Membuka usaha ataupun toko sendiri memang menjadi pekerjaan yang paling baik dibandingkan bekerja dengan orang lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menarik pelanggan adalah dengan memperindah tampilan toko. Misalnya dengan menggunakan desain toko minimalis.

Desain minimalis memang sangat cocok diterapkan oleh pemula yang masih memiliki area terbatas untuk membuka usaha. Apabila desain minimalis yang dibuat sudah berhasil menarik banyak pelanggan, barulah toko bisa diperluas dan dikembangkan kembali. 

Daftar Desain Toko Minimalis

Meski desain minimalis identik dengan area yang terbatas, bukan berarti desain ini tidak bisa diterapkan oleh toko yang sudah maju.

Faktanya, banyak toko yang sudah memiliki puluhan cabang justru membuat desain minimalis sebagai ciri khas dan daya tariknya. Berikut beberapa desain minimalis toko yang bisa diterapkan oleh pemula ataupun mereka yang sudah berpengalaman: 

1. Desain Eksterior Toko Minimalis yang Lapang dan Elegan

Ruangan yang sempit memang memiliki kelemahan dari areanya  yang terbatas dan mudah sesak. Untuk mengatasi kondisi ini, pengusaha bisa menyiasatinya dengan membuat bagian eksteriornya terasa luas. Salah satunya dengan memilih warna-warna elegan yang terdiri dari satu warna pada bagian luar toko.

Pemilihan warna yang ramai justru membuat area terlihat lebih sempit. Kalaupun ingin memakai warna cerah sebagai ciri khasnya, jangan sampai melebihi 2 jenis warna saja. Selain itu, pastikan untuk meminimalisir barang-barang yang tidak penting di luar toko. 

Baca Juga  8 Inspirasi Desain Rumah Hemat Energi & Ramah Lingkungan

Sebagai gantinya, letakkan satu kursi panjang yang nyaman dan memiliki warna senada pada salah satu sudut toko untuk tempat beristirahat. Sementara area parkir wajib dipisahkan dari depan toko dengan meletakkannya di bagian samping, jadi tidak terlihat sempit dari luar. 

2. Desain Interior Toko Minimalis yang Simpel

Untuk desain interiornya, toko minimalis lebih cocok menggunakan perabotan yang simpel dan tidak memenuhi ruangan. Maksimalkan penggunaan dinding sebagai tempat meletakkan rak gantung dan memajang barang-barang yang bisa diaplikasikan pada dinding.

Kalau toko yang dibuat adalah toko baju, maka jangan terlalu banyak menggunakan rak baju di bagian tengah ruangan. Ini justru akan mempersulit mobilitas pelanggan dan terlihat sempit. Cukup letakkan 1 atau dua area datar di tengahnya yang akan dipakai memajang barang dengan rak minimalis. 

3. Desain Toko Minimalis Dua Lantai

Area yang sempit memang bisa disiasati dengan membangunnya menjadi dua lantai. Walaupun begitu, desain toko tetap harus diperhatikan agar terlihat lenggang dari luar ataupun bagian dalamnya. Untuk toko minimalis dua lantai, maka bagian depannya harus tetap memperhatikan keterbukaan.

Maksimalkan penggunaan kaca dan lampu pada lantai dua agar toko terlihat lapang dan terang dari luar.  Untuk bagian atapnya, bisa memakai desain atap datar dan tidak memakai genting. Sementara lantai bawah bisa menggunakan dinding kaca dan pintu geser ataupun pintu ayun satu daun yang lebih praktis.  

Model ini jauh lebih modern dan membuat toko minimalis terlihat luas, sehingga  menjadi pusat perhatian orang yang lewat. 

4. Desain Toko Kecil Minimalis Konsep Jepang

Kehidupan orang Jepang serta bangunannya memang selalu menjadi tolak ukur gaya hidup minimalis di seluruh dunia. Bahkan bangunan komersil seperti toko juga sering didesain dengan bentuk minimalis. Dengan mengadopsi bangunan dari Jepang, tentu saja toko akan terlihat unik dan kekinian.

Orang Jepang biasanya menggunakan pintu kaca geser dengan ukuran yang sangat simpel pada mobilitas utamanya. Khususnya pada kedai kopi dan toko makanan ringan. 

Baca Juga  7 Inspirasi Desain Denah Kamar Mandi Minimalis Terbaik Untuk Rumah

Selain pintu kaca, penggunaan roller blind sebagai penutup saat panas juga sering dipakai.  Ini akan membuat toko minimalis tetap terlihat menawan saat buka ataupun tutup, terlebih ketika ada pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan. 

