Selain menambah keindahan, pagar rumah memiliki fungsi lain. Beberapa di antaranya yaitu penanda rumah, penghalang pandangan, pembatas, dan perlindungan. Apabila ingin memiliki pagar tembok minimalis, maka bisa dibuat dari berbagai material seperti kayu, batuan alam, besi, maupun batu bata.

12 Inspirasi Pagar Tembok Rumah Minimalis

1. Pagar Kombinasi Tembok dan Besi

Kombinasi antara tembok dan besi memang sudah umum ditemukan sebagai pagar rumah. Model pagar tersebut berupa tembok pada bagian bawah dan besi pada bagian atas. Pintu bisa tetap dibuat dari material besi atau diganti dengan aluminium agar lebih terkesan ringan. 

Besi yang dijadikan pagar dapat dibuat beragam, apakah papan yang sepenuhnya tertutup atau papan yang dibuat berlubang. Supaya kesan minimalisnya lebih menonjol, sebaiknya jangan mainkan terlalu banyak warna. 

Apabila ingin mengkombinasikan 2 warna, maka bisa mengecat bagian tembok dengan warna abu-abu atau putih dan bagian papan besi dengan warna hitam. 

2. Pagar Kombinasi Kayu dan Tembok Batu 

Selanjutnya, model pagar tembok minimalis dapat dibuat dari kombinasi material kayu dan tembok batu. Terdengar menarik, bukan? 

Banyak jenis batuan alam yang dapat dipilih untuk mendukung gaya minimalis. Contohnya adalah batu putih cacing, batu andesit, batu paras Jogja, dan batu candi. Setiap jenis batu memiliki keunikan tersendiri yang membuat pagar rumah tampak indah. 

Material kayu bisa dipakai untuk pintu pagar dan bagian atas pagar. Sama halnya seperti besi, terdapat 2 pilihan desain kayu yakni tertutup dan berlubang. 

Tips agar pagar lebih serasi dengan rumah adalah menggunakan jenis batuan alam yang juga diaplikasikan pada tembok depan rumah. Hasilnya, pagar akan menyatu sempurna dengan bagian rumah.

Baca Juga  12 Inspirasi Ide Hiasan Kamar Tidur Estetik Kekinian dan Cantik

3. Pagar Tembok Batu Alam 

Desain pagar menggunakan batu alam memang serasi dengan gaya minimalis. Tampilannya bisa dibuat sederhana namun tetap memiliki nilai estetika berkat tekstur permukaan batu yang memang sudah bagus. 

Penggunaan batu alam sebagai pagar rumah juga menghadirkan kesejukan. Apalagi kalau di depannya dihiasi dengan tanaman hias daun. Dijamin, pagar rumah akan terlihat lebih asri dan enak dipandang.

Batu alam didominasi oleh warna hitam khas bebatuan yang cocok dikombinasikan dengan warna putih sehingga menghadirkan tampilan monokrom. Pagar minimalis bertema monokrom merupakan ide yang menarik. 

4. Pagar Tembok Warna Polos 

Apabila benar-benar ingin menekankan pada kesederhanaan, maka model pagar tembok satu warna tanpa ornamen apapun adalah pilihan terbaik. 

Warna yang digunakan bisa diambil dari warna netral seperti putih, abu-abu, krem, hitam, coklat tua, atau kuning gading. Jenis warna tersebut sangat ideal diaplikasikan untuk pagar minimalis.

Selain itu, kesan hangat dan terbuka yang dihadirkan memberikan kesan positif pada depan rumah. Agar tembok tidak terlalu sepi, menanam tanaman perdu merupakan ide yang patut dicoba.

5. Pagar Teralis Besi 

Teralis besi merupakan model pagar tembok minimalis yang tahan lama sehingga banyak dipilih. Selain itu, pagar teralis besi memiliki finishing yang sederhana namun tetap terlihat modern. 

Salah satu model yang populer adalah teralis besi vertikal. Model pagar tersebut memberikan kesan tegas nan sederhana. Apabila memilih warna hitam, kesan elegan juga akan terlihat. 

Apabila ingin menghindari warna hitam yang terkesan monoton, maka bisa memilih pagar teralis dari stainless. Umumnya, ada dua warna yang ditawarkan yaitu abu-abu dan silver. Pagar teralis yang terbuat dari stainless akan tampak elegan memagari rumah.

6. Pagar Kombinasi Besi dan Batu Bata 

Penggunaan batu bata cocok untuk menciptakan pagar rumah bergaya minimalis. Bagi yang ingin menonjolkan kesan klasik dan tradisional, maka aplikasikan model batu bata ekspos. 

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Scandinavian Lengkap Beserta Ciri Khasnya

Model tersebut berupa tumpukan batu bata yang tidak diberi finishing tertutup sempurna menggunakan semen. Tampilan luar tumpukan batu bata sengaja dibuat apa adanya sehingga menegaskan kesan unfinished yang natural.

