Desain rumah 6×9 dengan 3 kamar tidur cukup populer belakangan ini. Cocok untuk dimiliki keluarga berencana dengan 2 – 4 anak. Beberapa desain melengkapi hunian dengan ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi, dan balkon sebagai pelengkap. 

Tentu saja saat membangun rumah, Anda harus membuat hunian senyaman mungkin. Hal ini berpengaruh pada ketenangan dan kebahagiaan penghuni di dalamnya. Tanpa budget tinggi, Anda bisa membuat rumah 6×9 yang modern. Simak selengkapnya pada artikel berikut.

Desain Rumah 6×9

Konsep hunian berukuran 6×9 dengan 3 kamar tidur akan tampak sangat minimalis, namun fungsional. Meskipun sederhana, kamu tetap bisa membuatnya tampak elegan dan modern. Inilah sejumlah desain rumah minimalis 6×9 yang bisa Anda gunakan.

1. Cukup Satu Lantai

Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih desain rumah satu lantai. Pada denah rumah 6×9 ini, tampak ruang keluarga dan ruang tamu menyatu. Hal ini bertujuan agar ruangan tidak terlalu sempit karena keberadaan sekat.

Desain rumah sederhana ini sangat cocok bagi keluarga yang jarang menerima tamu. Dengan ukuran 6×9, Anda bisa membuat kamar utama dengan ukuran yang cukup besar, serta dua kamar anak berukuran sama.

Selain itu, tambahkan pula satu kamar mandi. Buat dapur dan ruang makan dalam satu ruangan untuk menghemat tempat.

2. Taman di Depan Rumah

Desain yang kedua ini cocok bagi Anda yang menginginkan rumah tampak asri. Tanpa keberadaan tanaman, rumah memang akan tampak gersang. Area terbuka di depan rumah bisa menjadi ide yang bagus untuk menjaga peredaran oksigen anggota keluarga.

Baca Juga  8 Inspirasi Desain Rumah Hemat Energi & Ramah Lingkungan

Jangan khawatir, ternyata rumah 6×9 dengan 3 kamar tidur juga bisa menampung taman di depan rumah. Anda bisa membuat taman kecil di sebelah garasi parkir mobil. Tambahkan bebatuan kecil sebagai jalan setapak. 

Anda juga bisa meletakkan kursi kecil di depan pintu masuk untuk duduk santai sambil melihat tumbuhan hijau. Tentu ini akan sangat nyaman bagi kamu yang sering nongkrong di depan rumah.

3. Taman di Belakang Rumah

Selain taman depan rumah, Anda bisa membuat taman sederhana di belakang rumah. Taman belakang rumah bertujuan untuk menambah sirkulasi udara. Selain itu, keberadaan taman juga memungkinkan cahaya matahari alami masuk, sehingga Anda bisa hemat listrik saat siang hari.

Bagian taman belakang rumah bisa Anda gunakan untuk menanam sejumlah tanaman hijau. Ukurannya tak perlu besar, cukup dengan lebar 1 – 2 meter saja.

4. Dua Lantai

Setelah anak beranjak dewasa, tentu privasi sangat diperlukan. Maka dari itu, Anda bisa membuat desain rumah dua lantai untuk menjaga privasi masing-masing anggota keluarga.

Konsep ini juga cocok bila anggota keluarga bertambah banyak. Anda bisa memuat beberapa ruangan dalam desain rumah ini, mulai dari dapur, ruang makan, toilet, ruang keluarga, dan ruang tamu.

Sebaiknya, buat kamar utama pada lantai satu bersama dengan dapur, ruang makan, toilet, dan ruang tamu. Sementara, lantai dua bisa memuat 2 kamar lainnya, toilet, dan ruang keluarga. Terpecahnya ruangan seperti ini bisa membuat pergerakan anggota keluarga lebih leluasa. 

5. Semua Kamar di Atas

Anda juga bisa membuat konsep desain semua kamar berada di lantai dua. Ide ini memberikan kesan luas dan minimalis semakin terasa. 

Jika semua kamar dan toilet berada di atas, maka lantai satu bisa Anda manfaatkan untuk hal lainnya. Anda bisa memuat ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dapur, atau bahkan tempat pencucian baju.

