Menciptakan kamar mandi minimalis berarti harus fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar, sehingga hanya menggunakan furnitur yang efisien. Elemen yang dimasukan cenderung sederhana namun memiliki efek yang terbaik, sehingga kamar mandi lebih nyaman dan tidak melebihi kapasitas.

Desain minimalis memang identik dengan tata ruang yang polos dan sederhana demi mendapatkan keleluasaan pandangan. Namun, bukan berarti tampilan kamar mandi akan membosankan. Justru, gaya minimalis dapat diterapkan untuk menonjolkan kesan alami, elegan maupun modern. 

9  Desain Kamar Mandi Minimalis

Bagi yang tertarik membuat kamar mandi bergaya minimalis, 9 ide ini bisa dijadikan referensi: 

1. Kamar Mandi Serba Putih 

Pada desain minimalis, penggunaan warna didominasi oleh putih, abu-abu, atau hitam. Warna putih sangat cocok diterapkan pada kamar mandi untuk menghadirkan tampilan yang bersih dan lapang. 

Selain itu, warna dinding dan perabotan yang serba putih mendatangkan efek yang menenangkan sekaligus menyegarkan. Kamar mandi yang ukurannya sempit pun akan tampak memiliki ruang kosong ekstra sehingga tidak lagi sumpek.  

Contoh kamar mandi minimalis ini terbagi menjadi 2 bagian yang dipisahkan menggunakan partisi dari kaca. Bagian shower room dibuat lebih sempit namun memanjang sehingga ideal untuk berdiri selama membersihkan tubuh.

Bagian satunya dibuat lebih luas karena diisi oleh toilet duduk dan wastafel. Penempatan cermin berukuran besar pada dinding merupakan pilihan yang tepat. Selain berguna untuk mematut diri, cermin juga menjadikan kamar mandi lebih terang.

2. Kamar Mandi Bernuansa Alam

Nuansa alam dapat dihadirkan dengan menempatkan tanaman hijau di dalam ruangan. Tampilan kamar mandi bergaya minimalis dijamin akan terkesan segar dan enak dipandang. 

Pilihlah tanaman hijau yang tidak terlalu besar sehingga dapat mengisi sudut kamar mandi maupun sisi lain tanpa mengganggu akses. Selain itu, penempatan tanaman mungil di bagian ambang jendela untuk menambah kesegaran agar ruangan tidak pengap. 

Apabila ukuran kamar mandi tidak terlalu besar, maka tidak perlu menggunakan pembatas. Hubungkan saja area bathtub dengan wastafel sehingga tampak lebih luas. 

Baca Juga  Ukuran Kitchen Set Minimalis Ideal Untuk Dapur Rumahmu!

Jenis bathtub clawfoot yang minimalis merupakan pilihan yang menarik. Empat kaki yang menopang bathtub memberi kesan mewan nan elegan. Bathtub jenis ini dapat diletakkan bersebelahan dengan jendela.  

3. Kamar Mandi Two Tone

Desain kamar mandi minimalis two tone yang paling populer adalah kombinasi warna hitam dan putih. Kedua warna tersebut menghasilkan kontras yang sempurna sehingga tampilan kamar mandi memiliki daya tarik yang tinggi. 

Warna putih sebaiknya mendominasi bagian dinding untuk memberikan kesan yang terang dan lapang. Sedangkan warna hitam dapat diaplikasikan pada sebagian sisi dinding, wastafel, dan bingkai partisi untuk menegaskan kesan sederhana nan berkelas. 

Apabila bosan dengan dinding putih polos, maka marmer putih merupakan alternatif terbaik. Penggunaan marmer putih pada kamar mandi bergaya minimalis akan semakin menonjolkan kesan simple dan elegan. 

Desain kamar mandi minimalis two tone yang paling populer adalah kombinasi warna hitam dan putih. Kedua warna tersebut menghasilkan kontras yang sempurna sehingga tampilan kamar mandi memiliki daya tarik yang tinggi. 

Warna putih sebaiknya mendominasi bagian dinding untuk memberikan kesan yang terang dan lapang. Sedangkan warna hitam dapat diaplikasikan pada sebagian sisi dinding, wastafel, dan bingkai partisi untuk menegaskan kesan sederhana nan berkelas. 

Apabila bosan dengan dinding putih polos, maka marmer putih merupakan alternatif terbaik. Penggunaan marmer putih pada kamar mandi bergaya minimalis akan semakin menonjolkan kesan simple dan elegan.  

4. Kamar Mandi Tampilan Mewah

Membuat kamar mandi mewah minimalis tidak harus menggunakan elemen yang mahal. Kombinasi antara material kayu plastik WPC berwarna hitam dan kayu alami berwarna coklat terang berhasil mendatangkan kesan mewah pada ruangan. 

Jangan salah, ya, material plastic wood memiliki kualitas yang sama dengan kayu asli bahkan lebih kuat. Tampilannya pun indah sehingga mampu menambah nilai estetika ruangan. 

Mendominasi dinding dengan plastic wood hitam merupakan pilihan tepat. Sedangkan material kayu coklat terang digunakan sebagai ornamen yang menghasilkan tampilan kontras super mewah. 

Kesan dramatis pada kamar mandi mewah minimalis juga diperlukan, lho. Cara yang paling sederhana adalah dengan mengaplikasikan indirect light. Teknik pencahayaan tersebut bekerja dengan menyembunyikan lampu di balik dinding.  

Baca Juga  13 Desain Model Wastafel Kamar Mandi Minimalis Terbaik

5. Kamar Mandi yang Dilengkapi Batu Alam

Pada desain kamar mandi yang minimalis, batu alam kerap dipilih sebagai pemanis interior. Tidak mengherankan sebab batu alam memiliki tekstur unik yang berfungsi menambah nilai estetika. 

