Banyak yang mengatakan rumah minimalis identik dengan ruangan yang berdekatan dan sumpek. Buktinya masih banyak sekali rumah minimalis yang desainnya trendy dan bagian dalamnya terlihat lapang. Salah satu model rumah minimalis yang elegan dan banyak diminati yaitu rumah type 72.  

Apa yang dimaksud dengan rumah type 72? Sebuah hunian yang memiliki luas bangunan sekitar 36 m2 dan luas tanahnya sekitar 72 m2. Hunian type 72 masuk dalam kategori rumah minimalis yang umumnya terdiri atas 2 kamar tidur, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, dan 1 ruang tamu. 

Kenali Beragam Desain Rumah Type 72 yang Minimalis Modern

Denah hunian type 72 biasanya dibuat dengan konsep 1 lantai sampai dengan 2 lantai pada lahan berukuran panjang 13,5 meter x 8 meter. Akan tetapi, untuk hunian type 72 dengan konsep 2 lantai biasanya membutuhkan luasan lebih dari itu, sehingga bisa disesuaikan dengan desain yang diinginkan. 

1. Model Rumah Isi 3 Kamar Tidur

Rumah type 72 minimalis modern satu ini dirancang dengan bangunan yang berukuran kecil, sehingga perlu memastikan luasan dan tata letak dengan tepat. Dengan luasan lahan 72 m2, tempat tinggal bisa diberi fasilitas carport, taman, ruang keluarga, 3 kamar tidur, dapur, dan WC. 

Ruang tamu diletakkan pada bagian depan, kemudian sampingnya digunakan sebagai ruang tidur utama untuk orang tua. Kamar mandi diletakkan secara berderet pada bagian tengah, sedangkan kamar tidur anak bisa ditempatkan pada bagian sudut kanan dan kiri tempat tinggal. 

Baca Juga  14 Rekomendasi Inspirasi Desain Ruang Kerja Minimalis Modern Terbaik

Untuk memanfaatkan space antara ruang tidur anak, buat teras berukuran minimalis sebagai tempat relaksasi. Sisa ruangan dekat ruang tamu bisa digunakan untuk ruang makan tanpa harus diberi sekat dengan ruang keluarga agar bisa menciptakan kesan yang lebih lapang.

2. Desain Rumah Minimalis 4 Kamar Tidur

Desain rumah type 72 dengan dilengkapi fasilitas 4 kamar tidur bisa digunakan sebagai tempat tinggal yang nyaman untuk keluarga besar. Kamar utama yang berukuran besar bisa diletakkan pada bagian belakang dekat dengan taman yang berbentuk persegi panjang. 

Ingin menyediakan kamar tamu? Bisa kok, kamar tidur untuk tamu bisa diletakkan berdampingan dengan kamar tamu. Untuk menciptakan kesan lapang, maka antara kamar tamu dengan ruang makan bisa dibuat tanpa sekat, sehingga anak-anak bisa menghabiskan waktu di ruang tersebut. 

Kamar tidur anak diletakkan secara berderet dengan dapur berukuran minimalis. Depan pintu masuk rumah bisa dibuat taman berbentuk huruf L, kemudian ditanami tanaman pagar untuk menonjolkan kesan yang lebih rapi dan teratur.

3. Hunian Type 72 Dengan 2 Kamar Tidur

Adakah rumah type 72 yang konsepnya sederhana dan bisa dibagi menjadi 2 kamar? Tentu saja banyak, apalagi jika menawarkan lokasi yang nyaman bagi penghuninya. Akan tetapi, Anda memang harus pintar-pintar dalam membagi bangunan menjadi 2 kamar dengan ukuran sama. 

Berdasarkan denah yang tersedia bisa terlihat bahwa rumah dengan isi 2 kamar bisa menampilkan ruangan yang luas. Meskipun terlihat simpel, Anda harus tetap memperhatikan bagian ukuran dan sudutnya dengan tepat agar bangunan bisa memiliki ukuran presisi dan memadai.

4. Hunian Type 72 Standar

Ukuran rumah type 72 sangat cocok diterapkan bagi keluarga besar yang terdiri atas orang tua dan 2-3 anak. Mengapa demikian? Karena luasannya mencapai 72 m2 lebih besar dibandingkan dengan rumah type 21 dan type 36 yang relatif kecil. 

