Menentukan ukuran kitchen set ideal dapat dikatakan ‘gampang-gampang susah’. Walaupun terkesan sepele, tetapi jika salah sedikit saja dapat menyebabkan ketidaknyamanan ketika memasak. Oleh karena itu, penentuan ukurannya harus dipertimbangkan dengan benar.

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan ukuran kitchen set standar? Nah, untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan pada artikel ini. Supaya menambah pemahaman, baca terlebih dahulu tentang pengertian, fungsi, material, dan elemen-elemen pada kitchen set, ya.

Apa itu Kitchen Set?

Kitchen set adalah rangkaian lemari beserta mejanya yang terletak di dapur. Bahkan, kitchen menjadi elemen utama yang ada di dapur. Biasanya, dapur yang berada di rumah dilengkapi dengan kitchen set.

Kitchen set juga meliputi area meja bar di area dapur atau biasa disebut dengan kitchen island. Oleh karena itu, kitchen set juga dilengkapi pula dengan kursi bar.

  • Fungsi kitchen set

Kitchen set berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan menata alat makan dan alat masak. Tanpa adanya kitchen set, alat makan dan alat masak akan berantakan dan tersebar dimana-mana.

Selain alat makan dan alat masak, Anda juga bisa menyimpan dan meletakkan bahan dapur atau keperluan lain di dalam kitchen set.

Dengan adanya kitchen set, dapur menjadi lebih rapi dan tertata, sehingga akan memudahkan Anda ketika mencari suatu barang.

Kitchen set juga membantu peletakan komponen-komponen dapur dengan tepat. Komponen dapur yang dimaksud yaitu seperti kompor, rak pengering, oven, kulkas, dan lain-lain. Hal tersebut sangat penting agar aktivitas selama di dapur dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Type 100 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

Elemen-elemen pada Kitchen Set

  • Kabinet bawah atau meja kitchen set
  • Kabinet atas
  • Laci kitchen set
  • Bak cuci piring
  • Lemari sudut

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Mengukur Kitchen Set

Nah, setelah mengetahui apa itu kitchen set, fungsinya, serta elemen-elemen penyusunnya, sekarang kita akan membahas terkait hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan ukuran kitchen set.

Penasaran bukan? Yuk langsung saja baca pembahasan berikut ini.

  • Ukuran area kerja

Ukuran area kerja menjadi hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan ukuran kitchen set. Maksud dari area kerja yakni ruang bebas antara meja kitchen set dengan meja lainnya yang lokasinya berhadapan. Jarak ideal antara kedua meja berhadapan tersebut yaitu sekitar 80 – 115 cm.

Sedangkan, untuk jarak antara meja satu dengan meja lain yakni sekitar 120 cm. Dengan jarak tersebut, dapat memudahkan Anda saat menaruh atau mengambil barang yang ada di bagian bawah.

  • Tinggi kitchen set

Aktivitas di dapur biasanya dilakukan sambil berdiri, seperti memasak, mencuci piring, menyiapkan bumbu/bahan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, tinggi kitchen set harus dirancang sesuai dengan tinggi badan penggunanya.

Ketika ukuran kitchen set terlalu pendek, maka akan menyebabkan pegal akibat menunduk terus menerus. Sebaliknya, jika kitchen set terlalu tinggi, maka akan menyebabkan Anda kesulitan ketika ingin mengambil/meletakkan sesuatu.

Idealnya, kitchen set memiliki tinggi kurang lebih 85 cm sampai 110 cm. Namun, bisa juga disesuaikan seperti tinggi pinggul Anda.

  • Jarak antara meja kitchen set dengan kabinet atas

Seperti yang sudah disebutkan, kitchen set memiliki elemen yang bernama kabinet atas. Elemen inilah yang berfungsi untuk menyimpan peralatan makan, alat masak, serta bumbu-bumbu masakan. 

Jarak ideal antara meja dapur dengan kabinet yaitu 50 cm sampai 70 cm. Dengan jarak yang ideal yang pas, akan memudahkan Anda dalam mengakses kabinet atas.

  • Lebar meja kitchen set

Hal penting selanjutnya yang perlu dipertimbangkan saat mengukur kitchen set adalah lebar meja kitchen set atau kabinet bawah. Meja kitchen set berfungsi sebagai tempat untuk memasak, mencuci, menyiapkan/meracik bahan, dan lain sebagainya.

