Pompa air termasuk salah satu kebutuhan pokok di hampir setiap rumah terutama di wilayah yang belum mendapat suplai air PDAM dari pemerintah. Memilih pompa air terbaik sangat disarankan karena mesin ini dibutuhkan dalam jangka panjang hingga bertahun-tahun, jadi sebaiknya tidak memilih yang abal-abal.

Fungsi dari pompa air adalah menyedot air dari dalam tanah, sumur, atau sumber air lain untuk selanjutnya dialirkan ke pipa dan pada akhirnya bisa digunakan oleh penghuni rumah dengan cara membuka keran. Maka, bisa dikatakan bahwa pompa air bisa menghisap air dari permukaan rendah ke tinggi.

Daftar Merk Pompa Air Terbaik 

Mengingat bahwa air sangat dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari, maka memilih pompa air harus yang berkualitas tinggi agar tidak cepat rusak. Inilah beberapa merk pompa air paling bagus untuk rumah tangga:

1. Yamaha

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa merk Yamaha asal Jepang memang memiliki kualitas yang bagus, mulai dari motor hingga pompa airnya. Bahkan di pasar dalam negeri, pompa air dengan merk ini termasuk yang paling laris!

Dijual dengan harga mulai dari 2-4 jutaan, merk pompa air Yamaha dibekali fitur forced air cooled yang bisa mencegah panas pada mesin sehingga pompa air tidak mudah terbakar.  Alhasil, pompa air Yamaha bisa mengalirkan air dengan lancar dan bisa digunakan hingga bertahun-tahun jika pemakaiannya tepat.

2. Shimizu

Sama-sama berasal dari Jepang, pompa air merk Shimizu juga menjadi salah satu yang paling laris di pasaran. Shimizu sendiri adalah perusahaan yang berfokus pada bidang Civil Engineering Field (konstruksi sipil umum), Plant Engineering Field (bidang konstruksi pabrik/kilang), dan pengembangan real estate. 

Baca Juga  Apa Itu Bekisting? Pengertian, Fungsi dan Jenisnya!

Nah, salah satu produknya adalah pompa air. Salah satu ciri khas pompa air merk ini adalah menghasilkan semburan air yang kuat, sehingga aliran air ke keran bisa lancar. 

Bahkan, salah satu varian pompa air Shimizu ada yang bisa menghasilkan dorongan hingga 237 meter, yang membuatnya cocok untuk pompa air lahan pertanian dan industri. Range harganya sendiri mulai dari 400 ribuan hingga lebih dari 12 juta rupiah.

3. Multipro

Ingin harga pompa air terbaik yang lebih murah? Maka bisa menjatuhkan pilihan pada merk lokal Multipro yang harganya mulai dari 200 ribuan. Kapasitas airnya sekitar 55 liter per 60 detik dan dengan daya dorong hingga 39 meter. 

Fitur keren lain yang ditawarkannya adalah energy saver yang bisa membuat tagihan listrik tidak membengkak meski pompa air ini sering digunakan. Multipro sendiri adalah merk pompa air yang dikeluarkan oleh PT. Multi Mayaka yang berbasis di Jakarta Timur.

4. Panasonic

Siapa sih yang tidak kenal dengan merk internasional satu ini? Bukan hanya memproduksi barang-barang elektronik seperti TV, kulkas, dan mesin cuci, tapi Panasonic juga memiliki produk pompa air yang dikenal berkualitas tinggi. 

Pompa air dari Negeri Sakura ini telah melakukan uji coba ratusan kali untuk memastikan ketahanannya, sehingga daya tahannya tidak perlu diragukan lagi, ditambah dengan adanya lapisan anti karat. 

Tangki dari pompa air merk ini juga dikenal besar dan daya hisap serta dorongnya kuat, sehingga aliran air di rumah bisa lancar setiap hari. Meski dikenal berkualitas tinggi, tapi harga pompa air Panasonic termasuk merakyat mulai dari 300 ribuan hingga 5 jutaan. Inilah yang membuatnya laku keras di pasaran.