Baca Juga  7 Inspirasi Desain Rak Kamar Mandi Minimalis Modern Terbaik

Namun, untuk konsep rumah ini, sebaiknya gunakan dinding kedap suara agar privasi tetap terjaga. Selain itu, dinding kedap suara pada kamar juga penting agar tidak mengganggu ketenangan anggota keluarga lainnya.

6. Banyak Pintu

Umumnya, desain rumah 6×9 memang hanya memiliki satu pintu saja di depan untuk jalur masuk dan keluar. Namun, ada sejumlah keluarga yang memilih untuk mempunyai banyak pintu agar memudahkan akses. Tentu desain ini menuai pro kontra.

Pasalnya, rumah dengan banyak pintu dinilai tidak terlalu aman. Apalagi, jika Anda memiliki anak yang masih kecil dan rentan penculikan. 

Namun, jika dilihat dari sisi lain, rumah dengan banyak pintu cukup efektif saat terjadi sesuatu. Penghuni rumah bisa keluar lewat beberapa opsi, sehingga terselamatkan dari malapetaka.

7. Gunakan Bahan Kayu

Rumah ukuran 6×9 kamar 3 bisa tampak sangat elegan dan mewah dengan tambahan material kayu di depannya. Material kayu terbilang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan material lainnya. Anda bisa memilih kayu dengan pola yang modern dengan warna natural.

Anda bisa membuatnya menjadi dua lantai agar lebih banyak ruang geraknya. Untuk desain rumah ini, Anda bisa memuat tiga kamar tidur, dua kamar mandi, garasi, ruang tamu, dapur, ruang makan, ruang keluarga, gudang, hingga taman belakang rumah.

Tambahkan lampu-lampu estetik agar suasananya semakin tenang dan dekat dengan alam. Memiliki rumah seperti ini akan membuat Anda sangat betah berada di dalamnya.

8. Kamar Tidur Berderet

Biasanya, kamar tidur di rumah dibuat terpisah untuk memberikan ruang gerak lebih. Namun, ternyata rumah 6×9 dengan kamar tidur berderet juga tidak terlalu buruk. Pada denahnya, kamar tidur sengaja dibuat berdekatan dengan pola memanjang di salah satu sisi rumah.

Baca Juga  Toko Bangunan Pekanbaru Online Terbaik Berkualitas

Tentu ini akan menghemat biaya dan memperbanyak kapasitas ruangan. Anda bisa menambahkan kamar mandi, dapur, ruang tamu, dan ruang makan di bagian depan. Bahkan, Anda bisa menambahkan beranda yang cukup luas di bagian samping untuk bersantai.

9. Tanpa Ruang Tamu

Desain rumah 6×9 selanjutnya cocok bagi Anda yang memang tidak pernah menerima tamu. Misalnya saja, Anda tinggal jauh dari keluarga dan tidak suka bergaul dengan tetangga sekitar. Rumah tanpa ruang tamu bisa Anda jadikan referensi.

Ini akan membuat rumah tampak luas dan nyaman. Sebagai gantinya, Anda bisa menyediakan sedikit ruang untuk bersantai. Tambahkan televisi dengan tikar untuk anggota keluarga berkumpul. 

Jika memang suatu saat ada tamu yang datang, Anda bisa membeli bantal sofa yang nyaman untuk duduk-duduk santai di tikar. Desain rumah ini cukup populer karena praktis dan bisa membuat area kamar lebih luas.

10. Memiliki Balkon

Di tengah sibuknya pekerjaan, tentu Anda membutuhkan ruang santai di rumah untuk melepas penat. Jangan khawatir, rumah 6×9 juga bisa memuat balkon yang cukup besar.

Anda bisa menambahkan tanaman gantung atau hias agar suasananya semakin asri. Letakkan dua kursi kecil dengan meja bundar di tengah untuk berbincang-bincang sambil menyeruput kopi di pagi hari.

Tentu suasana rumah dengan balkon akan sangat nyaman bagi Anda yang yang membutuhkan healing. Cukup di rumah saja, Anda bisa mendapatkan ketenangan sesuai harapan.

Desain rumah 6×9 bisa menjadi pilihan hunian modern yang terjangkau. Untuk referensi desain interior lainnya, kunjungi Tokban Blog. Anda akan menemukan berbagai desain menarik untuk ide hunian yang nyaman, aman, dan modern.