Tipe rumah dibedakan berdasarkan jenisnya seperti rumah sederhana, rumah mewah, dan juga menengah. Selain itu, juga dibedakan berdasarkan luasan seperti tipe 36, 45, 90, dan lain sebagainya. Hal ini biasanya banyak dibangun pada daerah padat penduduk yang membutuhkan hunian.

Jika ingin membeli rumah, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu tipe perumahan seperti apa yang diinginkan. Tentunya penting untuk menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai melebihi kemampuan karena akan berdampak negatif bagi pemiliknya.

Tipe Rumah Berdasarkan Tingkat Kemewahannya

Ada 3 jenis atau tipe hunian berdasarkan tingkat kemewahannya. Hal ini butuh penyesuain dari pembeli atau pemilik dengan kondisi keuangannya masing-masing. Jangan memaksakan membeli rumah mewah apabila belum merasa mampu untuk membeli ataupun mencicil.

1. Rumah Sederhana

Tipe perumahan sederhana memang dirancang untuk fungsionalitasnya sebagai satu bentuk hunian bagi keluarga. Untuk itu, rumah ini banyak sekali diburu oleh masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah.

Pemerintah juga telah meluncurkan berbagai program rumah sederhana dan subsidi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perumahan yang layak. Kondisinya juga susah sesuai dengan standar dan juga kelayakan termasuk kesehatan sanitasi di dalamnya.

2. Rumah Menengah

Rumah ini banyak dicari oleh orang-orang yang memiliki penghasilan menengah. Harga rumah ini sekitar Rp400-800 juta per unitnya. Luasannya juga beragam tergantung kepada developer yang mengembangkan perumahan tersebut.

Selain itu, rumah ini dapat dikreasikan menjadi hunian 2 lantai dengan kondisi tampilan yang menarik dan unik. Beberapa tipe rumah menengah memiliki luasan yang cukup leluasa yakni 90-120 m2. Kebanyakan orang Indonesia tinggal dan lebih menyukai tipe dari rumah sederhana karena alasan budget.

Baca Juga  7 Kombinasi Warna Cat Rumah Sederhana dan Minimalis

3. Rumah Mewah

Ada berbagai jenis kriteria rumah mewah salah satunya adalah memiliki luasan lebih dari 300 meter persegi. Untuk memaksimalkan desain rumah mewah pada lahan yang sempit, maka dapat membuat hunian 2 lantai dengan spesifikasi material kualitas terbaik.

Banyak orang yang memiliki dana atau gaya hidup yang tinggi memilih tinggal di rumah mewah karena kebanggan dan kenyamanan tersendiri di dalam rumah. Harga jualnya juga biasanya dibanderol hingga 6 kali lipat dari rumah sederhana dan menengah.

Macam-Macam Tipe Rumah Berdasarkan Luasannya

Setiap rumah tentunya memiliki spesifikasi luasan lahan dan juga bangunan. Untuk beberapa perumahan yang dikembangkan oleh developer, hal ini sangat penting karena membagi jenis perumahan dapat menentukan harga jual kepada pembeli.

1. Tipe Perumahan 21/24

Rumah ini sangat mungil dan biasanya hanya memuat satu kamar tidur lengkap dengan kamar mandi. Dapur, ruang makan, ruang tamu, dan ruang keluarga menyatu dalam satu ruangan. Rumah ini tampak seperti kamar kos-kosan yang lengkap.

Bahkan tipe ini biasanya juga tidak dilengkapi dengan garasi untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4. Akan tetapi, tipe ini banyak digemari di kawasan perkotaan yang sebagian besar pemanfaatan untuk perumahan mandiri.

Hal ini disebabkan oleh sebagian orang tidak ingin tinggal di rumah kos dan merasa lebih leluasa ketika dapat mendiami rumah sendiri. Harga pasarannya sekitar Rp180-300 juta.

2. Tipe 36

Tipe perumahan ini biasanya dibangun diatas lahan sekitar 36 atau 40 m2. Biasanya bisa mendesain hingga 2 kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur yang menjadi satu dengan ruang keluarga. Bahkan desain tipe ini bisa mendapatkan satu carport untuk parkir kendaraan roda 4.

Baca Juga  9 Rekomendasi Merk Semen Terbaik dan Bagus di Indonesia

Biasanya tipe ini banyak dihuni oleh keluarga kecil yang memiliki satu anak. Disini tersedia 2 kamar tidur sehingga salah satu kamar dapat dimanfaatkan sebagai kamar tidur anak. Rumah tipe 36 itu ukuran berapa? Biasanya adalah sekitar 6×6 meter.

