Rumah type 30 masuk dalam kategori rumah mungil yang biasanya cocok untuk dua orang, tapi juga ideal untuk satu orang yang tinggal sendiri. Namun dengan denah rumah type 30 yang tepat, rumah ini pun bisa nyaman untuk tiga sampai empat orang anggota keluarga jika rumah dibuat menjadi dua lantai.

Definisi dari rumah bertipe 30 adalah rumah dengan luas bangunan 30 m2. Kebanyakan desain rumah ini terutama di komplek perumahan memang tampak sederhana, tapi sebenarnya juga bisa dibuat keren dan terlihat kekinian.

Beberapa Contoh Fasad Rumah Type 30 Masa Kini

Fasad alias wajah dari sebuah rumah bisa tampak keren bahkan kesan rumah mungil pada type 30 ini bisa hilang jika desainnya benar-benar menarik dan kreatif. Inilah beberapa contoh fasad keren untuk rumah-rumah mungil bertipe 30, baik yang satu lantai atau pun dua lantai.

1. Fasad Minimalis Sederhana

Wajah rumah ini tampak sederhana dengan mengusung konsep rumah type 30 minimalis namun di saat yang sama juga terlihat modern berkat desain atap dan model pintu serta jendela yang kekinian. 

Dengan tampilan halaman depan yang tanpa pagar, rumah ini terlihat memiliki banyak lahan kosong yang bahkan muat untuk mobil atau juga ditambah taman dengan bangku outdoor untuk area santai saat.

Warna hitam di bagian atap membuat rumah ini terkesan kokoh, sedangkan warna putih pada pintu, pagar, bingkai jendela, dan juga sebagian dinding memberikan kesan bersih dan lapang. Sebagian dinding lainnya tampak seperti batu-batu alami dengan bentuk teratur yang memberikan sentuhan unik pada fasad.

Baca Juga  11 Contoh Desain Model Pagar Rumah Minimalis Modern

2. Fasad yang Bisa Memberikan Kesan Luas

Sama-sama type 30 tapi rumah ini tampak sedikit lebih modern karena desain pintu yang tidak terlihat langsung dari bagian depan dan model jendela memanjang khas masa kini. 

Fasad ini paling banyak ditemukan di komplek perumahan karena pada gambar di atas terlihat jelas bahwa tembok rumah menyatu dengan tetangga. Namun fasad ini juga bisa diterapkan pada rumah-rumah non perumahan jika Anda ingin mencoba. 

Rumah type 30 ini terlihat lebih luas jika dibanding fasad sebelumnya karena didominasi dengan warna putih pada bagian dinding. Menariknya, dinding di sebelah kanan dibuat lebih alami dengan tampilan seperti bata-bata putih yang membuatnya menyatu sempurna dengan taman kecil tepat di depannya.

3. Rumah dengan Taman

Fasad rumah dengan bentuk atap yang unik ini juga bisa dicoba untuk membuat kesan rumah yang lebih kekinian. Tata letak dan desain jendela serta pintu juga tampak tidak biasa dan semakin indah dengan halaman depan yang sepenuhnya dimanfaatkan sebagai taman. 

Hal ini memberikan tampilan asri dan segar pada rumah terlebih jika lokasi rumah ada di pusat kota yang biasanya penuh polusi. 

Dibuat tanpa pagar memuat halaman rumah ini terkesan luas namun kekurangannya adalah tidak ada area untuk parkir mobil. Jadi rumah ini lebih cocok untuk pemilik rumah yang memiliki kendaraan roda dua.

4. Fasad Unik dengan Dua Atap Segitiga

Dua atap segitiga pada rumah type 30 ini membuat tampilan yang benar-benar unik dan pasti terlihat menonjol di antara tetangga. 

Kesan mungil masih terasa dari fasad ini bahkan dari depan tampak sesak karena rumah diberi pagar dengan motif penuh namun pagar ini memberikan privasi kepada sang pemilik. Kanopi juga terlihat mengisi salah satu bagian depan rumah yang bisa dijadikan area parkir kendaraan.

Baca Juga  Toko Bangunan Solo Online Terbaik Berkualitas

5. Fasad Unik dengan Atap Miring

Ingin tampilan yang lebih unik lagi? Maka rumah dengan atap miring seperti ini bisa dicoba. Fasad rumah ini benar-benar tampak tidak biasa dan uniknya lagi kesan kecil tidak terasa. 