Baca Juga  Yuk Ketahui Dulu 9 Jenis Semen ini Sebelum Membuat Bangunan

5. Terada

Merk pompa air terbaik lainnya adalah Terada, yang sekilas dari namanya mungkin dianggap dari luar negeri tapi sebenarnya merupakan merk lokal. PT. Terada Teknika Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi pompa air ini, dan dilepas ke pasaran dengan harga 3 jutaan.

Terada menggunakan pengaman mesin untuk membuat kinerja pompa air teta stabil, terdapat juga lapisan anti karat, kapasitas air yang besar, dan bahkan diklaim dapat beroperasi selama 24 jam secara otomatis. Kelebihan lain dari pompa air merk Terada adalah suku cadang yang mudah ditemukan di berbagai kota.

6. Sanyo

Ini dia merk pompa air paling legend yang membuat banyak orang salah paham. Banyak yang mengira bahwa Sanyo adalah istilah untuk menyebut pompa air, padahal sanyo merupakan salah satu merk. 

Kepopuleran ini karena pompa air merk Sanyo sudah ada sejak tahun 1947 dan masuk ke Indonesia pada tahun 1970, jadi termasuk salah satu merk tertua. 

Jika dilihat dari namanya, banyak yang mengira bahwa Sanyo adalah merk Jepang, padahal asal usulnya adalah dari Amerika Serikat. Salah satu produk paling laris dari Sanyo yang berhasil terjual di banyak negara termasuk Indonesia adalah pompa air. 

Menurut sejumlah review pengguna, pompa air merk ini memiliki mesin bandel yang bisa awet sampai bertahun-tahun, dan daya hisapnya juga kuat hingga kedalaman 39 meter. Harganya sendiri berkisar dari 400 ribuan hingga lebih dari 11 juta rupiah.

7. Uchida

Pompa air terbaik merk Uchida mudah ditemukan di berbagai toko online dan harganya juga tidak berat di kantong mulai dari 300 ribuan saja. 

Merk pompa air ini sudah dikenal secara global terkait mutu dan kualitas yang bagus, jadi tidak perlu diragukan lagi ketahanannya. Mesinnya menggunakan super jet yang dikenal bandel dan ada fitur pendingin yang membuatnya tidak cepat panas. 

Baca Juga  Apa Itu Wiremesh : Ukuran, Berat dan Jenisnya!

Ada juga fitur energy saver yang membuat pompa air Uchida tidak boros listrik meski sering digunakan. Material yang digunakan adalah stainless steel yang tidak mudah berkarat, dan kapasitas airnya mencapai 75 liter per menit. Sedangkan untuk daya hisap sekitar 30 meter dan daya dorong 12 meter.

8. DAB

DAB adalah perusahaan asal Italia yang bergerak di bidang teknologi dan salah satunya berfokus pada penyediaan air bersih, sehingga salah satu produknya adalah pompa air. Merk ini sudah ada selama puluhan tahun dan masih menjadi salah satu yang terbaik di banyak negara termasuk Indonesia. 

Beberapa fitur canggih yang disematkan oleh DAB ke dalam pompa airnya adalah impeller ganda, tangki air berukuran besar, inverter, dan sensor tekanan tinggi yang membuatnya tidak hanya cocok untuk rumah tapi juga industri. Toko online dalam negeri menjual merk ini dengan harga mulai dari 400 ribuan. 

9. Lakoni

Lakoni menjadi salah satu merk pompa air yg bagus karena disematkan fitur automatic pressure control pump. Fungsinya adalah membuat semburan air tetap stabil tanpa suara berisik. Merk ini juga dikenal hemat listrik dan cocok untuk penggunaan rumah tangga serta usaha / bisnis. 

Beberapa variannya bisa menghasilkan daya dorong hingga 50 meter dan air yang dihasilkan bisa 51 liter dalam 1 menit. Harganya sendiri mulai dari 800 ribuan hingga 1 jutaan.

Bukan hanya memilih merk pompa air terbaik, tapi pastikan juga membeli dari toko terpercaya seperti Tokban Marketplace Produk Pompa Air. Anda bisa temukan beberapa merk di atas dengan harga terjangkau. Pembeliannya juga mudah via online dan pengirimannya dengan packing yang aman.