Rumah bergaya arsitektur minimalis dengan kanopi sedang menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir, dan sepertinya akan semakin banyak diminati terutama oleh kaum muda. Hal ini karena kanopi balkon lantai 2 memang bisa bisa menjadi tempat santai yang asik tanpa harus menyiapkan lahan / ruang khusus.

Kanopi balkon adalah kanopi yang dirancang khusus agar bagian atas bisa dijadikan balkon, sedangkan bagian bawah bisa carport atau lainnya. Material untuk kanopi model ini harus kokoh agar saat penghuni rumah berada di area balkon bisa tetap aman. Jika tertarik untuk membuat, inilah berbagai desainnya.

Berbagai Desain Kanopi Balkon Lantai 2 untuk Rumah Minimalis

1. Kanopi Kecil Warna Putih (Gambar)

Warna putih memang tidak pernah salah untuk rumah-rumah kecil atau minimalis karena bisa membuat ilusi terang dan luas, termasuk sebagai kanopi balkon. Desainnya pun tidak harus rumit karena cukup kanopi full white yang ditambah railing di bagian balkon agar lebih aman. 

Lalu untuk akses ke area balkon bisa menambahkan warna putih juga agar terlihat satu set dengan kanopi dan balkon. Warna putih cocok untuk semua tema termasuk jika ingin menambahkan taman tropis di area kanopi. Bisa juga tambahkan payung pantai di area tempat duduk untuk menghalau panas matahari.

2. Kanopi Balkon Kaca

Jika ingin tampilan kanopi balkon yang lebih estetik atau terkesan elegan, maka bisa menambahkan material kaca sebagai railing balkon. Pastikan untuk memilih kaca yang tebal dan berkualitas tinggi seperti laminated atau tempered glass agar bisa tahan terhadap sinar matahari dan hujan. 

Baca Juga  10 Inspirasi Desain Toko Minimalis Sederhana Untuk Memulai Usaha

Jangan lupa juga beri bingkai yang kuat untuk railing kaca tadi, misalnya aluminium. Agar makin cantik, beberapa bunga dalam pot bisa ditambahkan pada bagian railing kaca tadi. Jika tidak ingin model balkon terbuka tapi tidak panas dan terhindar dari hujan, maka bisa menambahkan atap transparan di area balkon.

3. Kanopi Balkon Kayu

Ingin menghadirkan nuansa warm pada area balkon? Maka kayu adalah salah satu material paling ideal! Agar bisa awet, pastikan untuk memilih jenis kayu berkualitas tinggi misalnya jati, dan jangan lupa memberikan lapisan anti rayap, anti jamur, anti lumut, dan cat outdoor khusus kayu yang tahan matahari.

Jangan lupa tambahkan railing dan buat pilar yang kokoh agar kanopi balkon lantai 2 ini tidak mudah ambruk. Supaya makin asri, bisa ditambahkan juga beberapa tanaman hijau dalam pot di area balkon.

4. Kanopi Balkon Mungil dengan Rangka Besi 

Jika ragu untuk memilih kayu karena sifatnya yang termasuk mudah lapuk, maka bisa memilih besi yang anti rayap dan anti lapuk. Sebagai salah satu pilihan terbaik, pilih Besi Hollow Galvanis (HDG) yang dikenal tidak cepat berkarat dalam jangka lama karena memiliki lapisan ayng tebal. 

Besi Hollow sendiri adalah material konstruksi yang identik dengan bentuk kotak atau memiliki rongga, jadi seperti pipa tapi bedanya berbentuk kotak. Besi jenis ini bisa digunakan pada area indoor dan outdoor misalnya sebagai rangka untuk kanopi balkon. 

Rata-rata, besi Hollow yang dijual di pasaran berwarna hitam, yang bisa memberikan kesan modern dan kokoh pada area balkon. Sedangkan untuk lantai bisa menggunakan bahan lain misalnya kayu. Agar balkon mungil ini semakin bagus, maka bagian railing balkon juga bisa menggunakan besi berwarna hitam.

