Menurut Anda, bagaimana cara yang paling tepat dalam menentukan ukuran wastafel cuci piring untuk dapur? Sementara ukuran tempat cuci piring ada beragam. Bahkan masing-masing wastafel cuci piring pun memiliki jenis yang berbeda-beda berdasarkan jumlah baknya.

Wastafel cuci piring termasuk salah satu spot paling penting dalam sebuah hunian. Terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga. Pasalnya, dengan adanya wastafel, aktivitas dapur menjadi lebih mudah dan tentu saja higienis.

Macam Macam Ukuran Wastafel Cuci Piring

Panjang dan lebar wastafel cuci piring tentu bermacam-macam, hal ini karena harus ada penyesuaian dengan luas dapur dalam setiap rumah. Misalnya berikut ini:

1. Wastafel Cuci Piring Ukuran 50 x 40 cm

Ukuran bak cuci piring paling kecil adalah 50 x 40 cm. Dengan ukuran ini, rumah-rumah dengan dapur yang kecil bisa memuatnya. Namun, Anda tidak mendapatkan sayap wastafel. Bagian yang berfungsi sebagai tempat sementara alat-alat makan setelah Anda cuci. Jadi hanya ada satu lubang pencucian.

2. Wastafel Cuci Piring Ukuran 75 x 40 cm

Bila ukuran dapur Anda masuk kategori sedang, Anda bisa memakai wastafel ini. Terlebih, sudah ada tambahan satu sayap pendek. Meski tidak akan lebih besar daripada lubang cuciannya. Jadi setidaknya Anda masih bisa mencuci alat-alat makan bervolume sedang.

Baca Juga  Daftar Harga Lantai Kayu Terbaru, Lengkap dengan Kekurangan dan Kelebihan

3. Wastafel Cuci Piring Ukuran 96 x 43 cm

Wastafel cuci piring tipe ini tak jauh berbeda dari ukuran yang lebih kecil, yakni 1 bak 1 sayap. Hanya saja, ukurannya lebih panjang dan lebar. Jadi Anda bisa meletakkan beberapa piring kotor untuk sementara pada bagian sayapnya.

4. Wastafel Cuci Piring Ukuran 520 x 380 cm

Barulah ada tipe ini, dengan ukuran wastafel cuci piring yang paling besar. Lubang cuciannya bisa muat banyak. Bukan hanya alat-alat masak dan makan, sayur dan buah juga dapat Anda cuci dalam wastafel tipe ini. Gunakan wastafel cuci piring ukuran besar ini jika dapur Anda bertemakan minimalis modern.

Model dan Ukuran Wastafel Cuci Piring Bentuk Kabinet

Selain bentuk-bentuk standar, ada pula wastafel cuci piring yang jadi satu dengan kabinet. Jadi pada bagian bawah bak cuci, terdapat lemari kecil. Ukurannya pun beragam, antara lain:

1. Wastafel Kabinet Ukuran 45 cm

Bila kamar mandi rumah Anda berukuran 2×2 meter, Anda sudah bisa menggunakan wastafel kabinet dengan ukuran ini. Desainnya ramping, bisa Anda letakkan pada pojokan ruangan. Anda dapat menyesuaikan warnanya dengan kamar mandi agar lebih elegan.

2. Wastafel Kabinet Ukuran 50 x 40 x 80 cm

Sedikit lebih besar dari sebelumnya, ada wastafel kabinet dengan dimensi ini. Meski penggunaannya lebih efektif untuk cuci tangan, alih-alih cuci piring. Wastafel ini terdiri dari 1 bak single dengan kabinet kecil. Selain dapur atau kamar mandi, Anda bahkan dapat meletakkannya dalam ruang tamu.

3. Wastafel Kabinet Ukuran 70 x 46 x 82 cm

Dengan ukuran yang sedikit lebih besar, Anda juga bisa menempatkan tipe ini dalam kamar mandi 2×2 meter. Jadi kamar-kamar tempat tinggal dengan kamar mandi dalam bisa memanfaatkannya sebagai tempat cuci piring juga. Bagian baknya yang modern juga tidak menyulitkan untuk Anda bersihkan.

Baca Juga  Fasad Rumah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya!

4. Wastafel Kabinet 100 x 46 x 49 cm Bahan Kayu

Salah satu jenis dan model wastafel kabinet adalah yang berbahan kayu. Tipe ini juga bisa Anda gunakan dalam kamar mandi dengan ukuran yang lumayan luas. Terdapat rak tertutup dan dua laci terbuka pada kabinetnya yang bisa memuat alat-alat cuci maupun perlengkapan mandi.

