Ketika si Kecil sudah mulai tidur sendiri, pastinya orang tua akan memberikan tempat tidur yang nyaman. Kebanyakan tempat tidur yang dicari oleh orang tua adalah tempat tidur tingkat minimalis. Alasan penggunaan tempat tidur tingkat ini adalah karena lebih praktis dan simple.

Namun, banyak orang tua yang masih kebingungan dalam menentukan desain tempat tidur tingkat minimalis. Padahal ada banyak sekali rekomendasi tempat tidur minimalis yang tersedia di internet. Tempat tidur tingkat tersebut dapat dijadikan sebagai referensi bagi para orang tua.

Rekomendasi Tempat Tidur Tingkat Minimalis yang Dapat Dipilih Untuk Si Kecil

Bagi Anda yang masih kebingungan dalam memilih tempat tidur tingkat minimalis untuk si Kecil, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan referensi. Rekomendasi ini adalah jenis tempat tidur tingkat yang paling banyak digunakan oleh orang tua diluaran sana.

Adapun beberapa rekomendasi tempat tidur tingkat tersebut antara lain adalah:

1. Futon Bunk Beds

Jika Anda mencari tempat tidur tingkat yang multifungsi, maka tempat tidur dengan jenis ini dapat dipilih. Model tempat tidur tingkat minimalis ini merupakan perpaduan dari gaya tradisional Jepang dan juga gaya Barat.

Futon sendiri merupakan jenis kasur gulung yang berasal dari Jepang. Kasur ini sangatlah multifungsi karena dapat dijadikan sebagai alas duduk ataupun kasur untuk tidur. Jenis kasur ini kemudian diadaptasi dengan memadukan gaya barat sehingga menjadi tempat tidur model futon bunk beds ini.

Pada bagian atas tempat tidur dapat diletakkan kasur dan dapat ditiduri dengan nyaman. Lain halnya dengan bagian bawah, dimana bagian ini dapat dijadikan sebagai kursi. Bagian tempat tidur dapat dilipat sehingga berbentuk seperti sandaran kursi.

Baca Juga  10 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern Sederhana

Hal ini tentu saja sangat multifungsi karena bagian bawah kasur dapat dijadikan sebagai kursi ketika tidak digunakan. Si kecil dapat menggunakan bagian bawah ini sebagai tempat untuk bersantai.

2. Triple Bunk Beds

Bagi Anda yang memiliki anak dalam jumlah banyak, mungkin dapat menggunakan jenis tempat tidur ini. Dengan menggunakan tempat tidur tingkat ini, Anda dapat lebih menghemat ruang kamar. Anak-anak dapat tidur dalam satu kamar tanpa membutuhkan ruang yang lebih besar.

Awalnya, tempat tidur dengan model ini digunakan pada camp-camp militer. Namun, saat ini jenis tempat tidur ini juga mulai diadopsi oleh para orang tua sebagai tempat tidur untuk para buah hatinya. Sebenarnya tempat tidur ini memiliki bentuk yang sama dengan tempat tidur tingkat pada umumnya.

Panjang dan lebar dari tempat tidur ini pun sama. Tenang saja, tempat tidur tingkat minimalis ini telah terjamin keamanannya. Bahan yang digunakan pun adalah bahan yang kokoh sehingga orang tua tidak perlu khawatir mengenai keselamatan dan kenyamanan si Kecil.

3. Twin Over Twin Bunk Beds

Model tempat tidur tingkat lainnya yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi adalah twin over twin bunk beds ini. Desain tempat tidur ini adalah desain yang paling banyak digunakan oleh para orang tua yang mencari tempat tidur tingkat minimalis bagi anaknya.

Model tempat tidur ini adalah tempat tidur tingkat dengan bentuk, ukuran, dan desain yang sama persis. Untuk mengakses tempat tidur bagian atas, disediakan tangga. Para orang tua tenang saja karena tangga yang digunakan sudah terjamin keamanannya.

Karena memiliki bentuk, ukuran, dan desain yang sama, tempat tidur ini sangat cocok digunakan bagi anak kembar. Orang tua juga dapat menggunakan tempat tidur ini sebagai tempat tidur kakak beradik yang memiliki selisih umur tak jauh berbeda.

