Cat tembok tidak hanya memberikan warna tapi juga bisa menciptakan nuansa yang berbeda, baik di bagian dalam atau pun luar ruangan. Karena itu, memilih warna cat tidak boleh sembarangan. Warna cat luar rumah yang sejuk sangat cocok dengan iklim tropis seperti Indonesia, apalagi jika ada taman depan.

Hunian dengan nuansa yang sejuk tentu lebih nyaman dipandang mata, dan bersamaan dengan ini juga bisa memuat fasad rumah semakin mempesona bagi setiap mata yang melihatnya. Apa saja warna-warna cat yang bisa menghadirkan nuansa sejuk pada bagian depan rumah bisa cek daftarnya di bawah ini ya!

Daftar Warna Cat Luar Rumah yang Sejuk dan Anti Norak 2023

1. Putih Bersih Sebagai Pilihan Teraman

Putih adalah pilihan terbaik karena bisa menyatu sempurna dengan gaya arsitektur apapun, mulai dari modern minimalis, klasik Eropa, hingga industrial dan skandinavia. Warna netral ini menjadi pilihan teraman sekaligus menciptakan nuansa sejuk yang akan terlihat kontras dengan tanaman hijau di depan rumah. 

Selain itu, warna terang seperti putih juga bisa membuat ilusi luas pada bagian depan rumah, yang membuatnya cocok untuk rumah berukuran kecil atau minimalis. Jika ingin nuansa super bersih dan segar, maka bisa balurkan cat putih di seluruh area dinding, bingkai pintu, dan kusen jendela. 

Tapi jika khawatir tampilannya terlalu ‘hambar’, maka putih bisa diaplikasikan pada dinding saja dan untuk kusen pintu serta jendela bisa berwarna lain misalnya coklat tua.

Baca Juga  3 Cara Menghitung Kebutuhan Semen yang Tepat (Lengkap!)

2. Warna Krem yang Kalem

Jika ingin warna cat rumah yang sejuk sekaligus kalem, maka krem adalah salah satu pilihan terbaik. Warna ini netral dan bernuansa tenang, serta banyak dijadikan alternatif dari warna putih yang terkesan klasik bagi sebagian orang.

Tapi di sisi lain, warna krem juga bisa terkesan monoton jika tidak dipadukan dengan unsur lain. Guna menghindari kesan monoton, Anda bisa pertimbangkan dinding bertekstur misalnya berbahan batu alam atau bisa juga memilih pilar bermotif.

Warna ini bisa diaplikasikan sendiri di seluruh dinding luar rumah, dan bisa juga dipadukan dengan warna netral lainnya seperti abu-abu muda atau putih. 

3. Coba Kuning Kalem!

Tidak perlu khawatir terlihat mencolok dengan cat warna kuning di bagian luar rumah karena ada varian kuning yang kalem seperti blonde, banana, buttery yellow, dan light golden yellow. Bahkan, ada juga warna kuning dengan semburat peach dan pink seperti moccasin dan peach puff.

Jika bagian depan rumah memiliki taman bernuansa hijau, maka dinding kuning bisa menjadi latar belakang yang sempurna karena bisa menonjolkan taman tapi si kuning sendiri juga tetap terlihat. Jika ingin menetralisir warna kuning, maka padukan dengan kusen atau atap berwarna gelap, seperti coklat tua. 

4. Cat Hijau yang Melambangkan Kesejukan

Sebagian orang mungkin tidak berani untuk memilih cat hijau sebagai warna fasad karena khawatir terkesan norak. Padahal, pilihan warna hijau sangat banyak dan beberapa di antaranya justru terlihat elegan, salah satu contohnya adalah sage green yang juga sangat hits di dunia fashion.

Warna hijau yang satu ini jauh dari kesan norak karena terlihat soft, cantik, dan di saat yang sama juga memancarkan kesejukan. Varian hijau lain yang cocok menjadi warna cat luar rumah yang sejuk adalah mint, olive, lime, dan moss. 

