Rumah kos banyak dibutuhkan di daerah perkotaan tempat berputarnya ekonomi. Ada berbagai desain rumah kost minimalis 2 lantai dan biaya yang dibutuhkan. Maka dari itulah banyak dibangun rumah kos di beberapa kota-kota besar karena peminatnya cukup tinggi.

Desain rumah kos sendiri ada berbagai jenis biasanya bergantung kepada kemampuan si pemiliknya. Semakin mahal sewa bulanan atau harian kost tersebut, biasanya desain dan fasilitasnya juga semakin mewah.

Inspirasi Desain Rumah Kost Minimalis 2 Lantai

Ada berbagai jenis desain kos-kosan yang dapat diaplikasikan jika ingin membangun rumah kos. Desain tersebut seperti desain modern minimalis, desain balok, letter U, dan lain sebagainya. Semuanya dapat disesuaikan dengan lokasi dan luasan lahan juga selera pemilik.

1. Rumah Kost 2 Lantai Letter U

Dengan adanya rumah kost berbentuk U ini, akan mempermudah Anda untuk mendesain dan mendapatkan lebih banyak ruangan di lahan yang sempit. Di bagian tengah bangunan dapat dimanfaatkan sebagai ruang terbuka atau taman.

Bahkan juga bisa dimanfaatkan untuk parkir kendaraan. Selain itu, sirkulasi udara ke masing-masing ruangan juga lancar. Ditambah lagi setiap kamar memungkinkan untuk mendapatkan jendela dan bukaan cahaya matahari sehingga kamar menjadi lebih sehat.

2. Rumah Kost Bergaya Tropis

Model rumah kost minimalis 2 lantai bergaya arsitektur tropis sangat cocok dikembangkan di Indonesia. Dengan iklim tropis desain ini, akan menyatu dengan lingkungan dan alam disekitarnya. Gaya tropis ini mengadopsi atap miring untuk mengatasi curah hujan yang tinggi.

Baca Juga  Inspirasi Desain Dapur Mungil Terbuka Sederhana Menarik dan Cantik

Terdapat bukaan yang lebar untuk mengatasi pengap dan panas di dalam ruangan. Desain minimalis tropis juga banyak diminati belakangan ini karena bentuknya yang sangat simpel dan cocok diaplikasikan di segala kondisi.

3. Rumah Kost Bergaya Minimalis

Rumah kost tipe minimalis menitikberatkan pada desain yang simpel, elegan, dan juga fungsional. Bentuknya sangat sederhana dan tidak banyak ornamentasi, akan tetapi sangat berfungsi untuk tempat tinggal atau hunian.

Gaya ini sangat mudah dan murah untuk diaplikasikan karena tidak banyak membutuhkan tempelan tambahan di sana sini. Jika ingin membuat dinding, sebaiknya buat tipe mendatar tanpa banyak lekukan yang tidak fungsional.

4. Rumah Kost Bergaya Industrial

Tampak depan rumah kost 2 lantai dengan gaya industrial banyak diadaptasi sekarang ini. Kebutuhan akan hunian yang simple, elegan, dan praktis membuat banyak penghuni kos menginginkan gaya ini. Salah satu contoh aplikasi desainnya adalah menggunakan gaya unfinished (tidak selesai)

Cirinya adalah dengan membuat dinding yang tidak dicat, kabel mekanikal elektrikal yang masih terlihat di plafon, dan juga menggunakan warna-warna yang cenderung gelap seperti abu-abu atau hitam. Desain ini juga banyak digunakan pada café masa kini.

5. Rumah Kos Sederhana

Tipe rumah ini paling simpel untuk dibangun karena tidak banyak memikirkan gaya atau langgam desain bangunan. Cukup buat desain rumah konvensional. Misalnya saja dapat dibuat desain denah rumah kost ukuran 4 x 5. Selanjutnya bisa membuat kamar lain yang tipikal berukuran tersebut.

Kos-kosan ini juga biayanya relatif murah karena tidak banyak memikirkan detail yang rumit. Jangan lupa untuk menambahkan pagar untuk keamanan lingkungan kos. Penghuni juga membutuhkan keamanan dan kenyamanan saat tinggal atau ngekos di lingkungan baru.

6. Desain Kost 2 Lantai Mewah

Kemewahan biasanya terlihat dari lokasi yang strategis dengan pusat bisnis misalnya perkantoran. Bisa juga dekat dengan kampus universitas, angkutan transportasi umum, dan terletak di tengah kota. Kos mewah menawarkan kenyamanan dan fasilitas di dalamnya.