Baca Juga  9 Inspirasi Desain Lampu Cafe Gantung Minimalis Berkelas

Tidur bersama saudara memang sangat mengasyikkan. Oleh karena itu, orang tua dapat mulai mengajari anak tidur sendiri dengan memberikannya tempat tidur tingkat untuk digunakan bersama. Karena dapat digunakan bersama saudara, si Kecil pun tidak akan takut untuk tidur sendirian.

4. Twin Over Full Bunk Beds

Tempat tidur tingkat model ini juga memiliki dua tingkat kasur. Namun, yang membedakan tempat tidur jenis twin over full bunk beds dengan tempat tidur jenis twin bunk beds adalah ukuran kasur yang digunakan.

Antara tempat tidur bagian atas dan tempat tidur bagian bawah memiliki ukuran yang berbeda. Kasur yang digunakan untuk tempat tidur di bagian bawah adalah kasur yang memiliki ukuran full size. Sedangkan bagian atas tempat tidur menggunakan kasur dengan ukuran twin bed.

Tempat tidur dengan model ini sangat cocok digunakan oleh orang tua yang memiliki anak yang masih rewel jika ditinggal tidur sendiri. Orang tua dapat menggunakan bagian bawah tempat tidur untuk menidurkan anak terlebih dahulu.

5. L-Shaped Bunk Beds

Sesuai dengan namanya, tempat tidur ini memiliki bentuk menyerupai huruf L. Karena memiliki desain seperti huruf L, tempat tidur tingkat minimalis ini lebih mudah di improvisasi sehingga memiliki bentuk yang sesuai dengan keinginan si Kecil.

Orang tua dapat menambahkan aksen-aksen karakter kesukaan si Kecil pada tempat tidur tingkat ini sehingga terlihat lebih menarik. Tempat tidur dengan model ini merupakan kombinasi dari tempat tidur dan juga rak dan lemari pakaian.

Dengan menggunakan tempat tidur ini, pemakaian ruang untuk perabotan si Kecil dapat lebih dihemat. Hanya dengan menggunakan tempat tidur ini, orang tua sudah dapat menggunakannya sebagai rak, dan juga lemari si Kecil.

Baca Juga  12 Inspirasi Desain Pagar Tembok Rumah Minimalis Modern Elegan

Desainnya yang minimalis juga membuat keadaan rumah menjadi lebih lega. Dengan demikian, pemanfaatan ruang kamar dapat dilakukan dengan lebih efisien. Selain itu, si Kecil juga akan tetap merasa nyaman ketika tidur di tempat tidur jenis ini.

Alasan Mengapa Menggunakan Tempat Tidur Tingkat Minimalis

Alasan utama mengapa banyak orang memilih tempat tidur tingkat adalah agar dapat menghemat tempat. Apalagi jika rumah yang ditempati memiliki ukuran dan desain minimalis. Pastilah orang tua mencari tempat tidur anak yang tidak memakan tempat.

Dengan tempat tidur tingkat ini, orang tua dapat menempatkan anaknya dalam satu kamar. Dengan menggunakan tempat tidur ini, space yang digunakan menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, tampilan kamar akan terlihat lebih luas.

Selain dapat menghemat tempat, tempat tidur jenis ini dapat meningkatkan ikatan sesama saudara. Anak-anak akan terbiasa dalam berbagai karena sudah diajarkan berbagi kamar sejak dini. Mereka juga akan belajar bagaimana cara menghargai sesama saudara.

Agar semua hal tersebut dapat terwujud, Anda sebagai orang tua harus mencari bentuk tempat tidur yang sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak sekali sumber yang menyediakan berbagai jenis rekomendasi bentuk tempat tidur tingkat yang dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi Anda.

Terdapat banyak sekali desain tempat tidur tingkat minimalis yang tersedia. Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran kamar dan desain tempat tidur yang dipilih sehingga kedua hal tersebut cocok. Jika Anda mencari inspirasi desain interior lainnya, silahkan kunjungi website Tokban.com/blog.