Ketika Anda ingin mengecat tembok, pagar besi, jendela kayu, atau motor agar terlihat lebih bagus, Anda tentunya membutuhkan thinner. Ada banyak jenis thinner cat seperti thinner untuk cat duco, cat kayu, cat besi, dan lain sebagainya. 

Fungsi thinner sendiri adalah untuk membuat cat menjadi lebih encer sehingga kekentalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mengetahui jenis thinner dan fungsinya secara lebih lengkap, berikut ulasan selengkapnya. 

Rekomendasi Thinner Cat Bagus dan Fungsinya

Thinner dan cat memang dua komponen yang tidak bisa dipisahkan. Thinner memiliki fungsi untuk membuat cat menjadi lebih encer. Apabila cat terlalu kental, maka pemakaiannya menjadi boros dan susah untuk kering. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi thinner cat yang bagus.

1. Dulux Thinner A850-41

Salah satu brand thinner yang recommended untuk mengencerkan cat tembok yaitu Dulux Thinner. Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, Dulux memang tidak pernah gagal menghadirkan produk-produk berkualitas, tak terkecuali dengan produk thinnernya. 

Thinner Dulux ini mampu memberikan hasil terbaik untuk cat kayu atau besi, cat tembok interior, dan cat tembok eksterior. Tidak hanya kualitas thinnernya yang juara, desain kemasannya juga terbuat dari kaleng yang kokoh dan penutup yang rapat. 

Dengan kemasan yang aman, maka akan memudahkan Anda dalam menyimpannya karena tidak mudah tumpah, merembes, bocor, atau mengeluarkan bau yang menyengat.  Harga 1 liter thinner dari Dulux ini dibanderol dengan kisaran Rp32.000. Sangat terjangkau, bukan? 

Baca Juga  9 Rekomendasi Merk Pompa Air Terbaik dan Bagus

2. Mataram EMCO Thinner B

Rekomendasi thinner cat selanjutnya yaitu Mataram EMCO Thinner B. Berbeda dengan kemasan thinner dari Dulux, produk thinner dari EMCO ini menggunakan kemasan plastik yang praktis. Anda juga tidak perlu khawatir produk akan bocor karena sudah menggunakan plastik khusus. 

Produk thinner satu ini tersedia dalam kemasan 0,5 liter dan 1 liter sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Thinner satu ini juga bisa dibilang thinner NC karena digunakan untuk satu kali pakai saja baik dari segi kemasan maupun ukurannya.

Jenis thinner ini bisa Anda gunakan untuk mengencerkan cat besi atau cat kayu. Harga yang dibanderol untuk thinner dari EMCO ini sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp12.500 saja.

3. Impala Thinner

Impala Thinner juga bisa menjadi salah satu pilihan thinner cat terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengencerkan cat tembok, cat kayu, atau cat besi sehingga hasilnya menjadi lebih cepat kering. 

Thinner dengan ciri khas kemasan kaleng berwarna hijau dan gambar rusa warna merah ini memang menjadi salah satu market lead untuk produk thinner di pasaran karena kualitasnya yang bagus.  

Tidak hanya kualitasnya yang bagus, thinner Impala ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp28.000. Produk thinner ini dijual dalam ukuran 1 kg dan 5 kg sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

Sebagai salah satu thinner jenis NC (nitrocellulose), Impala thinner ini sering digunakan untuk mengencerkan cat duco. Thinner satu ini juga bisa membuat hasil cat menjadi lebih glossy alias mengkilap. 

4. Rajawali Thinner HG

Rekomendasi thinner terbaik selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengencerkan cat minyak atau cat besi yaitu Rajawali Thinner HG. Thinner jenis HG dari Rajawali ini menawarkan hasil yang glossy sehingga recommended untuk Anda yang ingin mengecat pagar rumah. 

Baca Juga  Struktur Bangunan: Pengertian, Fungsi hingga Elemennya

Thinner dengan kemasan kaleng bergambar burung rajawali ini juga menawarkan hasil yang cepat kering dan bisa digunakan untuk campuran cat kayu atau cat besi besi. Selain menyediakan jenis thinner HG, Rajawali juga menyediakan jenis thinner A, PU, dan ND. 

