Selain tipe 36, rumah tipe 46 juga menjadi salah satu model rumah yang banyak diminati. Tentunya, tipe 46 ini lebih lega daripada tipe 46. Apalagi, harga dari tipe 46 dinilai masih terjangkau bagi orang-orang yang mencari rumah.

Rumah tipe ini menjadi pilihan hunian yang terjangkau, terutama bagi keluarga kecil atau pasangan muda yang baru menikah. Tidak hanya itu, tipe 46 juga banyak dijadikan investasi properti yang menjanjikan.

Luas Rumah Tipe 46

Seperti dengan namanya, rumah tipe 46 merupakan rumah dengan luas bangunan sebesar 46 meter persegi. Sedangkan, luas tanahnya bisa berbeda-beda, tergantung dengan seseorang atau perumahan yang membuat bangunan tersebut.

Model dari rumah type 46 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rumah tipe 45. Hanya saja, rumah tipe 46 sedikit lebih luas, sehingga Anda bisa menambahkan taman mini atau tempat bersantai lainnya.

Apabila Anda cermat, biasanya pada iklan perumahan yang dibuat oleh pengembang properti, mereka akan menyebutkan tipe 46/102, tipe 46/116, tipe 46/162, dan lain sebagainya. Nah, angka yang terletak pada garis miring menjelaskan luas tanahnya.

Jadi, maksud dari tipe 46/116 yaitu rumah dengan luas bangunan 46 meter persegi, dengan luas tanah sebesar 116 meter persegi. Namun, yang umumnya dibangun adalah rumah dengan tipe 46 yang dibangun di atas tanah 116 meter persegi.

Baca Juga  12 Warna Cat Dinding Luar Rumah yang Bagus dan Elegan

Kelebihan Rumah Tipe 46

1. Cocok untuk Konsep Minimalis

Dikutip dari situs Pinhome, rumah dengan tipe 46 biasanya dipromosikan sebagai rumah minimalis, karena ukurannya yang compact. Poin ini tentunya menarik bagi Anda yang menginginkan hunian dengan konsep minimalis.

Apalagi, luas bangunan yang terbatas akan menuntut Anda supaya mengisi rumah dengan barang dengan sedikit mungkin, sehingga gaya hidup minimalis pun dapat terlaksana.

2. Luas Lahan dan Bangunan yang Lega

Daripada rumah tipe 36, tipe 46 ini tentunya memiliki luas lahan dan luas bangunan yang lebih lega. Oleh sebab itu, hal ini akan menguntungkan Anda yang mendambakan rumah yang lapang tetapi sederhana, sehingga bisa menata rumah dengan leluasa.

Tidak hanya itu, sisa lahan yang tidak terdapat bangunan dapat Anda manfaatkan sebagai taman, tempat parkir, atau yang lainnya. Dengan begitu, rumah akan lebih berfungsi dengan baik.

3. Mudah dalam Proses Perawatan

Keuntungan yang selanjutnya yakni rumah tipe ini cenderung mudah dibersihkan, karena termasuk jenis rumah yang sederhana dengan luas terbatas. Selain itu, Anda bisa membersihkan sudut-sudut rumah dengan efisien dan teliti, tanpa mengeluarkan tenaga yang banyak.

4. Mudah Proses Renovasi atau Tata Ulang

Luas bangunan dari rumah tipe 46 relatif kecil, sehingga akan memudahkan ketika proses renovasi atau tata ulang rumah.

Walaupun luas bangunannya cenderung kecil, tetapi rumah tipe ini dibangun di atas lahan dengan luas yang memadai. Misalnya, apabila terdapat anggota keluarga baru yang bergabung untuk tinggal, maka Anda bisa membuat ruangan tambahan, sehingga rumah tipe ini cocok untuk rumah tumbuh.

Bahkan, menata ulang rumah juga akan lebih mudah, seperti bila Anda berencana mengganti warna dinding rumah, karena luas area yang dicakup tidak terlalu besar. Akibatnya, Anda bisa menghemat biaya.

Baca Juga  15 Desain Model Pagar Lipat Minimalis Modern dan Elegan

5. Cocok untuk Investasi dan Usaha

Bagi Anda yang ingin atau sedang berinvestasi di bidang properti, bisa memanfaatkan rumah tipe ini untuk lahan usaha, seperti kafe, kontrakan, hinnga kamar kos.

