Banyak statement yang mengatakan bahwa kedepannya akan banyak generasi muda tidak memiliki lahan yang luas sebagai tempat tinggal. Lalu apakah alternatif yang bisa dilakukan? Nah, salah satu alternatifnya dengan menerapkan desain rumah 6×8 sebagai hunian yang nyaman dan memadai. 

Walaupun memang luasan lahannya bisa dikatakan cukup terbatas, namun desain hunian berukuran 6×8 bisa dibuat dengan mengusung tema 1-2 lantai. Menciptakan bangunan 2 lantai bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat lahan dan membuat bagian dalam rumah bisa terlihat lapang dan lega. 

Rekomendasi 11 Desain Rumah 6×8 yang Nyaman dan Fasilitas Memadai

Tentu saja ada banyak keuntungan yang akan didapatkan dengan menerapkan desain hunian berukuran 6×8. Bangunan biasanya akan terlihat lebih unik dan menarik, sehingga bisa menjadi sarana investasi karena bisa dijual dengan harga yang relatif mahal. Bagaimana kira-kira desain bangunan ukuran 6×8?

1. Desain Hunian 6×8 Aksen Lantai Kayu Klasik

Model desain rumah minimalis 6×8 satu ini pasti sering ditemui di Indonesia. Apalagi pada kawasan real estate rumah minimalis yang ada di pinggiran kota-kota besar, banyak masyarakat yang menyukai desain rumah beralaskan lantai seperti ini. Apa jenis lantai kayu yang digunakan?

Lantai tempat tinggal biasanya dilapisi dengan kayu parket muda yang warnanya tidak gelap, sehingga bisa membuat bagian dalam rumah terlihat terang. Warna kayu parket muda mirip furniture sehingga saat dipadukan dengan elemen apapun terlihat menyatu dan tampak elegan. 

Baca Juga  Inspirasi Rumah Idaman Minimalis Modern dan Tips Membangun Hunian Impian

2. Hunian 6×8 Carport Luas yang Mewah

Tidak selamanya hunian berukuran 6×8 terlihat mungil, apalagi kalau menggunakan desain seperti ini yang dikombinasikan dengan carport luas. Konsepnya tempat tinggal akan dibuat dengan ukuran memanjang, sehingga bisa membuat tampilannya lebih lapang dari sisi manapun. 

Sebagai hunian yang cocok ditempati oleh keluarga besar, pada lantai 1 bangunan bisa diisi dengan carport, teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan lain-lain. Sedangkan pada lantai 2 bisa digunakan sebagai ruang tidur dan fasilitas pribadi lainnya untuk keluarga. 

3. Denah Rumah 6×8 Model 1 Kamar Utama

Desain rumah 6×8 terdiri atas 1 kamar utama yang ukurannya cukup besar sebagai tempat tidur orang tua dan dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Bagian lainnya dalam tempat tinggal bisa digunakan sebagai kamar anak, ruang bermain, ruang TV, dapur, dan kamar mandi luar. 

Didepan pintu utama bisa disediakan sebuah ruang tamu yang berukuran minimalis kemudian disampingnya sebagai tempat menjemur pakaian. Kamar utama dan ruang tamu yang diletakkan pada bagian depan diharapkan bisa mendapatkan pencahayaan yang cukup terang

4. Desain Rumah 6×8 Lengkap Dengan Taman Belakang

Mau suasana rumah tampak seperti green living room? Mudah saja kok, walaupun menggunakan denah rumah 6×8 minimalis. Dalam rumah terdiri atas kamar utama yang ukurannya cukup besar, kemudian didepannya ditambahkan dengan ruang keluarga fasilitas bed cover. 

Bagian kanan ruang keluarga bisa digunakan sebagai ruang tamu, kemudian untuk sebelah kirinya dimanfaatkan sebagai kamar anak-anak. Bagian depan kamar anak diberi fasilitas dapur, kamar mandi, dan ruang makan, lalu sisa lahan rumah sepenuhnya digunakan sebagai taman.

5. Denah Rumah 6×8 Estetik Kekinian

Kalau dilihat-lihat konsepnya memang hampir sama dengan desain hunian 6×8 sebelumnya, namun bisa dimodifikasi menjadi tampilan yang lebih menarik lagi. Fasilitas rumah dilengkapi dengan kamar tidur sebanyak 2 dan ruang santai berukuran cukup besar. 

Baca Juga  Toko Bangunan Purwokerto Online Terbaik Berkualitas

Fasilitas kamar mandi hanya berjumlah satu saja diletakkan bagian luar dekat dengan tangga turun. Bagian tengah bangunan yang cukup lapang digunakan sebagai ruang keluarga dan tempat bermain anak, kemudian disampingnya ada space untuk menjemur pakaian.

