Ingin meminang mobil impian? Sebelum membawanya pulang, jangan lupa siapkan rumah untuk si mobil ya. Selain bisa melindungi dari panas dan hujan, mobil di dalam garasi tentunya jauh lebih aman. Saat membuat garasi, pilih model pintu yang tepat ya, misalnya model pintu garasi besi hollow.

Besi hollow termasuk salah satu material modern yang saat ini banyak dicari orang karena lebih simpel dalam hal pemasangan, tampilannya lebih kekinian, dan daya tahannya lama. Material ini juga diklaim anti karat, sehingga cocok untuk menjadi pintu garasi yang mungkin sering terkena sinar matahari dan hujan.

Berbagai Model Pintu Garasi Besi Hollow

1. Pintu Garasi Besi Hollow dan Kaca

Besi hollow bisa dijadikan bingkai pintu garasi dan bagian tengahnya diisi dengan kaca. Model pintu seperti ini bisa memberikan ilusi luas jika dilihat dari luar, sekaligus memberikan penerangan alami di bagian dalam. Artinya, penggunaan listrik di area garasi bisa lebih hemat. 

Selain itu, material kaca membuat desain pintu garasi bisa terlihat lebih modern / kekinian. Tapi jika ingin memberikan privasi lebih pada area garasi, maka bisa memilih kaca yang buram daripada kaca bening / transparan.

2. Pintu Besi Lipat Warna Putih

Salah satu ciri khas besi hollow adalah berbentuk kotak dan memiliki rongga seperti pipa. Material besi seperti ini cocok dibuat menjadi model pintu garasi pola garis seperti foto di atas. 

Baca Juga  Inspirasi Desain Ruko 2 Lantai Minimalis Modern Elegan

Meski kebanyakan besi hollow dipasarkan dengan warna hitam, tapi Anda bisa ubah sendiri dengan warna lain misalnya putih. Warna terang bisa memberikan ilusi luas pada pintu dan model lipat bisa lebih hemat ruang terutama untuk garasi yang tidak luas.

3. Pintu Besi Hollow Warna Abu-abu

Ini dia salah satu contoh model pintu garasi besi hollow yang cocok untuk rumah bergaya modern. Warnanya netral dan kalem sehingga cocok untuk pemilik rumah yang ingin kesan sederhana pada pintu garasi tapi tetap terlihat indah. 

Jika ukuran pintu tidak besar, maka penataan besi bisa dalam pola horizontal seperti ini untuk membuat ilusi pintu terlihat lebih lebar dan luas.

4. Pintu Garasi 2 Bukaan

Punya ruang garasi yang cukup lebar? Maka bisa mencoba pintu model 2 bukaan seperti foto di atas. Meski ada banyak pintu garasi dengan 2 bukaan atau lebih, tapi desain yang satu ini terlihat unik karena kedua pintu dipisah dengan tembok. 

Material kaca buram membuat look garasi lebih modern dan mewah, apalagi dengan tambahan lampu kaca berwarna hangat di bagian dinding. Agar material kaca tetap aman dan tahan lama, bingkai kaca harus kuat seperti besi hollow.

5. Model Pintu Garasi Besi Hollow Transparan

Pintu garasi ini terlihat seperti transparan karena bagian dalam bisa terlihat dari luar. Tapi karena penataan besinya sangat rapat, dan besi hollow sendiri juga kuat, maka keamanan garasi akan tetap terjamin. 

Ditambah dengan penggunaan warna hitam pada seluruh bagian pintu membuat kesan pintu yang kokoh. Secara keseluruhan, desain pintu ini juga cocok dengan rumah-rumah kontemporer atau modern.

6. Pintu Garasi Bukaan Atas

Warna hitam pekat bisa dipilih jika ingin membuat tampilan yang kokoh dan maskulin pada bagian garasi. Jika tidak ingin memakan banyak ruang untuk pintu, maka bisa menggunakan model bukaan atas yang unik tapi jarang digunakan. 

Baca Juga  9 Ide Desain Untuk Ruangan Minimalis dengan Tembok Bata

Sekilas model bukaan pintu ini mirip seperti pintu ruko, tapi berkat warnanya yang tidak biasa, tampilannya menjadi lebih modern dan tidak pasaran.