Salah satu alasannya karena rumah ini memiliki garis yang tegas di bagian atap dan sisi kanan kiri tembok, jadi bukan atap genteng segitiga atau bahkan beberapa atap bertumpuk yang bisa memberikan kesan penuh pada fasad. 

Meskipun modern, rumah ini juga tampak hangat karena elemen kayu yang terlihat pada bagian dinding, balkon, serta atap. Sementara bagian dinding depan dan pintu sepenuhnya menggunakan kaca.

6. Rumah Type 30 2 Lantai

Beralih ke rumah mungil dua lantai, salah satu fasad yang bisa dicoba adalah gambar di atas. Sisa lahan di bagian depan bisa dijadikan taman dan area parkir kendaraan, lalu pada sisi kanan kiri diberi pagar agar tidak menyatu dengan tetangga.

Didominasi dengan warna gelap seperti coklat tua dan hitam, rumah ini terlihat gagah meskipun tidak besar dan model balkonnya unik karena menggunakan pembatas kayu garis-garis yang dikombinasikan dengan bentuk balkon secara keseluruhan adalah kotak.

7. Fasad Industrial 2 Lantai

Gaya arsitektur industrial juga bisa bisa diaplikasikan pada rumah mungil bertipe 30 seperti gambar di atas. Rumah dua lantai ini menggunakan dinding beton ekspos yang dipadukan dengan tanaman tropis dan elemen besi pada bagian pagar berwarna hitam yang membuat kesan industrial sangat terasa. 

Desain dari balkonnya sendiri sangat unik begitu juga dengan dinding pada lantai dasar. Bagian pintu utama bahkan tidak tampak dari luar karena dibuat tersembunyi menghadap ke sisi kanan.

8. Fasad Sederhana Namun Modern dan Nyaman 

Desain rumah type 30 ini terlihat sederhana tapi terasa nyaman dan aman karena ditambah pagar di halaman depan dan ada tembok pembatas dengan halaman tetangga.

Baca Juga  12 Inspirasi Model Pagar Bambu Simple Minimalis Modern Unik

Desain pagar yang tidak terlalu tinggi dan dengan model tidak rumit hanya berupa garis-garis vertikal membuat tampilan rumah tidak penuh dari depan. Desain atap rumah ini terbagi menjadi dua membuat kesan rumah yang besar padahal berukuran kecil. 

Jendela kaca juga terlihat di bagian depan yang memberikan kesan luas terlebih karena penggunaan warna putih di seluruh dinding depan. Pada sisi kiri terlihat ada teras mungil sedangkan lahan di sisi kanan dimanfaatkan sebagai area hijau untuk menambah kesan asri dan segar.

9. Atap Segitiga Bersusun dengan Batu Ekspos 

Desain atap modern yang unik pada rumah ini terlihat cukup kontras dengan area hijau di taman depan, rumput yang membentang di depan pagar, dan dinding batu ekspos berwarna natural. Namun, semuanya tampak menyatu dengan indah. 

Fasad rumah type 30 yang satu ini akan cocok untuk lingkungan pedesaan tapi juga ideal untuk perkotaan karena kesan asri pada rumah langsung terasa.

10. Fasad Gaya Farmhouse

Rumah bergaya pedesaan seperti tema farmhouse bisa diaplikasikan jika Anda ingin nuansa yang lebih sederhana namun tetap mempesona. Rumah dua lantai ini memiliki lantai dasar yang lebih besar dari lantai atas dan bagian atas dibuat tanpa balkon. Kombinasi dua bangunan ini tampak unik. 

Bagian dinding rumah tampak menggunakan papan kayu berwarna putih yang bisa memberikan kesan luas. Terdapat dua jendela dan satu pintu kayu yang dikombinasikan dengan kaca, lalu terlihat ada beberapa tiang seperti rumah-rumah adat.

Kunjungi https://tokban.com/blog/ jika ingin mendapat lebih banyak inspirasi desain rumah type 30 atau tipe lainnya. Ada juga inspirasi tata ruang, desain kamar, model keramik untuk teras modern, informasi seputar berbagai rumah adat di Indonesia, dan banyak lagi.