Bagi sebagian orang, kamar mandi adalah salah satu hal yang sepele. Namun, bagi sebagian orang lainnya, kehadiran kamar mandi haruslah diperhatikan. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari referensi desain interior dan jenis rak kamar mandi yang sesuai untuk digunakan.

Pemilihan rak di kamar mandi ternyata penting. Selain sebagai tempat untuk meletakkan peralatan mandi, rak tersebut juga berperan dalam menciptakan suasana yang akan diciptakan di dalam kamar mandi. Oleh karena itu, muncul berbagai model rak kamar mandi dengan desain yang cantik.

Referensi Rak Kamar Mandi yang Dapat Digunakan

Berikut ini adalah beberapa referensi rak untuk kamar mandi yang dapat Anda pilih jika masih bingung menentukan desain rak kamar mandi. Namun, dalam memilih rak untuk kamar mandi tetap harus memperhatikan fungsi dan kesesuaian dengan tema kamar mandi.

Adapun beberapa referensi rak untuk kamar mandi tersebut antara lain adalah:

1. Rak Kamar Mandi Kayu

Konsep hangat dan alami pada kamar mandi memang sedang booming saat ini. Untuk menciptakan kesan hangat, biasanya perabotan yang digunakan adalah perabotan yang terbuat dari kayu. Begitu pula dengan rak yang digunakan di kamar mandi.

Selain menciptakan kesan hangat, material kayu juga akan membuat kamar mandi terlihat lebih elegan. Kesan estetik pun akan muncul ketika menggunakan rak dari kayu ini. Namun, perlu diingat bahwa rak dari bahan kayu ini lebih cocok digunakan pada kamar mandi yang kering.

Baca Juga  9 Desain Kamar Mandi Minimalis Modern Sederhana

Hal ini karena kayu akan cepat lapuk dan rusak bila terus menerus terkena air atau berada di tempat yang lembab. Jenis kayu yang digunakan untuk kamar mandi juga adalah jenis kayu yang khusus. Pemilihan jenis kayu tersebut dimaksudkan agar rak untuk kamar mandi menjadi lebih awet dan tahan lama.

Adapun jenis kayu yang biasanya digunakan sebagai rak untuk kamar mandi adalah kayu jati, kayu maple, dan juga kayu pinus. Selain jenis kayu tersebut, terdapat juga jenis kayu olahan seperti plywood dan juga kayu jenis MDF.

2. Rak Kamar Mandi dari Bahan Stainless Steel

Ada juga beberapa orang yang menginginkan suasana rapi dan juga minimalis pada kamar mandinya. Oleh karena itu, banyak yang mencari rak kamar mandi minimalis. Salah satu jenis rak yang dapat digunakan adalah rak yang berasal dari bahan stainless steel.

Bahan ini juga dinilai lebih tahan lama karena tidak akan terpengaruh meskipun sering terkena air ataupun sering berada di tempat lembab. Selain itu, penggunaan rak jenis ini juga akan menambah kesan modern pada kamar mandi.

Jenis rak ini sangat mudah untuk didapatkan, karena di pasaran banyak yang menjual rak jenis ini. Rak jenis ini pun biasanya dijual dalam bentuk yang sudah jadi. Dengan demikian, pembelinya hanya perlu memasang dan meletakkannya pada kamar mandi.

Namun karena hal itu, rak tersebut menjadi sulit untuk dimodifikasi sesuai keinginan. Rak dari bahan stainless steel ini juga biasanya tersedia dalam bentuk yang sudah dikombinasikan dengan kaca sehingga lebih fungsional.

3. Rak dari Bahan Plastik

Jika budget yang dimiliki pas-pasan, Anda dapat menggunakan rak yang terbuat dari plastik. Di pasaran sendiri, rak plastik sangat mudah ditemui. Selain itu, karena terbuat dari plastik, maka rak jenis ini memiliki bobot yang sangat ringan.

