beberapa inspirasi di atas agar rumah kecil Anda tetap nyaman. Selain itu, menerapkan ide-ide desain di atas juga akan membuat rumah terkesan lebih luas.

Namun, Anda juga tentu bisa mencari inspirasi desain rumah minimalis lainnya agar lebih sesuai dengan selera Anda. Jika bingung, Anda bisa kunjungi vps murah Indonesia & website resmi Tokban Blog. Karena, kami menyediakan berbagai inspirasi desain rumah 6×10 dan minimalis lainnya.