Bekerja di suatu ruangan setiap hari tentu akan membuat bosan. Untuk motivasi semangat bekerja, Anda bisa membuat ruang kerja minimalis baik untuk bekerja di rumah ataupun di kantor. Interior ruangan berpengaruh pada semangat atau tidaknya kita saat sedang bekerja.

Merancang ruangan kerja dengan konsep minimalis atau desain yang unik, akan meningkatkan performa kerja sehingga menjadi lebih bersemangat. Ruang kerja yang produktif juga akan membuat kreatifitas semakin terasah.

Rekomendasi Desain Ruang Kerja Minimalis Terbaik

Tak hanya rekan kerja dan lingkungan saja, desain interior ruang kerja juga akan mempengaruhi kinerja kerja di kantor atau di rumah. Berikut ini beberapa rekomendasi desain untuk ruang kerja minimalis yang bisa menjadi inspirasi:

1. Ruang Kerja dengan Papan 

Salah satu pilihan atau rekomendasi terbaik yang bisa dipilih dalam memilih ruangan kerja minimalis adalah dengan menambahkan papan tulis. 

Chalkboard bisa menjadi solusi tepat untuk mencatat berbagai hal penting, dan bisa ditempelkan di dinding yang juga berfungsi sebagai salah satu bagian dinding di ruang kerja tersebut.

Segala tugas atau deadline pekerjaan bisa dituliskan di sana, sebagai pengingat. Chalkboard tersebut bisa menjadi pilihan terbaik sebagai pengganti dari sticky notes.

2. Ruang Kerja dengan Karpet Corak dan Lampu Belajar

Cobalah untuk menambahkan barang yang unik dan bermanfaat di ruangan kerja misalnya dengan menambahkan karpet yang memiliki corak/motif, serta lampu belajar yang akan membantu penerangan/pencahayaan saat Anda bekerja di malam hari.

Baca Juga  Desain Rumah Type 120 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

Ruangan akan terasa lebih hangat jika memasang karpet bermotif tersebut. Meja kerja pun akan menjadi lebih terang dengan adanya lampu belajar yang desainnya estetik.

3. Ruang Kerja Polos dan Minimalis

Jika lebih suka dengan suasana yang tenang saat bekerja tanpa banyak barang di dalam ruangan, maka Anda bisa menggunakan desain ruang kerja kantor minimalis yang polos saja tanpa banyak tambahan furnitur di dalamnya.

Gunakan warna putih yang dominan di dalam ruangan, seperti misalnya menerapkan warna putih polos pada dinding, lantai, meja, dan juga kursi. Ruangan kerja akan menjadi lebih tenang, santai, dan kalem dengan nuansa putih yang dominan.

4. Ruang Kerja Serba Putih

Jika tadi memilih ruang kerja minimalis yang tidak menggunakan banyak furnitur dengan warna putih yang dominan. Untuk ruang kerja berikutnya bisa juga menggunakan warna putih polos pada beberapa furnitur yang disimpan di sana.

Teknik menerapkan ruangan yang serba putih ini solusi tepat untuk ruangan kerja yang sempit, menjadi terlihat lebih luas.

5. Ruang Kerja Simpel

Hanya sisakan barang-barang yang penting saja di dalam ruangan kerja tersebut, tanpa banyak barang lain yang mengganggu. Konsep dan desain ruangan kerja ini akan tampak lebih simpel tapi nyaman.

Ruang kerja yang minim barang akan memudahkan Anda untuk menemukan barang-barang yang dibutuhkan. Simpan barang-barang yang penting saja di sana misalnya meja, kursi, kalender, rak buku, dan sebagainya.

6. Ruang Kerja dengan Ornamen Kaca

Jika ruangan kantor sempit dan ukurannya kecil maka hal itu bisa diatasi dengan menambahkan kaca yang mengarah ke luar. Hal itu akan membuat ruangan kantor Anda menjadi lebih luas dan leluasa.

Baca Juga  Desain Rumah Type 50 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

Tak hanya kacanya saja, tapi tambahkan juga lemari kaca yang ditempatkan di dekat kaca. Ruangan kerja yang mengarah ke luar ini akan menjadi tidak mudah bosan saat bekerja karena banyak hal yang bisa dilihat.

7. Ruang Kerja dengan Hiasan Pot Bunga atau Hiasan Dinding

Walaupun ruangan kerja ukurannya luas, tetapi sebaiknya jangan menaruh terlalu banyak barang di sana karena hal itu malah akan membuat ruang kantor menjadi lebih sempit. 

