Salah satu kendala yang paling sering dirasakan oleh pemilik rumah minimalis adalah terbatasnya ruangan yang tersedia di dalamnya. Padahal penambahan anggota keluarga menuntut banyaknya ruangan. Untuk mengatasinya, dibutuhkan sekat ruangan berkualitas yang sesuai dengan bentuk ruangannya. 

Dengan alternatif ini, pemilik rumah bisa menghemat biaya karena tidak perlu membangun dinding tembok sebagai pembatasnya. Selain itu, sekat khusus ruangan sifatnya juga fleksibel sehingga bisa dipasang atau dilepas sesuai kebutuhan. 

Desain Sekat Ruangan Minimalis 

Desain pembatas ruangan tipe minimalis memiliki keunggulan dari bentuknya yang bisa disesuaikan dengan segala kondisi, baik pada ruangan luas maupun sempit. Selain itu, sekat minimalis juga terlihat lebih simpel tanpa menghabiskan banyak ruangan. Berikut beberapa desain partisi ruangan minimalis yang patut dicoba. 

1. Natural dengan Sekat Kayu Lipat

Kalau suka dengan desain rumah yang natural, partisi satu ini bisa diaplikasikan dalam ruangan. Dengan menggunakan bahan kayu berkualitas, sekat didesain dengan model bisa dilipat.

Ini sangat memudahkan dalam aplikasinya. Ketika tidak dibutuhkan, sekat cukup dilipat sesuai keinginan. Sebaliknya saat ingin membatasi ruangan agar lebih tertutup dan privasi, sekat bisa ditarik agar menutup sempurna.

2. Partisi Lipat Ala Jepang

Penggemar anime pasti mengenal sekat yang satu ini. Biasanya dijadikan pembatas oleh masyarakat Jepang yang sebagian besar menggunakan konsep hidup minimalis. Sekat ini memiliki keunggulan dari bentuknya yang simpel, aplikasinya yang mudah, serta warnanya yang mampu ditembus cahaya.

Baca Juga  13 Desain Model Wastafel Kamar Mandi Minimalis Terbaik

Sekat ini cocok dijadikan pembatas pada ruangan yang sifatnya privasi. Tidak perlu khawatir area yang dibatasi menjadi gelap karena material yang digunakan mudah ditembus cahaya. 

Aplikasi partisi ini juga dilipat seperti pintu lipat pada umumnya. Jadi saat ingin membukanya, cukup dengan melipatnya tanpa perlu memindahkan ke tempat lain. 

3. Minimalis Mewah dengan Sekat Berukir

Sekat minimalis bukan berarti tidak bisa terlihat mewah. Ruangan kecil yang dibatasi dengan partisi bisa saja terlihat mewah dengan memilih partisi yang tepat. Salah satu alternatif partisi ruangan agar terlihat lebih mewah adalah menggunakan bahan kayu berukir.

Perpaduan warna asli kayu yang hangat dan natural sudah sangat mendukung kesan mewah yang ingin diciptakan. Terlebih dengan adanya ukiran pada seluruh bagian pembatas dan menyisakan beberapa lubang agar bisa ditembus cahaya. 

Meski begitu, warna kayu yang hangat lebih cocok dipadukan pada ruangan yang identik dengan warna netral seperti putih. Dengan begitu tampilannya lebih elegan dan tidak terlihat kontras dari kejauhan. 

4. Semi Privasi dengan Partisi Dua Pintu

Sekat ruangan atau partisi minimalis biasanya memiliki kelemahan dari kemudahannya dibuka dan ditutup. Meski fleksibel, sebagian orang justru kurang suka karena privasi ruangan yang dibatasi jadi tidak terjaga.

Sebagai solusinya, inspirasi desain sekat yang satu ini bisa diterapkan. Menggunakan bahan kayu dan diberi rongga agar cahaya bisa masuk. Walaupun terbuka dan beberapa area di dalam bisa terlihat, tetap saja orang tidak bisa sembarangan masuk.

Adanya dua pintu yang bisa dikunci bisa membantu penggunanya untuk memperketat ruangan yang dibatasi. Bisa mengunci saat tidak ingin ada sembarang orang masuk ke dalamnya. Tapi bisa juga dibuka saat orang yang ada dalam ruangan mengizinkan dan membuka kuncinya.  

5. Lebih Estetis Menggunakan Sekat Rangka Kayu

Tidak semua orang memasang sekat pada ruangan dengan tujuan membatasi area yang satu dengan lainnya. Beberapa kalangan sengaja menggunakan partisi ruangan sekadar untuk memperindah desain interior dalam rumah.

