Setiap rumah pasti menggunakan material yang berbeda. Salah satu aspek yang menentukan kenyamanan rumah adalah bagian atap. Anda bisa menggunakan atap Alderon untuk hunian yang modern dan aman.

Atap ini sudah cukup populer, dan memang sudah diakui kualitasnya oleh para ahli bangunan. Alderon punya banyak jenis atap, ini tentu memudahkan Anda untuk memilih mana yang cocok untuk kebutuhan hunian Anda.

Mengenal Atap Material Alderon

Seiring berjalannya waktu, jenis atap rumah semakin banyak variasinya. Setiap atap rumah tentu memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda. Namun, tidak semua atap memiliki daya tahan dan performa yang sama.

Maka dari itu, Anda bisa memilih Alderon untuk hunian yang lebih nyaman. Atap ini memiliki kualitas bagus dengan material UPVC yang populer belakangan ini. Tekstur lembarannya bergelombang, sehingga tampak sangat simpel.

Bentuknya cukup unik dan cocok untuk desain rumah minimalis. Pengaplikasiannya juga mudah dan bisa Anda lakukan secara mandiri. Jenis atap ini sangat cocok untuk rumah modern.

Bagi yang yang menginginkan tampilan atap ringan namun tegas, bisa menggunakan material ini untuk bagian rooftop. Atap kanopi Alderon bisa menghalau air hujan dengan baik, sehingga menghindari rumah Anda dari kebocoran.

banner atap genteng

Jenis Atap Alderon

Pengalikasian atap ini sangat mudah, sehingga banyak digunakan di berbagai jenis properti. Ternyata, atap ini memiliki jenis yang beraneka ragam. Anda bisa menyimak jenis-jenisnya agar dapat memutuskan mana yang paling cocok.

1. Alderon Thinwall Corrugated

Pertama, ada Alderon jenis thinwall corrugated. Bentuk atap ini bergelombang lengkap dengan rongga yang terbuat dari UPVC. Jenis Alderon ini sangat tahan lama dan mampu menghadapi paparan sinar matahari terik. Terbukti ampuh menghalau radiasi daripada atap biasa.

Baca Juga  Yuk Ketahui Dulu 9 Jenis Semen ini Sebelum Membuat Bangunan

Bukan hanya itu, thinwall corrugated juga bisa bertahan di terpaan air hujan deras. Anda juga tidak perlu khawatir bila tinggal di daerah yang cukup padat penduduk, karena atap ini bisa meminimalisir suara bising.

Bentuknya yang bergelombang dan banyak rongga membuat atap ini lebih kokoh. Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama. Tentu ini akan menghemat biaya.

2. Alderon Single Wall Corrugated 

Selain thinwall corrugated, ada jenis single wall corrugated. Jenis atap ini memiliki fisik bergelombang, namun tidak berongga. Dilihat dari segi konstruksinya, atap ini memang jauh lebih ringan.

Meskipun begitu, single wall corrugated juga tahan terhadap sinar matahari. Tidak ada sifat penyebaran api, sehingga aman untuk mencegah kebakaran. 

Karena ringan, Anda akan sangat mudah memotong atau membentuk atap ini sesuai keinginan. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan desain hunian impian. Cara mengaplikasikannya juga mudah, sehingga menjadi favorit masyarakat.

Contoh Penggunaan Atap Alderon

Kedua jenis Alderon tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat properti. Anda bisa pilih  salah satunya, dan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan. Proses pengaplikasiannya yang mudah dan desainnya yang unik membuat Alderon sebenarnya cocok untuk segala jenis bangunan.

Namun, penggunaan Alderon lebih banyak ditemukan pada rumah desain minimalis. Pada rumah minimalis, Anda bisa memanfaat Alderon sebagai kanopi untuk parkir mobil. Apalagi, sifatnya tahan panas, sehingga mampu meminimalisir resiko kerusakan pada cat mobil Anda karena paparan sinar matahari.

