Untuk tinggal pada sebuah hunian yang nyaman tidak harus selalu menggunakan lahan yang luas. Mengapa demikian? Karena walaupun dengan ukuran yang mungil tetapi rumah sudah bisa memberikan rasa nyaman bagi penghuninya. Butuh inspirasi rumah type 40 yang estetik dan kekinian?

Sebenarnya ada banyak sekali rumah type 40 minimalis modern yang saat ini banyak ditemui di kawasan perumahan mewah. Tidak hanya mempertimbangkan penataan ruangan yang memadai, namun desain hunian type 40 berikut ini juga sangat mengutamakan kenyamanan para penghuninya. 

Rekomendasi Rumah Type 40 yang Minimalis dan Kekinian

Hunian minimalis modern type 40 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hunian type 36. Umumnya hunian type 36 hanya terdiri atas 1 kamar mandi, 2 kamar, dan memiliki ruang tengah yang agak luas. Dengan luasan kamar sekitar 3×3 meter, hunian ini sangat cocok digunakan untuk 4 anggota keluarga. 

1. Hunian Type 40 Bergaya Millennial

Merasa bosan dengan bangunan rumah bergaya klasik? Denah rumah type 40 ini mungkin bisa menjadi rekomendasi terbaiknya. Desain rumah memang sengaja dirancang untuk kaum millenial oleh sebab itu, tampilannya bisa terlihat trendy dan kekinian pastinya. 

Walaupun dibangun pada luasan lahan yang kecil, namun hunian ini sudah cocok digunakan sebagai tempat tinggal keluarga yang terdiri atas orang tua dan 1 anak saja. Mengapa demikian? Karena bangunan dirancang hanya memiliki 1 kamar tidur. 

Bagian lainnya dalam rumah tersebut terdiri atas ruangan keluarga yang dijadikan satu dengan meja makan, dapur, kamar mandi, dan ruang kerja. Pada bagian depan rumah dibuat teras minimalis berbentuk persegi panjang yang muat dengan furnitur kursi dan meja tamu. 

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Type 32 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

2. Rumah Type 40 Trendy Dengan Arsitektur Modern

Ketika Anda mengunjungi kawasan perumahan baru, tentunya sering kali menemui hunian minimalis dengan luasan lahan sekitar 40 m2 atau sekitar 16×12 meter. Tempat tinggal dengan konsep vintage modern ini mengangkat kerapian dalam peletakan space ruang dan halaman. 

Dengan luasan rumah sekitar 16×12 meter tersebut, Anda bisa membuat tempat tinggal yang terdiri atas fasilitas bagasi untuk satu mobil. Bagian sampingnya dibangun halaman rumput dan tanjakan semen datar sebagai akses keluar masuk pintu depan rumah tersebut. 

Rumah type 40 minimalis modern ini terdiri atas 2 kamar dengan ukuran yang cukup luas, sehingga bisa memuat furnitur single bed, lemari, dan meja peralatan untuk kedua sisinya. Ada kamar mandi yang letaknya di tengah-tengah kamar tidur berfungsi sebagai sekat. 

Bagian lainnya dalam bangunan rumah dilengkapi dengan meja makan dan ruang tamu yang dibuat jadi satu tanpa ada sekat pembatas. Bagian belakang rumah diberi halaman kecil berumput sebagai ruang terbuka, agar penghuni rumah tidak pengap saat masak di dapur.

3. Perumahan Kavling Type 40 

Developer Real Estate biasanya memanfaatkan luasan lahan yang minimalis untuk membangun model rumah kavling type 40. Ukuran rumah type 40 dengan luasan lahan 72 m2 dibangun fasilitas 2 kamar tidur berukuran 3×3, 1 kamar mandi, dapur, ruang makan, dan ruang tamu. 

Bagian depan rumah dibangun halaman kecil berbentuk persegi, kemudian sampingnya dimanfaatkan sebagai carport. Ketika memasuki pintu rumah, Anda akan menemui ruang tamu yang digabung dengan meja makan tanpa sekat apapun. 

Tujuan membuat ruang tamu menjadi satu dengan ruang makan yaitu untuk menciptakan kesan lapang, sehingga keluarga bisa melakukan aktivitas bersama-sama di ruang tersebut. Untuk kamar tidur menggunakan single bad, dimana bisa memuat furniture lemari baju dan meja belajar. 