Selain menawarkan finishing yang lebih mengkilap hingga 80%, harga thinner cat dari Rajawali ini dibanderol dengan kisaran harga yang terjangkau yaitu mulai dari Rp21.000.

5. Propan Thinner Epoxy

Bagi Anda yang sedang mencari thinner untuk campuran cat berukuran besar, Propan Thinner bisa menjadi rekomendasi terbaik. Produk thinner dari Propan satu ini tersedia dalam kemasan jerigen besar berukuran 20 liter. 

Selain itu, Propan juga menyediakan kemasan kecil berukuran 0,8 liter dengan kisaran harga mulai dari Rp42.000. Thinner yang terbuat dari material epoxy ini bisa Anda gunakan untuk mengencerkan cat sehingga pemakaian cat lebih irit karena tidak terlalu kental dan hasilnya lebih bagus. 

6. ML Indonesia Cobra Thinner

Salah satu brand thinner cat duco yang tidak kalah populer yaitu produk thinner dari Cobra. Tidak hanya untuk campuran cat duco saja, thinner satu ini juga banyak digunakan untuk mengencerkan cat besi dan cat kayu. 

Kualitas yang ditawarkan dari produk thinner satu ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi karena memberikan hasil yang glossy, tahan lama, dan cepat kering. Harga yang dibanderol untuk produk thinner dari Cobra satu ini juga relatif terjangkau yaitu kisaran Rp35.000.

7. Pasific Paint Thinner Autoglow

Thinner Autoglow dari brand Pasific Paint satu ini merupakan thinner slow PU sehingga proses keringnya terbilang lambat dibandingkan jenis thinner lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, produk thinner ini membutuhkan proses lebih dari 12 jam. 

Meskipun proses keringnya yang lama, hasil akhir dari clear coating sangat memuaskan dan tentunya tahan lama. Produk thinner yang dibanderol dengan kisaran Rp42.000 ini biasa digunakan untuk campuran cat mobil sehingga tampilan mobil Anda akan terlihat lebih keren dan mengkilap. 

Baca Juga  Apa Itu Bidet, Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

8. Nippon Paint Nippe Super Thinner

Tidak hanya menawarkan produk cat tembok saja, Nippon Paint juga memiliki produk thinner yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Nippe Super Thinner menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang membutuhkan produk thinner berkualitas untuk mengencerkan cat duco. 

Thinner satu ini sangat recommended untuk digunakan sebagai campuran cat mulai dari proses base hingga clear coating. Hasil yang ditawarkan dari produk thinner dari Nippon Paint satu ini juga glossy dengan proses pengeringan yang terbilang cepat. 

Perpaduan antara Nippe Super Thinner dan cat Nippe 2000 Lacquer akan memberikan hasil yang maksimal. Harga yang dibanderol untuk thinner ini juga relatif terjangkau yaitu kisaran Rp28.000. 

9. Victory Paint Industry Blinken Thinner

Blinken Thinner Polyurethane BC 30 dari Victory Paint Industry juga menjadi salah satu thinner terbaik yang bisa Anda gunakan untuk campuran cat coating mobil mulai dari proses base hingga clear coating. 

Produk thinner satu ini memiliki daya larut yang tinggi dengan hasil yang glossy. Thinner dari Victory Paint Industry satu ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp60.000. 

10. Herin Thinner Sari Sarana Kimia

Thinner Herin dari brand Sari Sarana Kimia juga menjadi salah satu thinner cat kayu yang recommended dengan harga terjangkau kisaran Rp19.000. Produk thinner satu ini biasa digunakan untuk mengencerkan cat sintetis, pelarut plastik polystyrene, dan pelarut cat tinta.  

Beberapa merk thinner di atas bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk mengencerkan cat sehingga hasilnya cepat kering, tahan lama, dan glossy. Bagi Anda yang sedang mencari thinner cat berkualitas, Anda bisa kunjungi https://tokban.com/product-category/perlengkapan-cat/.