Apabila menggunakan batu bata ekspos, sebaiknya bagian paling atas tembok dibuat datar, jangan lancip. Bagian tersebut dapat dimanfaatkan untuk meletakkan vas bunga atau sekadar untuk tujuan keamanan. 

Material besi bisa menjadi kombinasi yang ideal untuk membuat pintu. Alternatif lain, besi dipakai pada bagian atas pagar sedangkan batu bata dipakai pada bagian bawah pagar.

7. Pagar Satu Sisi

Ide pagar satu sisi sangat cocok diterapkan untuk area depan rumah yang sempit. Tembok yang berbentuk memanjang hanya akan menutupi salah satu sisi. Sedangkan sisi lain dipakai untuk pintu atau dibiarkan tanpa sekat agar terlihat lebih lapang. 

Pagar satu sisi dapat berupa tembok polosan tanpa ornamen, papan kayu maupun batu alami dengan kombinasi material lain. Agar mampu memberikan kesan yang luas, sebaiknya pilih warna bersih seperti putih, kuning gading, atau krem.

8. Pagar Kayu

Memilih kayu sebagai bahan utama pembuatan pagar sangat tepat untuk memunculkan kesan sederhana dan kekinian. Model yang dipakai bisa berupa papan kayu tertutup agar privasi lebih terjaga. 

Pilihan lain adalah mengadopsi model pagar besi hollow yang berupa garis-garis simetris dengan lubang pada bagian dalam. Dengan begitu, ada sentuhan nilai keindahan pada pagar rumah.

Apabila memiliki area yang cukup lega, maka padukan pagar kayu dengan tembok. Posisikan tembok sebagai penyekat di antara pagar kayu. Namun, area depan rumah yang sempit sebaiknya cukup memasang pagar kayu hollow saja agar kesannya lebih ringan. 

9. Pagar Ornamen Batu Alam 

Selain dijadikan sebagai bahan utama pembuatan pagar, batu alam juga cocok dipakai sebagai ornamen. Nilai estetika yang dihadirkan oleh batu alam sangat tinggi, terlebih tidak membutuhkan cat untuk melapisi permukaannya. 

Kombinasikan ornamen batu alam dengan pagar tembok berwarna natural atau earthy tone. Sebagai contoh, batu paras Jogja dipadukan dengan tembok warna abu-abu, batu putih cacing dipadukan dengan tembok warna krem dan batu batu candi dipadukan dengan tembok putih.

Baca Juga  5+ Model Desain Pintu Rumah Minimalis Modern Terbaru

10. Pagar Pintu Geser 

Salah satu cara mewujudkan pagar tembok minimalis adalah dengan memasang pintu geser. Model pintu geser tidak membutuhkan banyak ruang seperti halnya pintu dorong. Maka dari itu, pengaplikasian di lahan yang sempit pun tetap cocok.

Agar lebih awet, pilihlah material besi atau baja ringan. Apabila ingin menampilkan tampilan yang terkesan dinamis, maka kombinasikan dengan jenis material lain seperti kayu atau cukup dengan menambahkan variasi pada bagian pagar.

11. Pagar Bambu 

Bambu menjadi material yang akhir-akhir ini semakin dilirik. Alasannya, bambu mampu menampilkan pagar rumah yang terkesan unik. Selain itu, kesan sederhana nan cantik juga dihadirkan oleh pagar dari bambu. 

Dari segi harga, budget untuk membuat pagar bambu relatif lebih murah dibandingkan menggunakan jenis material lain. 

Model pagar yang dibuat dari bambu pun tidak kalah menarik. Pagar dapat dibuat full dari bambu yang saling dihubungkan menggunakan tali.

Alternatif lain adalah dengan menata bambu dengan rapat dan rapi kemudian mengaplikasikan cat berfinishing glossy. Dengan begitu, kesan tradisional akan sangat terasa. 

Mengkombinasikan bambu dengan material kayu atau beton juga ide yang patut dicoba. Kombinasi tersebut akan terlihat begitu unik dan menarik.

12. Pagar Tanaman Hidup 

Siapa yang menyangka kalau tanaman hidup dapat dijadikan sebagai pagar tembok minimalis yang memberikan kesan natural begitu kental. Pagar menggunakan tanaman hidup juga membawa hawa segar pada bagian depan rumah.

Contoh tanaman yang cocok dijadikan pagar rumah antara lain pucuk merah, bunga soka, teh-tehan, Japanese holy, bambu hias, pakis, cemara kipas, dan American holy.

Banyak inspirasi menarik untuk membuat pagar tembok yang minimalis. Pilihan jenis bahan yang beragam memudahkan dalam menyesuaikan dengan selera dan budget. Kalau soal kualitas, tidak perlu khawatir karena Tokban.com menawarkan pagar rumah yang minimalis dan bagus.

Write A Comment