Baca Juga  4 Desain Model Pintu Kamar Minimalis Keren

Hunian model kavling type 40 memang tidak memungkinkan area yang luas untuk bermain dalam rumah, oleh sebab itu sisakan spot halaman rumah yang memadai. Bagian depan halaman samping carspot bisa digunakan teras santai berukuran kecil dan tempat menjemur pakaian.

4. Hunian Type 40 Dengan Lantai Keramik

Denah rumah terdiri atas carport berbentuk L, halaman depan, halaman belakang, ruang tamu, kamar mandi, dan 2 kamar tidur. Pemilik rumah bisa memanfaatkan space yang cukup luas dekat kamar mandi untuk dijadikan dapur, namun akan lebih baik dilengkapi dengan pembatas ya!

Bangunan ini dirancang dengan kamar yang cukup luas, sehingga bisa memuat tempat tidur berukuran besar, meja penyimpanan, meja belajar, dan lemari pakaian. Untuk mempercantik desain interior rumah, maka Anda bisa menggunakan pondasi batu kali. 

Untuk bagian dindingnya bisa memanfaatkan material batu bata merah, kemudian lantainya menggunakan keramik ukuran 40×40 cm. Depan ruang tamu akan lebih serasi menggunakan kusen aluminium dengan kaca ukuran 5 mm supaya bisa melihat tamu yang keluar masuk rumah.

5. Rumah Type 40 Desain Joglo

Bangunan berukuran 6mx12m, jadi bisa dikatakan masuk dalam hunian type 40. Bangunan terdiri atas fasilitas yang lengkap mulai dari carport, halaman depan, teras, ruang tamu, 2 kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, dan dapur. Apa yang menarik dari desain Joglo type 40 ini?

Layout ruangan dalam bangunan ini dirancang dengan pencahayaan dan penghawaaan yang cukup baik. Maka dari itu, bagian depan dan belakang rumah memang sengaja dibuat halaman taman yang dipenuhi tumbuhan hijau dan tanaman hias yang cantik. 

Bangunan dirancang dengan teras cantik dari keramik yang ukurannya cukup luas, sehingga bisa digunakan untuk menerima tamu dengan kondisi yang lebih nyaman. Walaupun dengan kondisi lahan terbatas, namun bangunan ini sudah sangat memaksimalkan ruang secara optimal. 

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Bagus Untuk Hunian Idaman Beserta Tipsnya

Mengapa bagian ruang makan dan ruang keluarga dibuat jadi satu? Tujuan keduanya diletakkan dalam satu zona yaitu agar penghuni bisa merasakan kesan lebih lega. Ketika menuju arah ke taman belakang lebih baik menggunakan pintu geser dari kaca agar cahaya lebih mudah masuk.

6. Desain Rumah Gaya Sawangan Type 40

Jika dilihat dari atas, konsep rumah type 40 ini mirip sekali seperti anak tangga. Akan tetapi, bagian penataan ruangannya memang dibuat eksklusif agar tidak sempit. Fasilitas yang terdapat dalam bangunan terdiri atas 2 kamar tidur yang dipisahkan dengan kamar mandi. 

Bangunan bagian dalam rumah terdiri atas bagian 1, bagian 2, dan bagian 3. Bagian 1 dengan ukuran paling kecil dimanfaatkan sebagai dapur. Bagian 2 sebagai ruang tamu berbentuk persegi panjang yang terlihat lebih luas dibandingkan dengan ruangan lainnya. 

Ruang tamu memang dirancang dengan ukuran yang luas sehingga lebih nyaman digunakan untuk kumpul keluarga dan tempat bermain anak-anak. Sedangkan pada bagian 3-nya terdiri atas 2 kamar tidur dan kamar mandi, sesuai dengan penjelasan sebelumnya. 

Sisa lahan yang masih tersedia bisa digunakan untuk halaman depan dan halaman belakang. Bagian halaman belakang yang luas bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga pagi, yoga, dan tempat bermain anak-anak saat berada di luar rumah.

Rumah type 40 sangat cocok ditempati untuk keluarga kecil yang umumnya terdiri atas kamar utama, kamar anak, dapur minimalis, ruang tamu, dan teras. Jika membutuhkan peralatan bangunan rumah yang murah dan berkualitas, bisa langsung membelinya lewat https://tokban.com/.