Kamar merupakan salah satu ruangan penting yang harus ada di dalam sebuah rumah. Biasanya, pemilik rumah juga sangat memperhatikan desain dari kamar ini. Semua hal yang berhubungan dengan tampilan kamar biasanya dipilih dengan hati-hati termasuk model pintu kamar.

Pintu kamar dengan model yang sesuai akan membuat tampilan rumah dan juga kamar menjadi selaras. Selain tampilan, Anda juga harus menyesuaikan model pintu dengan kebutuhan. Dengan demikian, pintu tersebut dapat digunakan dengan lebih maksimal.

Rekomendasi Model Pintu Kamar yang Dapat Dipilih

Jika sedang bingung menentukan model pintu yang akan digunakan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang dapat digunakan. Rekomendasi pintu kamar ini dapat dicocokkan dengan desain dan tipe rumah Anda. Adapun beberapa rekomendasi contoh model pintu kamar tersebut adalah:

1. Model Pintu Minimalis

Model pintu yang pertama yang cocok digunakan sebagai pintu kamar adalah model pintu minimalis. Biasanya, pintu ini memiliki permukaan datar ataupun berpanel. Bahan yang digunakan untuk pintu ini adalah kayu dengan cat berwarna putih ataupun coklat.

Pintu model minimalis ini sangat cocok diterapkan pada rumah-rumah berdesain modern minimalis, dan juga Skandinavia. Pintu jenis ini memang paling banyak digunakan oleh orang-orang di luaran sana.

2. Model Pintu Klasik

Untuk model pintu ini, biasanya digunakan sebagai pintu kamar pada rumah yang memiliki tema klasik ataupun shabby chic. Pintu ini dihiasi dengan berbagai macam ukiran-ukiran klasik yang akan menambah keindahan dari pintu ini.

Baca Juga  12 Inspirasi Desain Model Lemari Pakaian Minimalis

Pintu ini sangat cocok dipilih jika Anda menginginkan tampilan elegan dan anggun pada kamar. Ukiran pada permukaan pintu juga dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

3. Model Pintu Kaca

Pintu kaca juga sudah mulai banyak digunakan saat ini. Penggunaan kaca sebagai bahan pintu membuat tampilan pintu menjadi lebih modern. Pintu ini sudah banyak dijumpai pada rumah-rumah yang mengusung tema modern minimalis.

Biasanya pintu jenis ini dibuka dengan cara digeser. Agar privasi di dalam kamar dapat terjaga, pemilik kamar dapat menggunakan tirai untuk menutupinya. Selain itu, keberadaan tirai juga akan membuat tampilan pintu menjadi lebih menarik.

Penggunaan tirai pun harus disesuaikan dengan warna pintu. Pilihlah tirai dengan warna yang senada dengan pintu agar kesan modern minimalis tetap terlihat.

4. Model Pintu Kayu

Jika Anda adalah tipe orang yang simple dan menginginkan sesuatu yang terlihat simple, maka penggunaan pintu kayu untuk kamar sangat cocok. Selain sebagai pintu kamar, pintu jenis ini juga sangat cocok apabila digunakan pada ruangan lainnya.

Meskipun terlihat sederhana, penggunaan pintu kayu ini akan memberikan kesan rapi pada rumah. Model pintu kayu ini masih sangat eksis dan masih menjadi model pintu yang paling banyak digunakan, meskipun sudah banyak bermunculan model-model pintu lainnya yang lebih menarik.

Tips Memilih Model Pintu Kamar Bagi Pemula

Bagi Anda yang kebingungan dalam memilih desain model pintu kamar yang sesuai, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Dengan mengikuti beberapa tips ini, pintu kamar yang dipilih pun dapat sesuai dengan tampilan rumah dan kebutuhan.

Adapun beberapa tips dalam memilih model pintu tersebut antara lain adalah:

1. Menyesuaikan Material yang Digunakan

Model pintu kamar juga biasanya terbagi berdasarkan bahan material yang digunakan. Ada banyak sekali pilihan bahan yang dapat dipilih sebagai pintu kamar. Biasanya, bahan yang digunakan ini disesuaikan dengan tema rumah yang ditempati.