Baca Juga  Toko Bangunan Gresik Online Terbaik Berkualitas

Dengan menggunakan konsep bangunan type 72 yang standar, maka pemilik rumah bisa membaginya dengan 3 kamar tidur. Lalu 1 kamar mandi berbentuk persegi berdampingan dengan dapur dan meja makan. Manfaatkan cukup space untuk membuat taman di depan rumah ya!

Walaupun tempat tinggal berukuran minimalis, tetapi pemilik rumah bisa memberikan space untuk halaman depan dan halaman belakang. Keseluruhan lahan tempat tinggal bisa dimanfaatkan secara optimal tanpa menghilangkan sisi kerapian dan tampilannya yang elegan.

5. Desain Rumah Dengan Carport dan Taman Luas

Jika dilihat dari desain-desain sebelumnya, hunian type 72 mayoritas dirancang dengan carport ukuran sedang dan taman di bagian depan serta belakang rumah. Berbeda halnya dengan bangunan kali ini, karena Anda bisa membuat carport untuk 2 mobil dan taman yang sangat luas. 

Bagian dalam rumah diisi dengan 1 kamar tidur yang ukurannya sangat luas. Depan kamar tidur dilengkapi dengan ruang tamu dan juga ruang makan tanpa sekat. 1 Kamar mandi ukuran minimalis diletakkan disamping ruang tidur lalu diberi teras mini disampingnya. 

Tepat di depan dapur, diberi semacam bordes. Bordes merupakan tempat untuk santai dan beristirahat sementara. Pemilik juga bisa memanfaatkan bordes sebagai ruang transisi ketika akan naik dan turun dari tangga untuk bisa beristirahat sejenak setelah melakukan aktivitas tertentu.

6. Hunian Type 72 Minimalis Gaya Industrial

Rumah type 72 juga bisa dibuat dengan konsep minimalis industrial yang menawan dan terlihat klasik. Seperti yang sering kali dibahas, gaya industrial dibangun dengan cara mengekspos beberapa material dasar bangunan seperti besi dan bata dengan sisi uniknya sendiri. 

Buatlah konsep bangunan type 72 terdiri atas ruang tamu yang agak luas, kamar tidur, dapur, ruang makan, dan garasi dengan ukuran yang memadai. Jika ada space kosong, bisa tambahkan ruang outdoor untuk membuat hunian semakin nyaman dan sejuk. 

Baca Juga  7+ Inspirasi Walk in Closet Aesthetic Modern, Cocok untuk Kamar Kecil

Untuk mempercantik tampilan desain interior rumah, maka gunakan nuansa warna abu-abu dan cokelat pada bagian lantai dan dinding. Sedangkan untuk masalah furniture kursi bisa mengambil warna hijau dan hitam agar terlihat serasi dengan warna dinding dan bagian lantainya. 

Ada desain tempat tinggal gaya industrial yang menggunakan material kayu sebagai lantainya. Tujuannya untuk menimbulkan kesan hangat pada ruangan rumah, sehingga para penghuninya akan merasa lebih nyaman saat beristirahat ataupun menikmati waktu santai.

7. Desain Hunian Type 72 1 Lantai

Desain rumah type 72 ini dibangun dengan konsep halaman depan dan halaman belakang. Memang hampir sama dengan denah rumah ukuran 72 m2 lainnya, namun kali ini bagian halaman lebih ditonjolkan dengan ukuran yang luas guna menciptakan suasana yang lebih adem. 

Fasilitas tempat tinggal terdiri atas bagasi berukuran 3,25 meter x 4,75 meter. Kemudian bagian sampingnya diisi dengan taman berbentuk persegi panjang tepatnya di depan pintu masuk rumah. Bagian dalam rumah terdapat 1 kamar tidur utama yang ukurannya lebih besar. 

Kamar tidur anak-anak pastinya dibuat dengan ukuran yang lebih kecil menggunakan single bed. Setidaknya dengan ukuran 2,50 meter x 1,75 meter, kamar tidur anak bisa menampung beberapa furnitur seperti lemari baju, meja belajar, dan meja hias.

Mana nih rumah type 72 yang sesuai dengan selera Anda? Pada bangunan rumah type minimalis sangat perlu mempertimbangkan penataan ruangan dan juga ukurannya. Dapatkan berbagai peralatan bangunan dengan harga murah dengan mengunjungi https://tokban.com/.