Salah satu desain rumah modern yang kini banyak diminati adalah rumah type 42 dengan konsep minimalis modern. Tampilan hunian seperti ini memang akan menimbulkan kesan sederhana, tetapi tetap terlihat elegan di bagian luar maupun dalam rumah.

Selain itu, desain rumah type 42 juga bisa menjadi solusi terbaik untuk membangun rumah di atas tanah yang luasnya terbatas. Tata letak ruangan dalam denah rumah minimalis modern pun dapat dibangun dengan berbagai desain sesuai kebutuhan agar terkesan lebih luas.

Inspirasi Rumah Type 42 Minimalis Modern

Hunian dengan type 42 artinya bangunan rumah tersebut memiliki ukuran seluas 42 m2. Rumah dengan type tersebut dapat dibangun di atas tanah dengan luas berapa saja tergantung ketersediaan lahan. Hunian type 42 termasuk rumah yang tidak terlalu sempit maupun besar.

Seperti apa hunian type 42 yang dibangun dengan konsep minimalis modern? Berikut ini beberapa rekomendasi inspirasi tampilan depan hunian type 42 beserta dengan denah bagian dalam rumahnya, yaitu:

1. Hunian Type 42 Modern Minimalis Dikelilingi Taman Kecil

Hunian dengan type 42 dapat dibangun dengan tampilan minimalis modern menggunakan kombinasi warna abu-abu dan putih. Bagian depan rumah dapat dihiasi dengan dinding abu-abu gelap bertekstur khas rumah modern minimalis.

Selain itu, tambahan ornamen lampu berbentuk persegi panjang di dinding depan rumah juga akan menambah kesan modern minimalis. Sementara itu, pagar rumah berwarna putih dengan desain sederhana juga bisa membuat rumah tampak lebih elegan.

Baca Juga  7+ Inspirasi Motif Warna Cat Hijau Pastel Untuk Interior Rumah

Rumah berukuran  42 m2 dapat dilengkapi dengan dua kamar tidur. Kamar mandi terletak di antara dua kamar tidur agar lebih mudah dijangkau oleh semua penghuni rumah. Ruangan di depan dapat dijadikan sebagai ruang tamu atau ruang keluarga.

Sementara itu, bagian ruang belakang rumah dapat difungsikan sebagai ruang makan dan dapur. Ukuran ruang makan yang cukup luas dapat ditambahkan meja makan persegi dengan kapasitas 4 orang. Jangan lupa pilih desain kitchen set dan meja makan minimalis modern.

Selain terkesan modern minimalis, desain rumah yang satu ini juga hadir konsep green house. Taman pada bagian belakang dan samping kanan kini rumah membuat hunian ini sangat asri dan sejuk. Pada bagian depan tidak lupa ditanami bunga agar rumah terlihat lebih fresh.

2. Hunian Type 42 Modern Minimalis dengan Halaman Luas

Bangunan hunian type 42 yang satu ini didesain dengan tampilan modern minimalis di atas tanah seluas 120 m2. Kombinasi warna merah bata dengan warna putih dan abu-abu membuat rumah tampak modern dan juga elegan.

Selain itu, ornamen berwarna putih garis-garis di bagian atas teras juga menimbulkan kesan modern minimalis. Penambahan kaca di bagian atas bangunan membuat tampilan rumah juga lebih menarik. Selain itu, kaca ini juga sangat membantu memberikan pencahayaan yang baik di bagian dalam rumah.

Salah satu ciri khas rumah modern minimalis adalah memiliki desain dengan bagian langit-langit tinggi di bagian dalamnya seperti desain rumah yang satu ini. Desain seperti ini dapat dilihat dari bagian luar maupun dalam rumah.

Ukuran rumah type 42 yang tidak terlalu kecil dapat dibangun dua kamar tidur di dalamnya. Satu kamar tidur di bagian depan rumah, sehingga dapat melihat taman depan. Sementara kamar tidur lainnya berada di bagian belakang rumah dengan jendela menghadap taman belakang.

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Tipe 46 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

Satu kamar mandi dapat dibangun di antara dua kamar tidur. Selain itu. Dapur minimalis dapat dibuat pada bagian samping rumah berhadapan dengan taman belakang maupun garasi. Ruang tengah rumah dapat dijadikan sebagai tempat makan keluarga dengan meja makan kapasitas 4 orang.

