Pagar bambu bisa dijadikan pelengkap yang sederhana namun menarik untuk fasad rumah. Ada banyak desain yang bisa dicontek mulai dari pagar bambu simple hingga yang super menawan. 

Sebuah rumah hunian yang memiliki elemen alam seperti bambu akan lebih menarik perhatian di antara sederet rumah-rumah berpagar modern nan mewah. Tapi selain memilih model, sang pemilik juga perlu tahu tentang jenis-jenis pohon bambu, karena tanaman ini hadir bukan hanya satu macam.

Jenis-jenis Bambu yang Tumbuh di Indonesia

Bumi Nusantara yang diberkahi dengan tanah subur dan cahaya matahari yang berlimpah memiliki banyak sekali jenis tanaman termasuk bambu. Tanaman kayu berbentuk silinder ini memiliki karakteristik kuat namun halus dan jenisnya sendiri ada banyak tapi beberapa yang paling umum adalah sebagai berikut:

1. Bambu Cendani

Jenis bambu ini menjadi salah satu yang paling umum digunakan sebagai bahan pagar rumah yang dibentuk misalnya seperti anyaman. Teksturnya yang lentur tapi kuat membuatnya juga banyak dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan.

2. Bambu Ampel

Bambu Ampel adalah yang paling banyak dibudidayakan karena sangat serbaguna mulai dari bahan kerajinan tangan, perkakas dapur jaman dulu, furniture, hingga pagar halaman. Pohon bambu jenis ini bisa tumbuh setinggi 8-12 meter dengan panjang daun sekitar 17 cm. 

3. Bambu Apus

Bambu apus bisa tumbuh lebih dari 20 meter di kondisi tanah dan lingkungan yang tepat yakni dataran rendah dengan hawa panas serta lembab. Salah satu karakter bambu ini adalah berbulu kecoklatan di bagian pangkal batang dengan panjang ruas batang 20-60 cm.

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Type 42 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

4. Bambu Siam

Pohon bambu siam cenderung tegak lurus dengan warna batang hijau agak putih. Selain ideal sebagai bahan pagar karekan dikenal tahan lama, bambu jenis ini konon juga bisa meredam suara.

5. Bambu Betung

Panjang ruas dari pohon bambu ini sekitar 40-50 cm dengan diameter kira-kira 12-18 cm. Bambu jenis ini bisa tumbuh optimal di iklim lembab dengan lingkungan tanah aluvival tapi juga tetap bisa bertahan hidup di dataran rendah daerah kering. Ciri khas bambu ini adalah berbatang melengkung ketika sudah tinggi.

Inspirasi Pagar Bambu Simple untuk Rumah Hunian

Jika tertarik untuk menggunakan material bambu sebagai pagar halaman rumah, berikut adalah beberapa inspirasi desain pagar bambu simple namun menarik yang bisa dicoba:

1. Pagar Bambu Sederhana 

Jika tak ingin ribet membuat pagar dengan aneka model atau bentuk yang rumit, maka bisa memilih pagar sederhana seperti gambar di atas. Tapi dibanding untuk halaman depan, pagar ini sepertinya lebih cocok untuk bagian belakang rumah atau samping. 

Saking sederhananya, pagar ini seperti cukup mudah untuk dibuat karena hanya perlu menata dan menyatukan batang-batang bambu yang sudah dibersihkan dengan paku.

2. Pagar dan Tanaman 

Jika ingin nuansa alami dan asri kian teras, maka pagar bambu yang dikombinasikan dengan bambu kecil alami seperti gambar di atas bisa dicoba. Tapi agar tampilannya kontras, pagar bambu yang menjadi background tanaman bisa dicat dengan warna coklat. Lalu agar lebih hijau, beberapa tanaman berdaun hijau lain bisa ditambahkan dan ditata di beberapa sudut.

3. Pagar Bambu Simple Minimalis 

Pagar ini tampak sederhana dengan gaya minimalis yang cocok untuk fasad rumah modern minimalis di pinggir kota atau pedesaan. 

Baca Juga  5+ Model Desain Pintu Rumah Minimalis Modern Terbaru

Desain pagar ini tampak lebih menarik dibanding desain pagar sebelumnya karena tidak polos melainkan diberi bingkai dengan warna berbeda, dan bahkan tali pengikat dibuat simpul menyerupai pita yang warnanya hitam sehingga kontras dengan warna pagar.