Baca Juga  18 Inspirasi Desain Balkon Minimalis dengan Tampilan Memukau

Meskipun murah, rak ini sangatlah tahan lama. Rak tersebut dapat ditempatkan pada jenis kamar mandi kering ataupun basah. Bahan plastik ini tidak akan terpengaruh dengan air ataupun keadaan lembab. Agar tidak terkesan pasaran, Anda dapat memilih rak dengan model dan warna yang jarang digunakan.

Saat ini model rak-rak plastik untuk kamar mandi sudah banyak jenisnya. Dengan demikian, pembeli memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan desain dan tema kamar mandi di rumah.

4. Rak Tempel Kamar Mandi

Jika memiliki ukuran kamar mandi yang tidak terlalu besar, maka jenis rak ini sangatlah cocok. Anda tidak membutuhkan banyak ruang untuk memasang rak jenis ini. Cukup menempelkannya pada dinding kamar mandi, rak ini pun sudah dapat digunakan.

Selain itu, rak ini juga sangat mudah untuk dilepas dan dipasang sehingga lebih mudah digunakan dan dipindahkan. Biasanya, rak ini direkatkan ke dinding dengan menggunakan suction cup. Setelah dipasang, rak ini tidak akan mudah lepas meskipun menopang beban yang cukup berat.

Meskipun terlihat kecil, tetapi rak ini memiliki daya yang sangat lama. Rak ini juga cocok diletakkan di kamar mandi yang kering dan juga kamar mandi basah. Karena umumnya rak ini terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat dan tahan lama.

Penggunaan rak jenis ini juga dapat memudahkan dalam membersihkan kamar mandi. Anda dapat menjangkau sudut-sudut dan bagian kamar mandi dengan mudah. Selain itu, Anda tidak perlu memindahkan rak hanya untuk membersihkan bagian yang ditutupinya.

5. Rak Kamar Mandi Tipe Floating

Jenis rak untuk kamar mandi ini hampir sama dengan jenis rak tempel. Namun, yang membedakannya adalah, rak ini langsung ditanam pada bagian dinding kamar mandi. Dengan demikian, rak jenis ini tidak bisa dilepas pasang.

Baca Juga  Toko Bangunan Malang Online Terbaik Berkualitas

Jenis rak ini sangatlah cocok untuk desain kamar mandi yang minimalis. Selain itu, rak ini akan menambahkan kesan elegan dan modern. Biasanya, rak ini terbuat dari material kayu, stainless atau bisa juga plastik. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan tema kamar mandi.

6. Rak untuk Kamar Mandi Model Standalone

Jenis rak ini memiliki desain seperti lemari yang terbuka dan langsung berdiri pada lantai kamar mandi. Tipe rak ini sangat cocok digunakan pada kamar mandi yang memiliki ukuran besar dan luas. Biasanya, rak jenis ini digunakan sebagai item pendukung untuk desain interior kamar mandi.

Dengan menggunakan rak tipe ini, kamar mandi akan terlihat lebih elegan, estetik, dan juga berkelas. Biasanya rak jenis ini terbuat dari bahan kayu sehingga akan menimbulkan kesan hangat. Sangat cocok bila dipadukan pada kamar mandi yang memiliki desain alami dan modern.

Karena langsung berdiri pada lantai kamar mandi, rak ini sangat mudah dipindahkan. Anda dapat menyesuaikan posisi sesuai keinginan ketika tatanan kamar mandi sudah terlihat membosankan.

7. Rak Tipe Storage untuk Kamar Mandi

Selain model standalone, kamar mandi yang berukuran lapang juga dapat menggunakan rak penyimpanan dengan model storage. Dengan menggunakan rak tipe ini, Anda dapat menyimpan banyak barang yang berhubungan dengan keperluan kamar mandi.

Rak ini juga memiliki penutup dan juga keranjang penyimpanan. Dengan demikian, kamar mandi akan terlihat lebih rapi karena barang yang disimpan tidak langsung terlihat.

Itulah berbagai jenis rak kamar mandi yang dapat dipilih. Pilihlah jenis rak yang sesuai dengan ukuran dan tema kamar mandi agar rak tersebut dapat melengkapi penampilan kamar mandi. Anda dapat mengunjungi Tokban.com/blog untuk melihat inspirasi desain interior pada kamar mandi.