Rumah type 27 dengan konsep desain minimalis modern kini bisa menjadi salah satu pilihan hunian yang cocok untuk keluarga kecil. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada bangunan type di atasnya, hunian type 27 dapat terlihat lebih menarik dan luas dengan desain yang tepat.

Seperti apa gambaran denah hunian minimalis modern type 27? Apa saja jenis ruangan yang dapat dibangun di dalamnya? Langsung saja simak inspirasi desain hunian minimalis modern type 27 dengan membaca artikel ini!

Inspirasi Desain Rumah Type 27 yang Nyaman untuk Hunian

Hunian dengan type 27 memiliki ukuran bangunan rumah kurang lebih seluas 27 m2. Bangunan yang berukuran 27 m2 memang cocok didesain dengan konsep minimalis modern agar memiliki kesan fungsional yang lebih mendalam.

Seperti apa desain dan denah hunian type 27? Berikut ini beberapa rekomendasi inspirasi desain minimalis modern untuk hunian type 27, yaitu:

1. Hunian Type 27 untuk Single Person

Bangunan hunian dengan type 27 dapat dibangun di atas tanah yang berukuran 6 x 11,5 m2. Sisa bidang tanah pada bagian depan dan belakang bangunan rumah dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya, bidang tanah di bagian depan rumah dapat dijadikan taman dan garasi kendaraan.

Sementara itu, sisa bidang tanah di bagian belakang bangunan rumah dapat dijadikan sebagai tempat menjemur pakaian atau tempat bersantai.

Pada umumnya rumah type 27 minimalis modern dibangun dengan satu kamar tidur di dalamnya. Selain itu, hunian ini dapat dilengkapi dengan satu kamar mandi di dekat kamar tidur. Pada bagian depan bangunan dapat dibangun ruang keluarga atau ruang bersantai dekat dengan dapur.

Baca Juga  8 Inspirasi Desain Rumah Hemat Energi & Ramah Lingkungan

Desain dapur yang dibangun bisa dengan konsep minimalis. Tambahan meja makan kecil dengan kapasitas dua orang juga cocok untuk hunian type 27. Hunian dengan desain minimalis modern seperti ini sangat cocok untuk orang yang tinggal sendirian atau single person yang belum berkeluarga.

Tampilan bagian depan bangunan type 27 dapat dibuat dengan konsep modern minimalis seperti desain yang satu ini. Desain bangunan tampak depan terlihat sederhana, tetapi tetap terlihat modern dengan desain atap berwarna abu-abu dan kanopi jendela berbentuk persegi panjang tipis.

2. Hunian Type 27 untuk Keluarga Kecil

Denah rumah type 27 dibangun pada di atas tanah dengan panjang 12 meter dan lebar 6 meter. Semua bidang tanah yang ada tidak dibangun menjadi bangunan rumah, tetapi disisakan untuk memberikan ruang terbuka hijau. Desain seperti ini akan membuat rumah akan terasa lebih nyaman dan luas.

Hunian dengan type 27 sangat cocok dihuni oleh keluarga kecil dengan satu orang anak. Oleh karena itu, rumah seperti ini dapat dibangun dengan dua kamar tidur bersebelahan di dalamnya. Satu kamar tidur utama untuk pasangan suami istri dan satu kamar tidur anak.

Selain itu, ruang pertama setelah memasuki pintu masuk dapat dijadikan sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga untuk bersantai atau menonton televisi.

Pada ruangan ini juga bisa ditambahkan meja makan tanpa ada pemisah khusus agar terkesan lebih luas. Meja makan yang dipilih dapat berupa meja makan dengan desain minimalis kapasitas tiga orang. Meja makan seperti ini sangat khas digunakan pada rumah-rumah type minimalis.

Pada bagian belakang rumah dapat dibangun satu kamar mandi untuk digunakan bersama. Bagaimana dengan dapur? Dapur dapat dibangun dengan konsep open space di bagian belakang rumah. Artinya, dapur dibangun dekat dengan taman yang terbuka.

Baca Juga  8 Inspirasi Warna Cat Eksterior Rumah yang Bagus dan Cocok untuk Rumah Minimalis

Konsep dapur seperti ini juga sering dibangun pada rumah modern minimalis karena dapat memberikan kesan lebih luas. Selain itu, dapur pun tidak akan terasa panas atau pengap karena berada di dekat taman belakang rumah.