6. Rumah 6×8 Kekinian Aksen Putih

Rekomendasi desain denah rumah 6×8 kali ini mengusung tema aksen putih yang cerah untuk membuat bangunan tampak lebih hidup. Fasilitas yang tersedia dalam bangunan meliputi kamar tidur berukuran luas berjumlah 3 dan diletakkan pada bagian sudut-sudut. 

Sedangkan untuk fasilitas ruang makan, dapur, ruang keluarga, dan kamar mandi sengaja untuk diletakkan pada bagian tengah. Tujuannya agar seluruh anggota keluarga bisa mengakses keperluan dengan mudah dan saling berkomunikasi dari dalam ruang tidur sekalipun. 

7. Hunian 6×8 One Car Garage

Banyak kawasan real estate yang menggunakan ukuran 6×8 sebagai sarana perumahan bagi masyarakat. Maka dari itu, fasilitas garasi untuk tempat mobil tampaknya sangat penting bagi masyarakat modern yang mayoritas berasal dari kalangan ekonomi menengah atas. 

Desain rumah 6×8 satu ini tampaknya akan sangat mendukung karena telah menyediakan fasilitas one car garage yang cukup memadai. Fasilitas didalamnya juga cukup lengkap mulai dari kamar tidur 2, ruang tengah, dapur, kamar mandi, pantry, dan ruang keluarga yang lega. 

8. Desain Hunian 6×8 Beauty Garden

Tempat tinggal rasanya akan semakin nyaman dan sejuk dengan kehadiran taman yang dipenuhi dengan tanaman hias. Tidak hanya harus diletakkan pada bagian halaman depan rumah, tetapi juga bagian belakang sebagai tempat santai keluarga ataupun relaksasi. 

Fasilitas tempat tinggal bisa dibuat sangat memadai dengan terdiri atas carport mobil, ruang tamu, ruang makan, 2 kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Taman berumput pada bagian depan dan belakang rumah tentunya akan menghadirkan suasana yang menyegarkan. 

 

9. Hunian Ukuran 6×8 Tampak Lapang

Modelnya memang hampir sama dengan desain rumah 6×8 yang sebelumnya, karena pada bagian depan dan belakang rumah dilengkapi dengan taman hijau. Soal fasilitas tidak perlu khawatir, karena sudah ada carport mobil 1, teras, kamar tidur 2, dan kamar mandi. 

Baca Juga  6 Ide Desain Mini Bar Modern Sederhana dan Minimalis di Rumah

Bagian tengah bangunan rumah juga tersedia ruang keluarga yang lapang, sehingga bisa digunakan untuk tempat bermain anak-anak. Ruang makan menjadi satu dengan dapur dan ditambah dengan ruang tamu yang bisa bebas melihat bagian luar halaman rumah. 

10. Hunian 6×8 Gaya Modern

Desain hunian satu ini sepertinya cocok digunakan oleh pasangan yang baru saja menikah, karena tersedia 1 ruang tidur utama yang sangat luas. Pada bagian depan ruang tidur utama, pemilik rumah bisa merasakan suasana sejuk dari taman belakang yang hijau. 

Bagian tengah rumah dipenuhi dengan fasilitas ruang keluarga, dapur, ruang makan, ruang tamu, dan bagasi mobil. Untuk bagian depannya bisa digunakan sebagai fasilitas carport ukuran ukuran mini, kolam ikan, dan taman depan sebagai tempat untuk melakukan olahraga.

11. Desain Rumah 6×8 2 Lantai yang Multifungsi

Butuh tempat tinggal untuk keluarga besar? Nah, desain hunian berukuran 6×8 ini bisa menjadi rekomendasi terbaiknya. Bangunan terdiri atas 2 lantai, pada lantai utama akan digunakan sebagai fasilitas carport, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi, dan ruang santai. 

Untuk bangunan lantai 2 bisa digunakan sebagai living room khusus keluarga, baik ruang tidur utama dan anak-anak, ruang kerja, balkon santai, dan juga kamar mandi khusus. Tempat tinggal sangat cocok sekali bagi mereka yang saling mengedepankan privasi keluarga. 

Tidak selamanya desain rumah 6×8 terlihat mungil dan sempit, karena pemilik lahan nantinya bisa memodifikasinya menjadi 2 lantai. Pada bangunan tersebut bisa langsung diterapkan berbagai fasilitas lengkap mulai dari kamar tidur, ruang santai, taman, carport, dapur, dan masih banyak lagi. Ingin tahu inspirasi lainnya? Segera kunjungi Tokban Blog