Baca Juga  13 Desain Model Wastafel Kamar Mandi Minimalis Terbaik

Lebar meja kitchen dua pintu yang ideal berkisar antara 50 – 70 cm, dengan panjangnya yaitu 60 – 150 cm. Sedangkan, tingginya berada pada 70 – 85 cm.

  • Lebar kabinet atas

Ukuran kitchen set bawah yang ideal yaitu memiliki lebar di antara 35 – 50 cm. Namun, perlu disesuaikan juga dengan banyaknya barang yang akan disimpan. Apabila Anda terbiasa menyimpan banyak barang di kabinet atas, maka buatlah kabinet atas dibuat se-lebar 50 cm.

Pastikan pula bahwa lebar kabinet atas tidak lebih dari lebar meja dapur atau kabinet bawah, supaya bisa meminimalisir risiko terbentur kabinet atas.

  • Ukuran laci

Buatlah ukuran laci sebesar 45 – 60 cm (lebar) dan ukuran lainnya mengikuti ukuran kitchen set HPL di meja kitchen set.

Pada meja kitchen atau kabinet bawah, biasanya terdapat lekukan yang menjorok ke dalam untuk tempat ujung kaki supaya nyaman ketika beraktivitas dan berdiri di depan countertop. Kedalaman yang ideal untuk lekukan ini yaitu 10 – 15 cm.  

  • Ukuran bak cuci piring atau kitchen sink

Jangan sampai tertinggal, pertimbangkan pula ukuran kitchen sink ketika mengukur kitchen set.

Beri space untuk kitchen sink, dengan lebar sekitar 80 – 90 cm. apabila menginginkan kabinet sudut bawah, buat panjang kedua sisi dalamnya kurang lebih 65 – 100 cm, dengan kedalaman dan tinggi yang sesuai dengan kabinet reguler pada kedua sisinya.

  • Tempat cooker hood

Saat ini, banyak dapur yang telah dilengkapi oleh cooker hood. Cooker hood berfungsi sebagai penyedot asap dan bau yang berasal dari dapur. Biasanya, cooker hood terletak di sebelah kabinet atas atau di bagian atas kompor.

Baca Juga  12 Kelebihan Dinding GRC Board Untuk Rumah Modern Minimalis

Oleh karena itu, ketika membuat ukuran kitchen set yang ideal, beri jarak untuk area cooker hood sekitar 50 – 70 cm dari kompor. Selain itu, pertimbangkan pula model cooker hood yang akan dipilih, supaya pemasangan tidak mengganggu ruang gerak.

  • Lemari sudut

Apabila mendambakan model kitchen set yang terdapat lemari kabinet sudut, maka beri tempat sebesar 65 – 100 cm untuk panjang lemari kabinet sudut. Untuk lebarnya, yaitu sekitar 85 – 100 cm (panjang) atau 60 – 65 cm (pendek), dengan tingginya mencapai 85 cm.

  • Kaki kitchen set

Supaya menambah kenyamanan ketika beraktivitas di dapur, sisakan sekitar 10 cm dari lantai sebagai area kaki untuk kitchen set. Area kaki tersebut dibuat untuk menghindari tabrakan antara jari kaki dengan kaki kitchen set.

  • Tentukan ukuran total kitchen set

Setelah semua bagian kitchen set sudah diketahui ukurannya, sekarang saatnya untuk menentukan ukuran total kitchen set. Untuk dapur besar, cukup sesuaikan ukuran kitchen set dengan kebutuhan, misalnya kitchen set dibuat 75% dari bidang dinding dan sisanya untuk hal lain.

Hal lain yang dimaksud yaitu seperti dekorasi, meja bar, lemari es, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk dapur kecil, ukurannya dapat dibuat memenuhi satu bidang dinding. Jika memerlukan kitchen set yang lebih besar, Anda bisa mendesain kitchen set seperti huruf L dengan memenuhi dua bidang dinding.

Berbicara terkait desain, jika Anda membutuhkan inspirasi ukuran kitchen set atau desain interior lainnya, langsung saja kunjungi situs Tokban.com/blog. Disana, terdapat inspirasi desain interior dengan lengkap yang bisa memberikan gambaran untuk desain rumah Anda.