Baca Juga  11 Inspirasi Model Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 Minimalis Sederhana

Secara desain bangunan dapat menggunakan berbagai style desain yang diinginkan oleh pemilik. Kenyamanan akan menjadi faktor jualan utama yang ditawarkan kepada calon penghuni untuk tinggal di kos tersebut.

7. Rumah Kost 2 Lantai dengan Teras dan Balkon

Seringkali adanya teras di lantai satu dan balkon di lantai 2 dapat meningkatkan kenyamanan penghuni. Jika bosan atau suntuk di dalam kamar, maka dapat duduk di balkon untuk menghirup udara segar sambil menikmati hari atau melakukan pekerjaan lain.

Adanya teras ini juga terkadang dapat dimanfaatkan untuk menjemur pakaian atau menjadi ruang bersama ketika ada pengunjung. Desain rumah kost minimalis 2 lantai dan biayanya juga masih dapat dijangkau jika membangunnya di daerah dekat dengan kampus atau perkantoran.

8. Desain Rumah Kos dengan 20 Kamar

Untuk membuat rumah kos 20 kamar, maka diperlukan bangunan 2 lantai sehingga menghemat lahan. Sisa lahan lainnya dapat dimanfaatkan untuk membuat parkir kendaraan atau ruang terbuka bersama.

Untuk denah rumah kost 2 lantai maka dapat mendesain 10 kamar di bagian bawah dan sisanya di bagian atas. Buatlah desain yang tipikal, persis antara satu dengan lainnya pada bagian atas dan bawah termasuk letak toiletnya. Sehingga apabila terjadi kerusakan mudah untuk memperbaiki.

9. Desain Kost 2 Lantai dengan Taman

Taman menjadi salah satu komponen menarik yang dapat diaplikasikan dalam kos-kosan 2 lantai. Pada bagian bawah dapat dimanfaatkan berupa ruang-ruang terbuka untuk taman. Tanaman yang dipelihara seperti rumput dan pepohonan perdu kecil yang membuat udara lebih sejuk.

Sedangkan pada bagian dinding atau atap lantai 2, bisa ditambahkan tanaman merambat atau menggantung sehingga menambah kesan hijau dan asrinya rumah kos tersebut. Akan tetapi, Anda harus memiliki tukang kebun atau waktu khusus untuk merawat tanaman tersebut.

Baca Juga  10 Inspirasi Model Desain Tangga Minimalis Modern Untuk Hunian Anda

10. Desain Rumah Kos di Lahan Sempit Memanjang

Bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan lahan yang bentuknya memanjang dan ingin dijadikan kos-kosan. Kondisi ini juga cocok untuk membuat desain yang lebih efisien.

Dengan lahan memanjang, maka dapat dibuat satu jejeran kos-kosan lengkap dengan lantai atasnya. Bentuk ini sangat simpel, mudah, dan praktis untuk dibangun. Sisakan sedikit bagian depan lahan untuk akses keluar masuk kendaraan dan orang.

Estimasi Biaya Desain Rumah Kost Minimalis 2 Lantai dan Biaya

Untuk menghitung estimasi biaya desain rumah kos, tentu diperhitungkan dari harga tanah atau lahannya terlebih dahulu. Selanjutnya baru memperhitungkan harga material bangunan, termasuk juga perhitungan interior atau perabotan yang ada di dalam kamar kos.

Untuk harga tanah biasanya sangat bergantung pada lokasi di perkotaan atau desa. Akses ke jalan umum, dan juga luas lahannya. Jika diestimasi misalnya harga tanah di daerah sub urban yang belum terlalu ramai misalnya Rp1,5 juta per meter persegi.

Jika Anda membeli lahan 50 m2 maka akan menghabiskan biaya 50 m2 x 1,5 juta = Rp65 juta. Sedangkan untuk membuat kamar kos ukuran 3 x 3 total 10 kamar, estimasi hitungan biayanya Rp2 juta per meter persegi.

Maka biaya denah kos-kosan sederhana adalah 10 kamar x (3 x 3)m2 x 2 juta = Rp180 juta. Apabila dijumlahkan, maka estimasi kasar untuk membuat 10 kamar 2 lantai dengan luas lahan 50 meter persegi adalah Rp245 juta. Ini belum termasuk furniture atau perabotan dan interiornya.

Contoh desain rumah kost minimalis 2 lantai dan biaya bisa digunakan jika memang berminat membangun kos-kosan. Apabila ingin melihat inspirasi desain interior lainnya untuk kos-kosan, langsung saja kunjungi Tokban Blog.