Pada ruangan depan rumah dibalik pintu masuk utama dapat difungsikan sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga untuk menonton televisi.

Bagian bidang tanah yang tersisa cukup luas dapat dijadikan sebagai taman di belakang rumah. Taman yang dibangun cukup luas dapat berfungsi sebagai taman bermain anak, tempat menjemur pakaian, atau difungsikan untuk berbagai keperluan lainnya.

Sementara itu bidang tanah yang tersisa di bagian depan rumah dapat dibagi menjadi dua fungsi. Sepetak tanah untuk taman depan yang bisa mempercantik tampilan hunian. Sementara sepetak tanah sisanya dapat dijadikan sebagai garasi atau ruang parkir kendaraan.

3. Hunian Type 42 Nyaman dan Luas

Inspirasi desain dan denah rumah type 42 lainnya dapat dibuat seperti desain yang satu ini. Rumah ini dibangun dengan konsep modern minimalis. Desain modern minimalis dapat terlihat dari desain atap bangunan yang dibuat sedikit bertingkat.

Selain itu, penggunaan ornamen batuan abu-abu pada tiang teras rumah juga menjadi salah satu ciri khas rumah desain modern minimalis. Tambahan dua tiang persegi panjang di bagian teras rumah juga membuat hunian ini terkesan estetik.

Desain hunian type 42 ini sangat cocok untuk penghuni rumah yang ingin rumahnya terlihat asri dan segar. Pada bagian depan rumah dapat dibangun taman kecil dengan berbagai jenis tanaman maupun bunga. 

Sementara itu, bagian samping mengarah ke belakang rumah juga dapat dijadikan sebagai taman kecil. Bentuk taman tersebut dapat dibuat menyerupai huruf L.

Baca Juga  11 Inspirasi Desain Sekat Ruangan Minimalis Modern Unik dan Kreatif

Sama seperti hunian type 42 lainnya, desain rumah ini dilengkapi dengan dua kamar tidur yang bersebelahan. Satu kamar tidur dengan ukuran lebih luas dapat dijadikan sebagai kamar tidur orang tua. Sementara kamar tidur yang lebih kecil dapat dijadikan sebagai kamar tidur anak.

Pada bagian ruang depan setelah teras dapat difungsikan sebagai ruang tamu yang cukup luas. Sementara itu, di bagian tengah rumah dapat difungsikan sebagai ruang keluarga yang bersebelahan dengan kamar mandi serta dapur.

Pada bagian belakang rumah dapat dibuat teras kecil untuk bersantai. Selain itu, bagian belakang rumah juga dapat difungsikan sebagai tempat cuci dan tempat jemur.

4. Hunian Type 42/ 104 Modern Minimalis Cocok untuk Keluarga

Desain rumah yang satu ini juga memiliki konsep modern minimalis dengan langit-langit yang tinggi. Penggunaan ornamen batuan dan desain hiasan kotak-kotak menambah kesan modern minimalis. Selain itu pemilihan jendela kotak-kota seperti ini membuat rumah terkesan lebih elegan.

Hunian type 42 dibangun di atas tanah seluas 104 m2, sehingga memiliki cukup ruang tersisa untuk dibangun sebagai taman depan maupun taman belakang rumah serta tempat parkir kendaraan. Sementara itu, ruangan depan utama dapat dijadikan sebagai ruang keluarga sekaligus ruang tamu.

Hunian ini dilengkapi dengan dua kamar tidur yang saling berdampingan. Sementara itu dapur minimalis dapat dibangun di bagian belakang samping rumah dekat dengan kamar mandi. Di bagian tengah belakang dapat dimanfaatkan untuk meletakkan meja makan minimalis dengan kapasitas 4 orang.

Rumah type 42 kekinian dapat dibangun dengan menggunakan konsep desain minimalis modern. Jika ingin membangun rumah seperti ini, maka pastikan untuk menggunakan bahan bangunan berkualitas. Sebaiknya beli bahan bangunan berkualitas dengan harga terjangkau hanya di https://tokban.com.