5. Desain Minimalis untuk Toko Baju

Dilihat sekilas, toko baju membutuhkan banyak perabotan pelengkap sebagai tempat memajang pakaian. Padahal, untuk desain minimalis yang elegan, cukup maksimalkan penggunaan rak gantung pada dinding. Jadi, tidak membutuhkan lemari atau stand hanger yang banyak di tengah ruangan. 

Stand hanger bisa digantikan dengan meja khusus untuk meletakkan pakaian yang sedang diskon atau memiliki harga khusus. Agar toko terlihat lebih mewah dan cerah, bisa mengaplikasikan cermin berukuran besar serta lampu led  pada bagian plafonnya. 

6. Desain Toko Modern Minimalis

Jika ingin menciptakan toko minimalis yang terlihat modern, tentu desain ini bisa diterapkan. Salah satu faktor penting yang mendukung desain toko modern adalah pemilihan perabotan dan furnitur dengan bentuk modern, mulai dari kursi, lemari, serta tempat meletakkan barang atau makanan yang dijual. 

Jangan lupa untuk memilih warna-warna modern seperti warna metalik, transparan, dan netral. Tiga jenis warna ini juga efektif mengubah tampilan toko lebih modern dan berkelas. Kalau ruangan cukup tinggi, aplikasikan juga lampu gantung dengan aksen garis pada bagian plafonnya. 

7. Desain Minimalis Natural untuk Toko Buah

Buah termasuk bahan pangan yang diambil dari alam. Untuk menekankan kesan natural dan segar dari buah, maka desain toko buah minimalis yang paling sesuai adalah menggunakan konsep natural. Bisa dimulai dengan menggunakan bahan-bahan kayu pada tempat buah dan raknya.

Posisikan rak buah menempel pada dinding sehingga mempermudah pelanggan untuk memilih buah yang diinginkan. Sementara latar dinding bisa dipilih dari warna yang gelap, netral, ataupun metalik, untuk menegaskan kesan toko yang lebih berkelas. 

Baca Juga  12 Inspirasi Ide Hiasan Kamar Tidur Estetik Kekinian dan Cantik

8. Desain Toko Alat Tulis Minimalis Ceria

Desain toko yang minimalis untuk alat tulis juga tidak jauh berbeda dengan toko  minimalis lainnya. Teori dasarnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan dinding dan meminimalisir peletakan rak di tengah ruangan. 

Untuk toko alat tulis, biarkan rak di tengah ruangan khusus untuk meletakkan alat-alat yang sedan tren ataupun diskon sebagai ajang promosi. Supaya terlihat ceria, bagian atap boleh dihias dengan konsep bergaris dan disematkan lampu-lampu kecil. 

9. Desain Toko Distro Minimalis Kekinian

Distro sebagian besar memang dibuat dengan desain minimalis namun lebih elegan dan terkesan maskulin. Untuk mendesain toko distro,  sebaiknya memposisikan dinding tepat pada bagian pintu masuk sehingga terlihat dari luar. Jadi, konsep ruangannya bisa memanjang ke samping.

Dinding yang berhadapan langsung dengan pintu masuk ini bisa dilengkapi dengan rak dinding untuk menggantung dan memajang pakaian dengan tampilan yang unik. Jadi, orang yang lewat di luar pintu bisa melihat langsung pakaian yang dijual dengan jelas pada dinding yang sudah dihias. 

10. Desain Toko dengan Konsep Minimalis Modern 

Konsep minimalis modern mudah ditebak dari material bangunannya yang sebagian besar menggunakan kaca transparan. Namun, konsep ini tetap dipengaruhi oleh model bangunannya. Sebagai bahan referensi, bisa memakai konsep modern dengan aksen persegi pada bagian depan ruangan.

Pastikan untuk menggunakan warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, dan silver untuk mendukung dinding utama kaca yang dipakai.  Kalau ingin desain yang lebih unik, aksen persegi juga bisa diganti dengan aksen segitiga, belah ketupat, ataupun aksen bangun datar lainnya yang terkesan tajam.

Pengaplikasian beberapa desain toko minimalis di atas memiliki keunggulan dari modelnya yang selalu terlihat baru meski beberapa tahun ke depan. Jadi, bisa meminimalisir renovasi saat ingin mengubah konsepnya. Jika ingin beli bahan pembuatan toko minimalis seperti desain di atas, kunjungi Tokban.com.

Write A Comment