Desain rumah minimalis memang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Selain mengusung tampilan elegan kekinian, hunian minimalis juga merupakan solusi cerdas untuk mendirikan tempat tinggal di atas lahan sempit, karena konsep yang diterapkan adalah minimalis.

Memiliki karakteristik simple dengan penggunaan dekorasi dan ornamen minim, hunian minimalis akan tampak bersih, rapi, dan modern.

Jadi, bagi pecinta desain eksterior sederhana, namun tampak modis, maka hunian minimalis wajib masuk dalam list untuk rancangan rumah masa depan.

10 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern

1. Minimalis Modern Elegan

Hunian 1 lantai minimalis ini dapat dimasukkan dalam list hunian masa depan Anda. Mengusung atap unik berbentuk huruf A miring, dominasi warna abu-abu dan putih pada eksterior bangunan menambah kesan minimalis modern yang terlihat menarik dipandang.

2. Hunian Minimalis dengan Sliding Gate

Mengusung desain rumah minimalis dengan list putih, hunian dengan dinding eksterior keramik berwarna pastel ini tampak elegan.

Sementara penggunaan pagar besi berwarna hitam sistem geser desain teralis membuat tempat tinggal menjadi lebih nyaman dihuni.

Baca Juga  11 Inspirasi Desain Sekat Ruangan Minimalis Modern Unik dan Kreatif

3. Desain Natural Klasik

Mengaplikasikan desain natural klasik pada rumah mungil akan membuat hunian tampak lebih artistik.

Penggunaan material kayu berwarna dark brown dipadukan beton bercat putih akan memberikan kesan klasik. Sementara bagian depan terdapat pagar dari batu alam.

4. Desain Klasik Modern dengan Jendela Kaca

Penggunaan jendela berdaun kaca pada rumah kecil akan menambah kesan stylish modern, apalagi dipadukan dengan dinding eksterior bercat abu-abu.

Supaya tidak tampak gersang, bisa membangun taman mini area depan, sementara garasi berada di sisi samping.

5. Desain Simple Elegan

Bagi pecinta konsep sederhana, maka hunian minimalis atap genteng dengan kombinasi cat warna bata mix hijau zaitun bisa menjadi pilihan terbaik.

Untuk menambah kesan klasik, sebaiknya aplikasikan paving block berwarna bata pada halaman rumah.

6. Desain Modern 2 Lantai

Memiliki lahan sempit bukan penghalang untuk memiliki hunian mewah. Anda bisa mengaplikasikan konsep 2 lantai sebagai solusi.

Rumah lantai 2 dengan eksterior abu-abu akan sukses menciptakan nuansa modis, apalagi ditambah taman mini di bagian depan.

7. Hadirkan Kesan Elegan dengan Dominasi Warna Putih

Rumah 2 lantai tipe 6×12 ini juga direkomendasikan bagi yang memiliki lahan tidak terlalu luas.

Kesan elegan begitu terasa dengan dominasi warna putih di bagian eksterior ditambah jendela kaca berukuran besar. Sementara area pintu masuk dirancang desain lorong kayu.

8. Hunian Minimalis Elegan dengan Balkon

Desain rumah berlantai 2 tipe 36 ini tampak begitu asri dengan aplikasi taman mini di area depan.

Kombinasi material kayu dan beton dengan warna minim juga memberikan nuansa nyaman sederhana, namun elegan. Seperti dapat dilihat, rumah ini dilengkapi balkon mungil.

9. Luxury House

Meskipun ukurannya mungil, namun rumah berlantai 2 ini terlihat mewah. Penggunaan material beton dikombinasikan bata putih dan kaca tentu menjadi kuncinya.

Rumah yang didominasi putih ini juga dilengkapi halaman minimalis yang menambah kesan mengesankan.

Baca Juga  Toko Bangunan Kupang Online Terbaik Berkualitas

10. Hunian Minimalis Mewah

Kesan mewah terasa begitu kuat dari hunian minimalis berlantai 2 ini. Didukung desain eksterior sedemikian rupa, permainan warna dan kombinasi material bahan bangunan yang match berhasil menghasilkan hunian menawan. Apalagi, dengan adanya taman mini.

