Ketika melihat iklan jual beli rumah pada media cetak atau brosur, tentunya akan menemui harga rumah yang sesuai dengan typenya. Salah satu model rumah yang paling banyak dicari dan bisa ditinggali oleh keluarga besar yaitu rumah type 100. Apa yang dimaksud dengan hunian type 100?

Ukuran rumah type 100 biasanya memang relatif lebih luas dibandingkan dengan rumah type 36 ataupun type 40. Misalnya menemui hunian dengan ukuran 100/80, maka maksudnya luas bangunan rumah sekitar 100 m2, sedangkan luasan lahan tempat berdirinya bangunan bisa mencapai 80 m2

Ini Dia Beragam Inspirasi Denah Rumah Type 100

Pada hunian type 100 biasanya dirancang memiliki 4 kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan teras yang cukup luas. Maka dari itu, banyak yang mengatakan luasannya cukup memadai dan nyaman dijadikan sebagai tempat tinggal bagi anggota keluarga yang jumlahnya cukup banyak.  

1. Hunian Type 100 Model 4 Kamar yang Elegan

Rumah type 100 minimalis modern memang bisa dikreasikan dengan berbagai fasilitas menarik dan membuat nyaman para penghuninya. Salah satu model hunian type 100 yang sering kali ditemui yaitu rumah berisi 4 kamar dilengkapi dengan bagian teras yang cukup luas.  

Ruang kamar tidur yang ukurannya cukup luas diletakkan pada berbagai sisi rumah. Tujuan peletakan ruang kamar tidur menyebar tersebut tidak lain untuk memanfaatkan space bangunan sebaik mungkin, sehingga penghuni rumah bisa menjangkau ruang tertentu dengan bebas. 

Baca Juga  Mengenal Rumah Industrial : Karakteristik dan Contoh Desain

Bagian depan bangunan dilengkapi dengan teras yang cukup luas untuk menyambut tamu, ruang santai depan rumah, dan menyambut tamu. Agar tampilan rumah lebih estetik lagi, bagian depan depan juga dibangun semacam taman indoor yang dipenuhi tanaman pagar dan bunga hias. 

Sama dengan rumah-rumah pada umumnya, bangunan ini terdiri atas fasilitas ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan balkon. Bedanya pada luas bangunan 100 m2, penghuni rumah bisa lebih bebas menjalankan aktivitas di dalam rumah terutama sebagai area tempat main anak.

2. Desain Hunian Type 100 Longspace

Desain rumah type 100 ini sangat cocok digunakan pada lahan yang ukurannya memanjang ke belakang. Pemilik rumah tetap bisa memanfaatkan space sebaik mungkin untuk membuat beberapa fasilitas ruang seperti 4 kamar tidur, dapur, ruang makan, ruang tamu, dan ruang sport. 

Kamar tidur utama diletakkan pada bagian depan, tepatnya samping carport. Untuk menciptakan kenyamanan penghuni rumah, maka kamar mandi diletakkan dekat dengan kamar. Nikmati serunya berkumpul bersama dengan keluarga pada ruangan bagian tengah. 

Pada bagian tengah bangunan terdapat ruang keluarga dan ruang makan yang dibagi menjadi 1 zona ruangan. Hal inilah yang membuat keluarga akan lebih nyaman untuk menghabiskan waktu bersama untuk beristirahat ketika sedang berada di dalam rumah. 

Pintu masuk rumah dibuat semacam lorong dengan material dinding gypsum berwarna putih. Untuk menghabiskan waktu bersantai di luar rumah, Anda bisa duduk di balkon yang sudah dilengkapi dengan furniture meja dan kursi. Bagaimana menarik bukan desain penataannya?

3. Hunian Type 100 Gaya Klasik

Denah rumah type 100 ini dilengkapi dengan 4 kamar dengan konsep ruangan bergaya open space yang cukup luas. Tujuan membuat ruangan open space tidak lain ingin menciptakan spot fungsional seperti meletakkan dapur, ruang tamu, dan ruang makan menjadi satu. 