Akan tetapi, ada juga yang mendesain untuk mendapatkan satu kamar tidur, dan kamar lainnya dimanfaatkan sebagai ruang tamu. Harganya sekitar Rp300-400 juta.

3. Tipe 45

Tipe ini juga memiliki luasan yang sedikit lebih lebar daripada 2 tipe diatasnya. Ruangan yang didapatkan misalnya adalah 2 kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar mandi, dan juga satu dapur. Lengkap dengan carport dan juga taman kecil.

Perumahan ini termasuk tipe menengah dan banyak diburu oleh sebagian besar orang Indonesia yang ingin memiliki hunian di wilayah pinggiran kota. Harganya juga tergolong standar untuk tipe menengah yakni sekitar Rp500-700 juta-an. Ukurannya biasanya adalah sekitar 6×7 meter.

4. Tipe 60

Hunian dengan tipe ini cukup nyaman untuk keluarga yang memiliki 2 anak. Jumlah ruangan yang dapat dihasilkan adalah 2 kamar tidur dan biasanya mendapatkan satu kamar tidur ekstra untuk pembantu. Terlebih lagi jika ingin membuat rumah 2 lantai maka akan lebih banyak ruangan yang didapatkan.

Ruang luar berupa kebun atau halaman juga bisa didapatkan dengan lebih luas dan leluasa. Anda sebagai pemilik bisa berkebun di halaman rumah. Tipe perumahan ini termasuk ke dalam perumahan menengah dengan harga sekitar Rp600-800 juta.

Akan tetapi, hal ini juga tergantung kepada lokasi. Jika dekat dengan pusat kota, maka harganya akan semakin mahal. Begitu juga sebaliknya.

5. Tipe 70

Pada wilayah perkotaan, tipe rumah 70 ini sudah sangat populer dan cukup digemari karena luasannya yang cukup masuk akal untuk dipergunakan sebagai tempat tinggal. Huniannya tidak terlalu sempit, akan tetapi masih layak untuk dihuni.

Baca Juga  Daftar Harga Paving Block Per Meter Terbaru (2022)

Beberapa tipe-tipe perumahan ini muncul karena merespon lokasi lahan yang semakin sempit dan jumlah manusia yang terus berkembang. Oleh karena itu, manusia di wilayah padat penduduk harus berbagai lahan dengan yang lainnya.

Luasan ruangan yang didapatkan tidak terlalu jauh berbeda dengan tipe 60. Akan tetapi, harganya agak sedikit lebih mahal yaitu sekitar Rp700-900 juta.

6. Tipe 90

Tipe-tipe rumah dan harganya sangat bervariasi tergantung kepada luasan dan juga lokasi rumah. Salah satunya adalah tipe luasan 90 yang termasuk dalam kategori rumah menengah. Akan tetapi, sekarang ini kebanyakan masyarakat sudah kesulitan membeli tipe perumahan ini.

Harganya juga bersaing antara tipe 70 dan juga 90. Ruangan yang dapat diakomodir adalah 3 kamar tidur, lengkap dengan toilet, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan juga ruang makan.

Tipe ini memiliki harga sekitar Rp800 juta – Rp1 milyar. Harga yang cukup fantastis untuk rumah tipe 90 bila dibandingkan dengan pesaingnya lebih kecil.

7. Tipe 120

Tipe ini merupakan hunian yang paling besar biasanya dikembangkan oleh developer perumahan. Rumahnya juga sudah termasuk dalam tipe dari rumah mewah. Bangunan rumah tipe ini bahkan dapat menampung hingga 3-4 buah kamar tidur.

Terlebih lagi apabila Anda membangun atau membeli rumah tipe ini dengan 2 lantai. Meski begitu, ada beberapa orang yang mengkategorikan tipe ini sebagai perumahan menengah. Harganya sudah mencapai lebih dari 1 milyar.

Rumah ini juga lengkap dengan ruang tamu, ruang keluarga, carport, hingga kebun atau taman yang dapat dimanfaatkan dengan leluasa.

Beberapa tipe rumah yang berkembang di Indonesia memiliki spesifikasi yang berbeda tergantung kepada material yang digunakan. Jika ingin beli peralatan lengkap seputar bahan bangunan dengan harga murah, segera kunjungi Tokban.com.