Selain taman pada bagian belakang rumah, taman kecil minimalis juga dapat dibangun pada sisi depan rumah untuk mempercantik tampilan. Tanah kosong pada bagian samping taman depan rumah juga dapat dimanfaatkan sebagai garasi mobil.

Tampilan bagian depan rumah tersebut dapat dilihat pada desain rumah minimalis modern di seperti ini. Desain rumah minimalis modern dapat dibuat dengan adanya penambahan unsur batu alam di dinding depan rumah.

3. Hunian Type 27/ 60

Ukuran rumah type 27 dapat dibangun di atas tanah dengan ukuran 60 m2. Hunian dengan type 27/ 60 memang menjadi salah satu pilihan hunian yang banyak dipilih. Mengapa? Hal ini karena ukuran bidang tanah yang tersisa cukup luas, sehingga dapat dijadikan sebagai taman, garasi, atau keperluan lain.

Bangunan hunian type 27 memiliki dua buah kamar tidur yang dipisahkan dengan satu kamar mandi di bagian tengahnya. Desain seperti ini cukup efektif dan efisien karena lokasi kamar mandi yang mudah tidak terlalu jauh dari kamar tidur.

Selain itu, masing-masing kamar tidur dapat dilengkapi dengan jendela yang mengarah ke taman agar kamar tidur memiliki kesan lebih sejuk terutama ketika jendela dibuka. Jadi, kamar utama dapat menghadap ke taman depan, sementara kamar anak bisa menghadap ke taman belakang.

Ruangan yang sejajar dengan garasi dapat dibuat sebagai ruang tamu atau ruang keluarga. Ruangan tersebut dapat didesain bersebelahan dengan meja makan keluarga. Dapur dapat didesain di samping meja makan dengan sekat atau pembatas tersendiri.

Desain dapur minimalis open space dekat taman belakang dapat dibuat di hunian type 27. Taman bagian belakang juga dapat dijadikan sebagai tempat menjemur pakaian.

Baca Juga  10 Desain Rumah Kost Minimalis 2 Lantai dan Biayanya

Bagaimana gambaran tampilan depan rumah dengan luas 27 m2? Tampilan depan rumah dapat dibuat dengan konsep minimalis modern dengan perpaduan warna cokelat tua dan cokelat muda seperti ini. Perpaduan warna tersebut membuat rumah terlihat lebih meneduhkan dan nyaman.

4. Hunian Type 27 Dua Lantai

Selain dibangun menjadi satu lantai, hunian type 27 juga bisa dibangun menjadi hunian nyaman dua lantai. Hunian yang dibuat dengan konsep seperti ini tentu saja akan memiliki ruangan-ruangan yang lebih luas.

Lantai pertama hunian type 27 dapat dibangun ruang tamu atau ruang keluarga di bagian depan. Sementara itu, pada bagian samping ruang tamu dapat didesain untuk dapur minimalis yang cukup luas. Kamar mandi juga bisa dibangun pada lantai satu rumah ini.

Tangga menuju ruang atas dapat dibangun di samping pintu masuk utama. Pada lantai dua bangunan dapat difungsikan sebagai kamar tidur. Kamar tidur yang dibangun di lantai dua tentu saja memiliki ukuran lebih luas dan nyaman karena tidak ada ruangan lainnya.

Bidang tanah yang tersisa di bagian belakang rumah dapa dimanfaatkan sebagai taman yang cukup luas. Sementara itu, pada bagian depan dapat dibuat taman kecil dan garasi kendaraan.

Desain rumah dua lantai type 27 ini tampak sangat unik karena dari depan terlihat seperti satu lantai padahal di dalamnya ada dua lantai. Konsep modern minimalis klasik pada tampilan depan rumah membuat hunian ini memiliki kesan nyaman untuk dihuni.

Rumah type 27 sangat cocok sebagai hunian singel person maupun keluarga kecil. Bagian dalam dan luar dapat didesain dengan konsep modern minimalis agar terkesan lebih luas. Jika ingin membangun rumah seperti ini, sebaiknya langsung beli peralatan bahan bangunannya di https://tokban.com.