Baca Juga  Mengenal Plafon Gypsum : Keunggulan & Model Plafon Gypsum Minimalis

Semua varian hijau ini juga cocok dikombinasikan dengan putih bersih jika tidak ingin tampilan yang terlalu hijau. Tapi jika memilih full hijau, maka nuansanya bisa rindang dan asri terlebih jika di depan rumah ada taman.

5. Pilih Biru untuk Nuansa Adem

Biru identik dengan warna laut dan langit, jadi ketika dijadikan warna cat untuk fasad maka bisa menciptakan kesan sejuk. Jika menurut ilmu psikologi, warna biru pada ruangan bisa memberikan efek rileks / menenangkan sehingga mengurangi stress.

Selain itu, varian warna biru juga sangat beragam sehingga cocok untuk berbagai selera. Beberapa contoh warna biru yang kalem adalah aqua, cyan, light cyan, aquamarine, turquoise, sky blue, dan dodger blue.

6. Si Cantik Pale Purple

Menjadikan pale purple sebagai warna fasad dijamin rumah akan lebih mudah ditemukan oleh pengantar paket atau ojek online. Sebab, warna ini termasuk tidak banyak dipakai orang. Pale purple adalah warna ungu pucat yang bisa menampilkan kesan cantik dan adem. 

Jika ditambah dengan beberapa tanaman hijau di depan rumah, maka bagian depan rumah akan terasa segar. Jika tidak ingin terlalu mencolok, maka bisa menambahkan warna putih sebagai list atap, kusen jendela, dan bingkai pintu.

7. Abu-Abu

Ingin warna cat rumah yang sejuk bagian luar tapi juga terkesan elegan? Maka bisa memilih abu-abu. Jangan salah, abu-abu tidak selalu gelap karena ada juga varian yang terang seperti pearl river, abalone, harbor gray, smoke, pewter, rhino, lava, dan trout. 

Jika ingin tampilan yang lebih futuristik, maka bisa gabungkan beberapa tone warna abu-abu untuk membuat gradasi. Jika ingin tembok abu-abu lebih stand out, maka bisa dikombinasikan dengan hitam sebagai warna cat kusen pintu dan jendela.

Baca Juga  Pengertian Rumah Sehat dan Ciri-Cirinya

8. Warna Taupe yang Unik!

Taupe memang termasuk salah satu warna yang tidak familiar, tapi hal ini membuatnya unik termasuk saat dijadikan warna cat luar rumah. Taupe sendiri adalah gabungan warna coklat dan abu-abu yang menghasilkan nuansa adem. 

Warna ini paling cocok dipadukan dengan unsur alam seperti batu, yang bisa diaplikasikan pada pilar, sebagian dinding, atau disebar di area taman. Tapi, pilih batu dengan warna yang gelap ya!

9. Beige yang Jarang Dilirik

Ini dia salah satu warna cat luar rumah yang sejuk tapi justru jarang dipakai orang. Padahal dengan beige, fasad rumah bisa tampak lebih bersih dan luas tapi tidak terlalu monoton seperti warna putih. 

Jika ingin memberikan kesan yang lebih elegan, maka bisa menambahkan tekstur seperti material batu alam. Bahan ini bisa diaplikasikan pada pilar atau satu sisi dinding dan sisi dinding lainnya tembok polos warna beige.

10. Warna Burgundy

Mewah mungkin adalah kata pertama yang terlintas di pikiran saat membayangkan warna burgundy. Tapi selain mewah, warna coklat kemerahan ini juga bisa memberikan nuansa adem dan segar pada fasad rumah, terutama jika dipadukan dengan material alami seperti kayu, batu, atau batu bata. 

Warna burgundy yang solid juga bisa memberikan kesan kokoh dan menjadi latar belakang unik untuk taman depan rumah. Jika belum PD untuk membalurkan warna ini ke seluruh dinding depan rumah, maka bisa memulainya dari bingkai pintu atau kusen jendela. 

Ada banyak pilihan warna cat luar rumah yang sejuk, mulai dari putih yang paling banyak dipilih orang hingga warna burgundy yang atau beige yang jarang dilirik. Pastikan memilih cat berkualitas agar warna dinding luar tidak mudah pudar. Dapatkan dari toko terpercaya seperti Tokban Marketplace Produk Cat.