Baca Juga  12 Inspirasi Desain Tangga Baja Cantik Untuk Hunian Idaman

5. Kanopi Balkon Bentuk Persegi

Jika tidak ingin membuat bagian pintu depan tertutup kanopi balkon, maka bisa menambahkan balkon di sisi kiri atau kanan rumah seperti foto di atas. Ukurannya juga tidak harus besar karena 2 x 2 meter pun sudah cukup. 

Kanopi balkon lantai 2 bentuk kotak seperti ini juga termasuk unik karena kebanyakan balkon berbentuk persegi panjang. Jika tidak ingin terkesan kecil atau sesak, pilihlah warna putih dan buat railing model garis vertikal yang bisa memberikan ilusi tinggi.

6. Kanopi Hitam Rangka Besi Bulat

Sudah memiliki rumah lantai dua tapi tidak ada balkonnya? Jangan khawatir, Anda bisa meniru foto di atas sebagai model kanopi balkon lantai 2 minimalis di rumah. Area bawah kanopi tidak harus menjadi carport tapi bisa juga menjadi teras atau area santai dengan menambahkan satu set meja kursi.

Masih dengan material yang sama seperti foto sebelumnya tapi kali ini jenis besinya bukan Hollow. Terlihat pada gambar bahwa pilar dan rangka balkon kanopi ini tidak berbentuk kotak dan tidak memiliki rongga. 

Sedangkan untuk lantai terlihat menggunakan pallet kayu yang dikombinasikan dengan material transparan agar sinar matahari dari area balkon juga bisa masuk ke area bawah kanopi. 

7. Kanopi Balkon Tema Tropis

Ingin nuansa yang sejuk atau segar khas taman tropis? Maka bisa memilih material warna putih sebagai kanopi balkon, lalu hias dengan tanaman berdaun hijau misalnya di bagian railing. 

Bisa juga tambahkan beberapa pot gantung dan tanaman hijau lain di atas balkon. Agar nuansa tropis makin terasa, bisa tambahkan juga payung ala pantai bersama dengan satu set meja kursi. Jangan lupa untuk menambahkan lampu agar tampilannya makin cantik saat malam hari.

Baca Juga  Toko Bangunan Tangerang Online Terbaik Berkualitas

8. Kanopi Balkon Rendah

Jika area bahwa kanopi memang bukan digunakan sebagai carport, maka kanopi balkon bisa dibuat rendah seperti foto di atas. Bahkan jika diperhatikan, ketinggiannya sejajar dengan kanopi yang ada di sebelah kiri. 

Model kanopi balkon lantai 2 seperti ini juga lebih aman untuk anak karena tidak terlalu tinggi, tapi jangan lupa untuk tetap memberikan railing pada area balkon agar lebih aman dan selalu beri pengawasan saat anak bermain di area balkon.

Karena ukuran balkon tidak terlalu besar, sebaiknya hindari warna gelap dan pilihlah warna terang seperti putih atau cream. Jika tidak ingin tampilan monoton, maka bisa menambahkan tanaman merambat atau lampu LED di area railing.

9. Kanopi Balkon Tanpa Atap

Desain kanopi balkon lantai 2 tanpa atap bisa menjadi rooftop versi low budget untuk rumah minimalis. Model balkon seperti ini cocok untuk menikmati pemandangan pagi atau sore hari sambil minum teh atau kopi. 

Saat malam tahun baru atau hari spesial lain juga bisa dijadikan area berkumpul dengan teman atau keluarga. Tapi karena tanpa atap, sebaiknya tidak menambahkan furniture yang mudah lapuk atau rusak saat terkena matahari dan hujan.

10. Kanopi Balkon Tinggi

Kanopi balkon berukuran kecil bisa terlihat besar jika dibuat tinggi, apalagi jika memilih warna full putih seperti foto ini. Jika ingin lebih hemat tempat dan terkesan ringkas, desain tangga menuju balkon bisa dibuat spiral. Tapi hati-hati, tangga model ini biasanya lebih berbahaya untuk anak-anak.

Ada beragam desain kanopi balkon lantai 2 yang bisa dijadikan inspirasi, mulai dari yang berbahan kayu, aluminium, dan besi. Jika Anda mencari peralatan atau material alumunium untuk membuat kanopi, maka bisa mengunjungi Tokban Marketplace dengan klik kategori produk Alumunium.