4. Pagar Bambu Bertingkat 

Tak masalah jika struktur tanah di halaman rumah tidak rata karena pagar bambu simpel seperti gambar di atas bisa dicoba. Susunannya yang seperti anak tangga justru membuat tampilan yang unik sekaligus memberikan privasi bagi sang pemilik rumah. 

Tapi agar tidak mudah ambruk karena struktur tanah kurang bersahabat, pagar model ini sebaiknya menggunakan dasar yang kokoh seperti besi.

5. Pagar Bambu Tinggi 

Jika ingin privasi yang lebih, maka bisa menggunakan pagar bambu tinggi seperti gambar di atas, dan agar lebih modern, maka bambu bisa dicat dengan warna lain seperti coklat. Warna ini tetap memberikan kesan natural apalagi jika dipadukan dengan tanaman hijau dan batu-batu asli di area halaman.

6. Pagar Bertingkat Warna Coklat 

Masih dengan konsep pagar bertingkat, Anda bisa mencoba model lain seperti gambar di atas. Warna pagar yang coklat tua termasuk pilihan ideal karena kotoran / noda tidak mudah terlihat. 

Pada gambar di atas, pagar ini tampak berada di samping rumah dan mengikuti struktur tanah yang tidak rata. Hal unik lain dari pagar ini adalah tidak menggunakan paku namun dengan tali, yang justru seolah memberikan aksen pada pagar.

7. Pagar Bambu Kombinasi Beton Ekspos 

Ingin memasukan material alam dan buatan? Maka bisa mencoba contoh pagar bambu seperti di atas. Karena dibuat tinggi, pagar ini memberikan privasi lebih untuk halaman rumah. Bagian bambu dari pagar ini bisa difungsikan sebagai pintu yang bisa dibuka tutup.

8. Pagar Bambu Hijau 

Jika ingin tampilan yang berbeda, maka bambu warna hijau alami seperti di atas bisa dijadikan bahan pagar. Desain pagar ini sepertinya cukup simpel namun menarik. 

Baca Juga  Marketplace Toko Bahan Bangunan Online Terbaik di Indonesia

Batang-batang bambu ditata secara vertikal dan diberi bingkai agar lebih kuat. Selain disatukan dengan paku, beberapa bagian juga disatukan dengan tali berwarna hitam yang terlihat kontras dengan bambu dan terlihat seperti dibuat simpul bentuk pita yang mempercantik pagar.

9. Bambu dan Besi 

Perpaduan besi warna hitam yang menjadi bingkai terlihat kontras namun indah dengan batang-batang bambu yang berwarna natural. Jika bosan dengan warna asli, pagar bambu simpel ini juga bisa dengan mudah diubah dengan cat warna lain. Karena ditata secara vertikal, pagar ini memberikan kesan tinggi.

10. Pagar Bambu dan Lampu

Jika ingin tampilan yang lebih dramatis saat malam hari, maka bisa memadukan pagar bambu berwarna coklat dengan lampu outdoor berwarna hangat. Warna coklat tua pada pagar tampak sangat serasi dengan warna lampu dan lebih indah karena halaman ditutupi rumput hijau segar.

11. Pagar Bambu Ala Jepang 

Keindahan Negara Matahari Terbit bisa dibawa ke Tanah Air salah satunya lewat desain pagar bambu unik seperti gambar di atas. Pagar yang dibuat melengkung dan diberi penutup berupa genteng terlihat sangat unik dan sukses memberikan kesan alami karena dikelilingi dengan sejumlah tanaman hijau.

12. Pagar Bambu Anyaman 

Material bambu yang dianyam juga bisa menjadi pagar halaman yang indah terutama jika dipadukan dengan tanaman. Jenis bambu cendani yang berkarakter lentur adalah pilihan terbaik untuk membuat pagar dengan model ini.

Jika ingin tampilan yang bersih dan rapi, maka material bambu bisa disatukan dengan paku. Namun jika ingin menambah hiasan bisa menggunakan tali berwarna hitam seperti di atas.

Ada begitu banyak desain pagar bambu simpel namun menawan dan cocok untuk berbagai fasad rumah mulai dari rumah-rumah khas pedesaan hingga modern minimalis di perkotaan. Jika ingin mendapat lebih banyak referensi seputar rumah, bisa membuka https://tokban.com/blog/.