Baca Juga  Toko Bangunan Samarinda Online Terbaik Berkualitas

Semua bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga tema rumah. Adapun jenis bahan yang biasanya digunakan adalah kayu, baja, aluminium, dan juga kaca.

Untuk model pintu kamar minimalis biasanya menggunakan bahan material baja dan juga kaca. Penggunaan bahan material ini akan membuat tampilan kamar menjadi simple dan modern. Selain itu, penggunaan bahan tersebut akan membuat kamar terlihat lebih elegan.

Jika ingin menciptakan suasana yang hangat dan alami, pintu dengan bahan kayu dapat dipilih. Selain membuat model pintu kamar keren, bahan kayu ini juga akan membuat kamar menjadi lebih estetik. Keestetikan ruangan memang sedang populer saat ini.

2. Memperhatikan Tipe Penggerak yang Digunakan

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam memilih model pintu adalah dengan melihat tipe penggerak yang digunakan. Tipe penggerak ini sangat berpengaruh dalam proses buka tutup pintu kamar.

Setiap tipe penggerak yang ada diciptakan berdasarkan kebutuhan dari orang-orang saat ini. Beberapa tipe penggerak yang biasa digunakan adalah tipe ayun dan juga tipe geser. Tipe ayun ini lebih sering digunakan sejak zaman dahulu.

Namun, saat ini tipe pintu geser juga mulai mendominasi model pintu di Indonesia. Pintu dengan tipe geser ini sangat cocok digunakan pada kamar yang memiliki ruang yang cukup kecil. Pintu geser ini tidak akan membutuhkan ruang untuk membukanya.

Pintu geser hanya membutuhkan rel yang digunakan sebagai jalan untuk menggeser pintu agar lebih mudah. Biasanya, pintu dengan tipe geser ini lebih sering digunakan oleh rumah-rumah yang memiliki tema minimalis modern.

3. Memilih Jumlah Daun Pintu yang Akan Digunakan

Dahulu, jumlah daun pintu yang digunakan untuk kamar adalah satu saja. Namun, seiring bertambahnya zaman, pintu kamar juga dapat menggunakan lebih dari satu daun pintu. Hal ini karena selera orang-orang terhadap penampilan rumah menjadi meningkat.

Baca Juga  Desain Pop Art Interior Pada Rumah Supaya Lebih Berwarna

Oleh karena itu, tidak masalah jika Anda menginginkan pintu kamar yang memiliki dua daun pintu. Hal ini akan membuat kamar memiliki kesan megah dan elegan. Bahkan, pintu dengan tipe Perancis yang memiliki lebih banyak daun pintu juga dapat digunakan sebagai model pintu di rumah.

4. Menentukan Gaya Pintu Kamar

Gaya pintu kamar sendiri terbagi menjadi dua jenis. Kedua jenis tersebut adalah gaya pintu panel dan juga gaya pintu flush. Jika menyukai tampilan yang simple, maka jenis pintu dengan gaya flush dapat digunakan.

Gaya pintu flush ini adalah gaya pintu dengan permukaan rata. Umumnya, pintu ini diterapkan pada kamar dan rumah yang mengusung konsep minimalis. Pintu jenis ini juga lebih umum digunakan oleh orang-orang sebagai pintu kamar.

Adapun gaya pintu panel adalah gaya pintu dengan permukaan yang memiliki panel-panel di permukaannya. Tampilan panel itu sendiri juga terbagi menjadi beberapa model, diantaranya panel dengan model shaker dan panel dengan model raised.

Panel model shaker memiliki permukaan yang rata. Sedangkan panel dengan model raised akan memiliki permukaan yang timbul pada pintu. Biasanya, gaya pintu panel ini diterapkan pada kamar yang memiliki desain kontemporer, klasik ataupun tradisional.

Beberapa tips memilih model pintu kamar dan rekomendasi model pintu ini bisa menjadi pertimbangan bagi yang sedang memilih model pintu. Jika ingin melihat rekomendasi lainnya mengenai desain interior kamar ataupun rumah, maka Anda dapat mengunjungi website kami di Tokban.com/blog.