5. Wastafel Kabinet Ukuran 120 x 45 x 48 cm

Sedikit lebih panjang dari tipe sebelumnya yang berbahan kayu, Anda dapat memilih wastafel tipe ini dengan warna yang lebih gelap. Bila Anda pribadi ingin menghindari kemungkinan wastafel kotor saat memilih warna putih. Sudah terdapat dua wastafel pada tipe ini, dengan sebanyak lima penyimpanan.

Jenis Wastafel Cuci Piring Berdasarkan Jumlah Bak

Macam macam wastafel cuci piring juga terbagi tiga menurut jumlah bak masing-masing. Banyaknya bak yang tersedia juga mendapat pengaruh dari ukuran tempat cuci piring itu sendiri, antara lain yaitu:

1. Bak Single atau Tunggal

Kebanyakan wastafel standar hanya punya satu bak tunggal. Bedanya terletak pada kedalaman satu bak dengan yang lainnya. Bak yang paling dalam bisa memuat banyak piring hingga alat-alat masak yang kotor. Bahkan masih bisa Anda gunakan pula untuk mencuci sayur dan buah-buahan.

2. Bak Double atau Ganda

Ukuran tempat cuci piring 2 lubang atau bak ini biasanya lebih besar ketimbang 1 bak. Daripada yang sebelumnya, Anda dapat memisahkan pencucian sayur dan buah-buahan dari bak cuci alat makan dan perlengkapan memasak.

3. Bak Triple

Beda lagi dengan ukuran wastafel cuci piring yang memiliki tiga bak. Fungsi masing-masingnya benar-benar untuk tiga keperluan yang berbeda. Satu bak untuk mencuci piring dan berbagai alat makan. Satu bak untuk membersihkan alat-alat masak. Satu bak lagi bisa Anda gunakan untuk buah dan sayuran.

Cara Memilih Ukuran Tempat Cuci Piring yang Ideal

Melihat pilihan ukuran dan jenis yang beragam, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat memilih wastafel cuci piring paling cocok:

Baca Juga  Cara Pasang Keramik Dinding yang Benar dan Rapi

1. Mempertimbangkan Ukuran Standar

Ukuran standar wastafel cuci piring lebarnya lebih-kurang antara 60 hingga 65 cm. Apa yang kemudian satu sama lain terletak pada panjang masing-masing. Wastafel tunggal dengan 1 bak biasanya memiliki panjang 80 cm. Sementara itu, panjang 120 cm untuk 2 bak, lalu 150 cm untuk tiga bak.

2. Jangan Terlalu Lebar

Ukuran lebar wastafel cuci piring sudah sudah ada aturannya. Standar lebar ini pun sudah mempertimbangkan aspek kenyamanan dan fleksibilitas dalam penggunaannya sehari-hari. Ini juga menyesuaikan dengan ukuran meja wastafel cuci piring yang umum dalam setiap dapur.

3. Kedalaman Kapasitas Penampungan

Tergantung intensitas Anda dalam menggunakan wastafel atau masak sendiri, pilihlah bak cuci dengan kedalaman yang paling sesuai. Selain itu, pertimbangkan pula siapa saja yang nantinya bakal memakai wastafel. Memilih bak yang terlalu dalam tentu menyulitkan orang-orang yang tidak terlalu tinggi.

4. Sesuaikan Ukuran Dapur

Bukankah akan merepotkan, bila ukuran wastafel cucian piring Anda justru terlalu lebar atau panjang, padahal dapurnya kecil atau sedang? Memang menarik untuk memiliki wastafel besar. Namun, jika ukurannya tidak sesuai, dapur Anda bisa tampak penuh dan sempit.

5. Wastafel Berkabinet

Wastafel dengan kabinet juga bisa jadi pilihan agar dapur Anda tampak berbeda. Jadi alat-alat makan dan minum bisa lebih rapi dengan memasukkannya ke dalam lemari kecil tersebut. Namun, tetap sesuaikan ukuran tempat cuci piring dengan besar kabinetnya. Jangan sampai terlalu besar.

Cara menentukan kesesuaian ukuran antara keduanya cukup mudah. Anda tinggal mengurangi panjang dan lebar dari wastafel sekitar 10 cm, dari panjang dan lebar kabinetnya. Misalnya, bila ukuran kabinet Anda adalah 90×55 cm, maka wastafelnya menjadi 80×45 cm, idealnya seperti itu.

Tepat atau tidaknya ukuran wastafel cuci piring sangat mempengaruhi aktivitas dapur Anda sehari-hari. Bila Anda ingin mencari dan membeli wastafel dengan kualitas terbaik dari beragam ukuran, Anda dapat mengunjungi Tokban Marketplace.