Jika memiliki modal lebih banyak, Anda bisa membeli rumah type 46 ini dengan harga terjangkau dan merenovasinya, kemudian dijual kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi. Apalagi, rumah dengan tipe ini cukup laku dipasaran.

Nah, itulah sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh tipe rumah 46 ini. Bagaimana, apakah tertarik untuk membelinya?

Denah Rumah Tipe 46

Ukuran rumah tipe 46 bisa dibangun dengan bermacam-macam denah, tetapi umumnya hanya dibangun dengan 1 lantai saja.

Untuk spesifikasinya, rumah tipe ini biasanya dilengkapi dengan 2-3 kamar tidur, kamar mandi, carport, ruang keluarga, dan dapur. Simak penjelasan berikut ini untuk denah lebih detailnya.

1. Denah Rumah Type 46 dengan 2 Kamar Tidur

Contoh denah yang kedua yakni rumah dengan tipe 46 yang mempunyai 2 kamar (1 kamar utama dan 1 kamar tidur anak), ruang keluarga, ruang tamu, dapur, jemuran, teras taman, kamar mandi, dan garasi mobil.

Oleh karena itu, denah rumah yang ini sangat cocok untuk keluarga inti yang mempunyai 1-2 anak.

2. Denah Rumah Type 46/90 dengan 2 Kamar Tidur

Rumah ini dijual seharga 525 juta Rupiah, serta mempunyai 2 kamar tidur, kamar mandi, garasi, taman, dapur, dan ruang keluarga.

3. Denah Rumah Type 46/162 dengan 3 Kamar Tidur

Denah di atas memiliki 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, serta telah dilengkapi dengan kanopi dan kitchen set.

Untuk speisfikasi konstruksi bangunannya, yakni menggunakan pondasi cakar ayam, dinding bata merah, rangka beton bertulang, atap baja ringan dan sakura roof, pintu dan kusen aluminium, plafon (gypsum dan rangka hollow).

Baca Juga  11 Inspirasi Desain Denah Rumah Minimalis 3 Kamar

Harga Rumah Type 46

Tanpa mempertimbangkan harga lahan, maka Anda bisa mendapatkan rumah type 46 dengan harga yang terjangkau, apalagi jika menerapkan finishing dengan standar minimalis. Misalnya, finishing standar dengan memasang keramik 30 x 30 cm, sanitary setara toto, finishing cat, dan lain-lain.

Contoh dari rumah tipe 46 minimalis modern yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dipatok dengan harga 395 juta Rupiah, dengan spesifikasi 3 kamar tidur dan 1 ruang tamu yang bangunannya dilengkapi pondasi cakar ayam, struktur cor beton bertulang, dinding bata merah, atap baja ringan.

Sedangkan, rumah yang type 46/95 dengan bentuk limasan yang ada di Prambanan, dibanderol dengan harga 482 juta Rupiah saja. dengan spesifikasi 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, serta letaknya 500 meter dari jalan raya Jogja-Solo.

Perlu diketahui, bahwa terdapat banyak faktor yang menentukan harga sebuah properti, seperti lokasi, kemudahan akses jalan, reputasi, dan lain sebagainya. Jadi, harga di atas bukanlah tolak ukur satu-satunya, ya.

Seputar Pembangunan dan Renovasi

Setelah membaca artikel ini, mungkin sebagian dari Anda mulai tertarik untuk membangun sendiri rumah tipe 46 yang diidamkan. Tidak hanya itu, mungkin juga Anda mulai menginginkan untuk merenovasi rumah sesuai keinginan.

Seperti yang sudah dijelaskan, rumah tipe ini sangat memungkinkan untuk direnovasi dan ditata ulang, mengingat memiliki luas lahan dan luas bangunan yang memadai.

Untuk menghemat anggaran, Anda bisa membeli peralatan dan bahan bangunan dengan harga yang terjangkau di Tokban.com

Pasalnya, online shop yang satu ini menjual berbagai macam alat dan bahan bangunan secara lengkap, mulai dari cat, besi, kabel, kayu, kawat, dan lain sebagainya. Untuk pemesanannya juga mudah, cukup hubungi WhatsApp 085159778150

Tunggu apalagi? Yuk ciptakan rumah tipe 46 idaman Anda dan dapatkan peralatan atau bahan bangunan hanya di Tokban.com