Selain itu, warna batu alam cenderung natural sehingga mudah sekali dipadukan dengan berbagai warna dinding maupun furnitur. Salah satu jenis batu alam yang cocok untuk kamar mandi yaitu batu candi. 

Warnanya hitam dengan ukuran yang cukup lebar. Tekstur permukaannya cukup halus dan kesat sehingga tidak menyebabkan orang terpeleset. Jenis batu candi cocok diaplikasikan pada sebagian dinding kamar mandi sedangkan sisi dinding lain bisa dicat dengan warna putih. 

Agar menampilkan kesan yang lebih unik, maka tambahkan jenis batu alam lain seperti batu kali berbentuk pipih. Batu tersebut dapat dibentuk melingkar dan difungsikan sebagai keset untuk penggosok kaki agar bersih.  

6. Kamar Mandi Mungil 

Tidak perlu bersedih apabila ruang yang tersisa untuk kamar mandi hanya secuil. Sebab, space yang minim tetap bisa difungsikan dengan menerapkan desain kamar mandi minimalis sederhana.  

Agar tidak melebihi kapasitas ruang, maka hilangkan pembatas dan bathtub. Cukup pasang toilet duduk atau jongkok dan shower. Apabila membutuhkan bak, maka pilih bak mandi yang menyerupai gelas karena bentuk rampingnya tidak memakan banyak tempat. 

Pembeda antara area toilet dan shower dapat disiasati dengan menggunakan material lantai yang berbeda. Misalnya, area toilet dan bak mandi dialasi dengan material dari batu alam. Sedangkan area shower dialasi dengan batu-batu taman berwarna putih.

7. Kamar Mandi Bernuansa Kayu 

Kesan hangat pada desain kamar mandi bertema minimalis dapat dihadirkan dengan elemen kayu. Adapun kayu yang dipakai dapat berasal dari material asli atau material yang dibuat menyerupai kayu dengan kualitas yang lebih baik. Pada gaya minimalis, elemen kayu cocok diaplikasikan sebagai dinding, lantai, dan furnitur.

Kelebihan lantai yang dilapisi kayu adalah tahan lama, gampang dibersihkan dan bisa diganti dengan mudah jika menginginkan tampilan baru. Terlebih, material kayu memiliki beragam motif cantik yang bisa dipilih sesuai selera. 

Misalnya seperti pada gambar, motif yang digunakan adalah herring bone alias susunan tulang ikan herring. Selain unik, motif tersebut sukses menambah keindahan kamar mandi sehingga tidak diperlukan penambahan ornamen. 

Baca Juga  8 Inspirasi Desain Rumah Hemat Energi & Ramah Lingkungan

Agar tampilan kamar mandi tidak terlalu monoton, memadukannya dengan cat warna putih merupakan solusi terbaik. Kombinasi warna putih dan elemen kayu menonjolkan kesan natural dan bersih. Ruang kamar mandi pun terlihat lebih luas.

8. Kamar Mandi Menggunakan Tirai 

Material partisi kamar mandi dapat berasal dari kaca, papan kayu atau tembok. Apabila ingin terlihat lebih unik dan terkesan fleksibel, maka tirai bisa dipertimbangkan. 

Tirai sangat cocok difungsikan sebagai pembatas antara dua area, misalnya shower room dan toilet atau shower room dan wastafel. Selain itu, tirai juga dapat digunakan hanya sebagai penutup bathtub. Khususnya, bagi yang menginginkan privasi dan kenyamanan lebih selama berendam.

Penggunaan tirai yang hanya melingkupi bathtub juga membiarkan area lain lebih terbuka. Dengan begitu, kamar mandi tidak terasa sumpek. Terlebih, pengaplikasian warna putih dan biru memberikan efek rileks sekaligus segar.

9. Kamar Mandi Semi Terbuka 

Udara yang lembab karena sirkulasi yang kurang baik merupakan masalah yang kerap muncul dari kamar mandi tertutup. Salah satu solusi jitu adalah dengan menerapkan desain kamar mandi semi terbuka. 

Dapat dikatakan bahwa semi terbuka merupakan desain kamar mandi minimalis modern yang membuat sirkulasi udara lebih baik. Privasi penghuni juga tetap terjaga karena tata letaknya ruangnya sangat diperhatikan. 

Penggunaan material kaca sebagai pembatas minimalis antara shower room dan bath tub merupakan ide yang cerdik. Hal tersebut memberikan keleluasaan bagi penghuni rumah untuk memilih cara menikmati waktu mandi yang terbaik.

Pembatas kaca juga memberikan keleluasaan pandangan ke luar sehingga terasa lebih menyatu dengan alam. Bagian yang dibiarkan terbuka ditanami dengan tumbuhan hijau dan pagar kayu yang terkesan natural. Menarik, bukan?

Kamar mandi minimalis bisa dibuat memiliki kesan mewah, elegan, unik atau sesederhana mungkin. Tidak hanya diterapkan pada area yang sempit, tema minimalis juga cocok diaplikasikan pada area kamar mandi yang luas. 

Intinya, masukan elemen yang dibutuhkan saja tetapi mampu memberikan efek yang maksimal. Selain itu, penggunaan furnitur hanya yang sifatnya esensial dan sesuai dengan ukuran ruangan. 

Kalau ingin melengkapi material untuk lantai, dinding maupun memilih perabot yang dibutuhkan, hanya perlu datang ke Tokban.com saja. Kebutuhan untuk membuat kamar mandi bertema minimalis lengkap tersedia.