Baca Juga  12 Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis Modern Sederhana Terbaik

Kalau tujuan utamanya untuk menambah nilai estetika ruangan, maka sekat rangka kayu berongga lebih cocok digunakan.  Warnanya yang natural serta kerangkanya yang kokoh dan mudah dibentuk membuat tampilan rumah lebih elegan. 

Pada beberapa jenis sekat kerangka kayu juga ada yang bisa difungsikan sebagai rak, sehingga berbagai hiasan seperti pot dan guci bisa diletakkan pada rak partisi tersebut. 

6. Sekat Model Roller Blind Horizontal

Sekilas partisi ruangan ini lebih terlihat seperti roller blind horizontal yang banyak ditemukan di area kantor. Hanya saja dengan ukurannya yang besar, orang bisa langsung tahu bahwa ini adalah sekat ruangan yang didesain dengan model roller blind.

Untuk membatasi ruangan dengan tampilan yang lebih sederhana, partisi model roller blind sangat menarik untuk diaplikasikan. Pasalnya bentuknya sangat simpel, tipis, dan tidak memakan banyak ruangan. Sifatnya juga netral sehingga bisa dipakai untuk semua jenis ruangan. 

Aksen garis horizontal pada partisi ini juga bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan lebar. Jadi tidak perlu khawatir ruangan terlihat lebih sesak setelah pemasangan sekat pada ruangan tertentu. 

7. Sekat Ruangan Minimalis Modern

Desain ruangan yang modern biasanya lebih disukai oleh pasangan muda dalam mendekorasi rumah. Tentu saja dekorasi ini juga bisa didukung dengan pemilihan partisi ruangan yang  minimalis tapi tetap modern.

Bentuk pembatas yang sangat tipis dengan model garis bergelombang seperti partisi di atas sangat mendukung tampilan rumah modern. Penggunaannya juga sangat cocok untuk rumah modern yang didominasi oleh kaca dan cermin.

Jadi rumah kaca tidak harus memilih partisi kaca juga di dalam ruangannya. Penggunaan bahan lain juga diperlukan untuk menghindari kesan monoton. 

8. Sekat Full Color Plastik

Pembatas ruangan yang minimalis tidak harus menggunakan warna-warna netral. Tidak ada salahnya untuk menggunakan warna cerah yang lebih berani sebagai pembatas di ruangan minimalis. Dalam satu partisi, bisa terdiri dari dua atau tiga warna cerah.

Baca Juga  14 Motif Keramik Dapur Minimalis Terbaik Untuk Mempercantik Rumah

Untuk menghindari kesan sesak, gunakan bahan tipis agar bisa ditembus cahaya. Misalnya menggunakan partisi plastik  berbagai warna yang dipadukan menjadi beberapa petak. Ruangan akan tetap terlihat luas dan lebih segar. 

9 Sekat Motif Polkadot

Sekat polkadot atau lubang-lubang di bagian tengahnya bisa memberikan kesan ruangan yang lebih ceria. Biasanya sekat ini menggunakan bahan plastik atau GRC yang lebih kuat karena sifatnya tetap dan tidak cocok untuk dibuka tutup. 

10 Tirai Transparan Sebagai Sekat yang Anggun

Kalau ingin menghemat biaya, pembatas ruangan juga bisa menggunakan tirai transparan yang elegan. Sayangnya sekat ini lebih cocok untuk membatasi ruangan yang sifatnya tidak privasi, karena sangat mudah dibuka dan ditutup. 

Pemilihan sekat dengan tirai transparan bisa membuat ruangan terlihat lebih anggun. Tapi untuk ruangan yang terlalu luas, sekat tirai kurang cocok digunakan. 

11 Sekat Model Lemari

Penggunaan lemari sebagai sekat atau partisi ruangan sebenarnya sudah dikenal sejak dulu. Namun model lemari baju pada umumnya yang dipakai sekat akan sangat memenuhi ruangan sehingga tidak cocok untuk rumah minimalis.

Namun kesan itu bisa dihindari dengan menggunakan lemari yang lebih tipis dan memiliki banyak rongga. Dengan begitu, cahaya bisa tetap menembus rongga tersebut walaupun sudah ditutupi oleh lemari. Ruangan juga bisa dibagi menjadi dua bagian yang bisa digunakan untuk fungsi berbeda. 

Dengan adanya berbagai variasi sekat, semua model ruangan bisa diaplikasikan dengan partisi. Namun pastikan untuk memilih perlengkapan pendukung yang tepat agar pemasangannya berfungsi dengan baik. Jika ingin beli perlengkapan untuk sekat ruangan minimalis terbaik dan berkualitas, kunjungi Tokban.com.