Setelah menaruh barang-barang penting dan memang dibutuhkan di sana, tambahkan juga barang lainnya seperti misalnya hiasan berubah pot-pot bunga atau hiasan dinding. 

Pilih hiasan apa saja yang sesuai dengan selera. Pastikan jumlahnya juga tidak terlalu banyak untuk disimpan di dalam ruangan.

8. Ruang Kerja dengan Cahaya Alami

Untuk membuat ruang kerja kantor minimalis yang nyaman, sebaiknya gunakan dinding berbahan kaca supaya pencahayaan di dalam ruangan saat siang hari menjadi lebih alami dan hangat. 

Matahari akan masuk ke dalam ruangan sehingga ruangan akan tampak lebih terang. Tempatkan meja kerja dekat dengan dinding yang berbahan kaca tersebut, sehingga ruangan kantor akan semakin terasa fresh dan tentu saja lebih terang.

9. Ruang Kerja dengan Interior Seperti Dapur

Jika harus bekerja sambil makan camilan, maka buatlah desain ruang kerja yang minimalis dan unik. 

Misalnya dengan membuat interior ruangan seperti menyatu dengan dapur, lalu simpan berbagai macam camilan atau makanan kesukaan di sana sebagai persediaan. Pastikan ruangan tempat penyimpanan makanan selalu dalam kondisi bersih.

10. Ruang Kerja dengan Beragam Poster Kesukaan

Ada banyak desain dan gaya dari ruangan yang digunakan untuk bekerja. Jika tidak suka ruangan yang terlalu polos maka tambahkan berbagai poster menarik di dinding, supaya bekerja menjadi lebih bersemangat melihat jajaran poster tersebut dan tidak bosan.

Pilih jenis-jenis poster yang sesuai dengan keinginan, misalnya poster dengan tema klasik, kumpulan quotes, atau poster yang berupa lukisan, dan lain sebagainya.

Baca Juga  12 Inspirasi Desain Model Lemari Pakaian Minimalis

11. Ruang Kerja dengan Sofa dan Rak Buku

Selain kursi dan meja untuk bekerja, ruangan tempat bekerja juga bisa ditambahkan sofa dan juga rak buku. Ruangan kantor tersebut akan membuat nyaman, karena adanya sofa untuk bersantai dan rak buku yang memuat buku-buku kesukaan.

Pada saat penat dengan pekerjaan, cobalah untuk bersantai sebentar saja di sofa sambil membaca buku dan segelas teh/kopi panas. Maka inspirasi untuk bekerja akan muncul kembali dan pikiran menjadi lebih fresh.

12. Ruang Kerja Berkonsep Minimalis dengan Rak Minimalis

Ruang kerja bisa disetting sesuai dengan selera penggunanya. Misalnya saja jika punya hobi membaca maka tambahkan rak minimalis pada ruang kantor yang konsepnya juga minimalis tersebut. Rak buku ini digunakan untuk menyimpan berbagai jenis buku yang disukai.

Pastikan rak buku tersebut selalu dalam kondisi rapi dan tidak berantakan, karena jika berantakan malah akan mengganggu pemandangan saat bekerja.

13. Ruang Kerja yang Artistik

Pilihan lainnya pada desain atau interior ruangan kerja adalah dengan mengusung tema yang artistik, misalnya saja menambahkan lukisan di dinding untuk kebutuhan estetika dari ruangan kerja tersebut.

Apalagi jika memiliki kesukaan pada seni maka pemilihan lukisan yang dipasang di dinding atau ditaruh di meja kerja, akan membuat semangat bekerja menjadi meningkat.

14. Ruang Kerja dengan Wooden Wall

Desain ruangan untuk bekerja yang minimalis dan direkomendasikan adalah ruang kerja dengan wooden wall. 

Ruangan bekerja akan tampak unik, hangat, dan juga alami, karena menggunakan dinding berbahan kayu terbaik. Konsep ruangan bekerja dengan wooden wall ini cocok untuk ruangan kerja yang berukuran besar.

Bingung memilih tempat untuk membeli perlengkapan furnitur atau bahan bangunan berkualitas baik? Cobalah untuk berbelanja di Tokban.com yang menyediakan segala kebutuhan perlengkapan/peralatan untuk ruang kerja minimalis.