Baca Juga  Toko Bangunan Semarang Online Terbaik Berkualitas

Nantinya rumah akan dilengkapi dengan 4 kamar tidur lengkap dengan kamar mandi berukuran besar. Denah hunian type 100 ini cocok diaplikasikan pada lahan perumahan yang sempit, karena tidak adanya fasilitas bagasi ataupun taman di bagian halaman depannya. 

Dengan luas bangunan sekitar 100 m2, sebenarnya pemilik rumah bisa menciptakan halaman yang cukup luas pada bagian depan dan belakang rumah. Hanya saja harus merubah ukuran ruang pada bagian dalam rumah terutama pada bagian open spacenya yang terlalu luas.

4. Hunian Type 100 Konsep 2 Lantai

Agak berbeda dengan konsep bangunan lainnya, luas bangunan sekitar 100 m2 ini bisa dibuat rumah dengan 2 lantai. Pada bagian lantai satu terdiri atas fasilitas carport, 1 kamar tidur, ruang makan, kamar mandi, ruang tamu, dan fasilitas taman berukuran minimalis. 

Sedangkan pada lantai 2 bisa diisi dengan kamar tidur anak, ruang keluarga, mushola, taman, dan ruang home theater. Ruang home theater dalam rumah biasanya dimanfaatkan saat santai untuk menonton film agar mendapatkan kualitas audio yang lebih baik.

5. Rumah Type 100 Dengan Halaman Luas

Butuh inspirasi tempat bangunan untuk keluarga kecil dengan luasan 100 m2? Konsep bangunan satu ini dirancang dengan fasilitas yang cukup memadai mulai dari carport, halaman depan, 3 kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan juga ruang makan. 

Uniknya lagi, bangunan ini menyediakan teras depan dan teras belakang yang ukurannya cukup luas. Pemilik rumah bisa memanfaatkan bagian depan teras sebagai halaman taman yang dipenuhi dengan bunga hias, batu coral, atau kolam kecil agar tercipta suasana yang lebih segar.

6. Desain Hunian Type 100 Isi 3 Kamar Tidur

Ingin model rumah type 100 dengan penataan yang lebih padat dan rapi? Mudah kok, caranya dengan menerapkan 3 kamar tidur secara berderet kemudian 2 kamar tidur lainnya diletakkan pada daerah yang sama. Apa tujuan membuat kamar tidur berderet tersebut?

Baca Juga  12 Ide Desain Cafe Terbaik Minimalis Bisa Bikin Mood Bagus

Tujuannya yaitu untuk membuat penataan ruangan dalam rumah bisa terlihat luas dan rapi. Bagian tengah rumah bisa diisi dengan ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Untuk material teras rumah bisa menggunakan batu alam kasar yang permukaannya tidak licin. 

Disamping kolam bisa ditambahkan fasilitas balkon atau ruang santai dengan bagian lantai yang terbuat dari material kayu. Material kayu pada lantainya tersebut bisa menimbulkan kesan hangat, sehingga penghuni rumah akan semakin betah saat menghabiskan waktu santai bersama-sama.

7. Rumah Type 100 Gaya Ensuith Bathroom

Mungkin ada sebagian orang yang belum memahami konsep ruangan 4 kamar ensuith bathroom. Konsep ensuith bathroom ini hadir dengan menyatukan ruang keluarga dan ruang tamu menjadi satu zona. Ruang tamu dan ruang bersantai untuk keluarga hanya diberi pembatas kaca minimalis. 

Denah rumah ini memang sangat fokus dengan mengutamakan ruangan kamar lebih luas dengan pola saling bersinggungan. Sedangkan ruangan lainnya seperti ruang makan dan dapur dibuat model sederhana yang ukurannya minimalis.

Ruangan makan dibuat bersebelahan dengan ruang dapur, sehingga akan lebih mudah dalam menyiapkan makanan. Sedangkan 2 kamar mandi berukuran besar diletakkan pada bagian tengah, agar mudah di akses para penghuni dari masing-masing kamarnya. 

Rumah type 100 banyak dipilih karena menawarkan ruangan yang cukup luas, sehingga cocok dihuni oleh keluarga besar. Butuh berbagai bahan dan peralatan bangunan yang berkualitas namun harganya terjangkau? Langsung saja dapatkan segalanya dengan mengunjungi laman website https://tokban.com/.