7. Perpaduan Besi Hollow dan Kayu Merah

Ingin nuansa yang hangat pada area garasi? Maka bisa menggabungkan besi hollow dan kayu warna merah seperti foto ini. Besi bisa dijadikan bingka dan kayu untuk pengisi. Model pintu garasi besi hollow minimalis ini cocok untuk rumah-rumah bergaya industrial, modern, atau ala-ala vintage

8. Pintu Garasi Pola Kotak

Model pintu seperti ini cocok untuk rumah yang sudah memiliki pagar tinggi, jadi area garasi tetap aman dari pandangan orang luar meski tidak tertutup sepenuhnya. Desain pintu ini sederhana dan cocok untuk hampir semua fasad rumah, terutama modern minimalis seperti pada perumahan type 45. 

9. Pintu Warna Mencolok Model Lipat

Ingin memiliki rumah yang mudah dicari oleh pengantar paket atau ojek online saat pesan makanan? Maka bisa membuat pintu garasi dengan warna mencolok misalnya hijau. 

Warna ini juga bisa membuat hunian terkesan unik karena tidak banyak dipilih orang. Modelnya sendiri bisa pintu lipat agar lebih hemat tempat.

10. Pintu Garasi Otomatis

Tidak ingin repot membuka atau menutup pintu garasi? Maka bisa memilih model pintu garasi besi hollow yang menggunakan sistem smart lock. Foto pintu garasi seperti di atas biasanya menggunakan sistem bukaan ke atas saat ditekan tombol buka. 

Model pintu seperti ini paling cocok untuk pemilik roda empat yang sedang buru-buru saat akan keluar rumah karena tidak perlu turun dari mobil.

11. Pintu Garasi 3 Bahan

Jika ingin tampilan yang lebih unik, tidak pasaran, dan juga terkesan elegan atau bahkan mahal, maka bisa menggabungkan tiga material dalam satu pintu garasi, yaitu kaca, besi hollow, dan kayu. Tapi agar material besi menyatu indah dengan kayu, sebaiknya cat warna besi dengan coklat.

Baca Juga  14 Rekomendasi Inspirasi Warna Cat Pagar Rumah Mewah yang Bagus

12. Pintu Garasi Besi Bermotif

Jika menggabungkan dua atau tiga bahan terlalu mahal dan rumit misal, maka bisa memilih pintu garasi full besi seperti foto di atas. Tapi agar tidak monoton atau terlalu polos, maka bisa menambahkan motif atau tekstur ke permukaan pintu.

13. Pintu Garasi Besi Sederhana

Model pintu garasi sederhana lainnya adalah full besi tapi dengan susunan horizontal seperti ini. Garis horizontal membuat ilusi pintu lebih tinggi. Jika susunan besi dibuat rapat, maka pintu ini juga terkesan kokoh dan tidak mudah dibuka secara paksa misal oleh maling.

14. Pintu Garasi Berongga

Desain model pintu garasi besi hollow seperti ini terkesan mewah dan modern, tapi kurang cocok untuk rumah-rumah di pinggir jalan raya besar karena bagian dalam garasi mudah dilihat orang dan bisa mengundang kejahatan.

Tapi jika seluruh area rumah sudah diberi pagar beton tinggi, maka desain pintu ini bisa Anda gunakan. Model rongga membuat area dalam garasi lebih terang karena sering terkena sinar matahari. Tapi kekurangannya adalah air hujan bisa mudah masuk terutama saat hujan lebat atau disertai angin.  

15. Pintu Garasi Besi Hollow Model Vintage

Model pintu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nomor 13. Tapi karena dicat dengan warna broken white, model pintu ini bisa cocok untuk rumah bertema vintage yang biasanya bernuansa kalem. Warna ini cocok dengan tembok putih dan model lipat tidak memakan banyak tempat.

Model pintu garasi besi hollow nomor berapa nih yang paling Anda suka? Pilihan model terbaik adalah yang paling sesuai dengan fasad rumah, apakah modern minimalis, minimalis mewah, atau mungkin juga tema vintage? Jika ingin mendapat besi hollow dengan kualitas terbaik, pilih Tokban Marketplace Produk Alumunium.