Kelebihan dan Kekurangan Hunian Minimalis

Gaya desain rumah minimalis terbaru memiliki beberapa kelebihan sekaligus kekurangan yang wajib diketahui sebelum Anda memutuskan membangunnya. Dengan begitu, maka Anda bisa mempertimbangkan cara menetralisir kekurangannya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kelebihan desain hunian minimalis:

1. Model Simple

Salah satu hal yang dipertimbangkan masyarakat saat hendak membangun hunian minimalis adalah karena model bentuknya simple. Bentuk tersebut umumnya lebih memprioritaskan fungsi dibandingkan dekorasi. Meskipun Anda bebas memilih desain seperti apa saja.

2. Hemat Waktu dalam Pengerjaan

Memiliki desain sederhana dengan ukuran lebih kecil, tentu proses pembangunan hunian minimalis akan membutuhkan waktu lebih singkat. Jadi, kalau Anda memang sedang diburu waktu untuk segera menempati rumah tersebut, rumah minimalis sangat direkomendasikan.

3. Hemat Budget

Umumnya tempat tinggal minimalis membutuhkan lebih sedikit dekorasi, sehingga kebutuhan material bangunan semakin sedikit. Bagi yang memiliki budget terbatas, namun ingin memiliki rumah sendiri, maka bangunan hunian minimalis bisa dijadikan alternatif solusi terbaik.

4. Tampilan Modis dan Stylish

Penggunaan dekorasi yang minim akan menonjolkan bangunan sehingga tampak lebih modis dan stylish. Tidak mengherankan kalau rumah jenis ini begitu diminati oleh kaum milenial.

Kekurangan desain hunian minimalis:

1. Tidak Memiliki Identitas Lokal

Desain hunian minimalis masuk dalam kategori arsitektur modern sehingga proses pembangunan tidak memperhatikan lingkungan sekitar, tepatnya identitas arsitektur lokal.

2. Tren Cepat Berubah

Gaya minimalis merupakan sebuah trend yang sedang populer di berbagai kalangan masyarakat. Akan tetapi, sampai kapan popularitasnya akan berlanjut? Apalagi di tengah perkembangan desain terbaru yang semakin variatif dan menarik pada saat ini.

Baca Juga  Mengenal 9 Jenis Keramik yang Umumnya Digunakan Hunian Rumah

Panduan Membangun Tipe Hunian Minimalis

Seperti diketahui, bahwa tidak semua jenis dan tipe rumah cocok dengan setiap orang, baik itu dari segi desain, bangunan, hingga finansial. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan deal untuk membeli atau membangun properti rumah, Anda juga mempertimbangkan berbagai kemungkinan.

Di bawah ini adalah tips dan panduan dalam memilih hunian minimalis:

1. Pahami Tujuan Membangun Rumah

Pada dasarnya, setiap orang pasti punya alasan tersendiri saat hendak membangun rumah. Apakah hanya sekedar untuk tempat berlindung atau investasi. Kalau untuk investasi, maka bisa memilih tipe 24 / 36 yang memiliki harga relatif lebih terjangkau dan mudah dijual lagi.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ukuran rumah dapat disesuaikan dengan berapa jumlah anggota keluarga yang akan tinggal di dalamnya. Misalnya, jika keluarga Anda terdiri atas 3 orang, maka hunian tipe 36 / 45 bisa menjadi pilihan terbaik. Jangan lupa, bahwa kenyamanan merupakan prioritas utama.

3. Pertimbangkan Lokasi

Saat mencari kompleks atau lahan untuk membangun rumah, pastikan berada di lingkungan yang nyaman dan suportif agar produktivitas tetap terjaga. Selain itu, perhatikan pula apakah rumah dekat dengan fasilitas publik, seperti jalan besar, swalayan, rumah sakit, dsb.

4. Pikirkan Masa Depan Rumah

Sebagai smart buyer, Anda juga harus memikirkan bagaimana masa depan rumah yang hendak dibangun, apakah bisa dikembangkan atau tidak. Sebaiknya pilihlah desain bangunan yang bisa dikembangkan untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah penghuni.

Untuk hunian minimalis tipe 24 dan 36 misalnya, maka sulit dibangun lebih dari 2 tingkat. Jika dipaksakan, maka bisa mempengaruhi tampilan rumah karena tidak sedap dipandang.Untuk membangun rumah minimalis modern kokoh dan tahan lama, maka dibutuhkan material bangunan terbaik.

Jika Anda belum menemukan toko bangunan terpercaya, Tokban.com bisa dijadikan referensi. Ada berbagai material berkualitas dengan harga bervariasi yang worth to buy.