Contoh rumah atap Alderon juga bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Anda bisa melihat-lihat dan mencari referensi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan atap ini.

Kelebihan Atap Alderon

Berbeda dari atap biasa, atap rumah Alderon tentu saja memiliki keunggulan tersendiri. Apa saja keunggulannya? Berikut poin-poinnya.

Baca Juga  Mengenal 7 Jenis Rumah Limasan Lengkap Beserta Ciri Khasnya

1. Kokoh

Ketika memilih atap rumah, tentu Anda mencari material yang paling kuat. Hal ini penting karena atap rumah yang menjadi fondasi Anda untuk berlindung dari berbagai jenis cuaca.

Atap rumah Alderon memiliki formula unik, sehingga strukturnya berongga dan cukup padat. Struktur inilah yang menjadikannya kuat dan kokoh.

Dari hasil pengetesan, atap ini mampu menahan beban sampai 540 kg. Tentu kekuatan atap ini bisa menjadi andalan Anda ketika terik matahari maupun hujan badai sekalipun.

2. Tidak Mudah Luntur

Bagian paling menyebalkan dari merawat atap rumah adalah melakukan pengecatan ulang. Entah karena pengelupasan, berkarat, atau alasan lainnya. Yang jelas, Anda tidak perlu mengecat ulang atap ini.

Alderon sangat tahan terhadap lingkungan ekstrim yang memicu reaksi korosif. Perubahan cuaca seperti apapun tidak akan membuatnya rapuh dan berubah warna. Alderon terbuat dari UPVC yang menghambat pengaruh sinar matahari.

3. Tidak Karatan dan Merambat Api

Atap rumah Alderon didesain tahan terhadap berbagai jenis reaksi bahan kimia maupun polusi industri. Jenis atap ini sangat tahan terhadap semua zat asam, solvent organic, minyak, pelumas, dan alkali. Dengan begitu, Alderon tahan terhadap lingkungan korosif.

Selain itu, atap ini juga memiliki sifat non-combustible. Jadi, saat ada api, atap ini tidak akan membuat api menjadi lebih besar. Tentu proses pemadaman api akan lebih cepat bila ada kebakaran.

4. Kedap Suara

Terkadang suara hujan yang terlalu deras bisa mengganggu dan membuat penghuni rumah tidak nyaman. Jangan khawatir, atap ini mampu menahan suara dari luar. Berdasarkan tes laboratorium, atap ini memiliki ketebalan mencapai 10 mm dan bisa meminimalisir suara hingga 27%.

5. Meredam Panas

Atap rumah Alderon memiliki struktur padat dan berongga. Rongga ini dapat menjadi tempat keluar masuknya udara. Seperti yang Anda tahu, udara bisa menahan panas secara alami.

Keberadaan rongga pada atap mampu menghambat panas dengan baik. Dengan begitu, ruangan yang berada di bawahnya akan menjadi tetap sejuk. Ini akan membantu menstabilkan temperatur dalam ruangan, meminimalisir biaya listrik, serta biaya instalasi.

Baca Juga  5 Cara Membuat Lampu Hias Menggunakan Barang Bekas yang Wajib Dicoba

6. Biaya Perawatannya Murah

Perawatan jenis atap ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan air pada permukaan kotor. Selain itu, juga ada garansi selama 15 tahun bila memang atap Anda sudah rusak.

7. Mudah Dibentuk

Alderon memiliki struktur yang sangat ringan, sehingga mudah dibentuk. Dengan begitu, Anda bisa mengatur bentuknya sesuai selera agar menyesuaikan desain rumah Anda.

Kekurangan Atap Alderon

Meskipun begitu, atap ini juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangannya.

1. Pilihan Warna Terbatas

Sayangnya, atap ini tidak memiliki banyak variasi warna. Sampai saat ini, atap rumah Alderon hanya menyediakan 2 jenis warna, yaitu biru muda dan putih.

Padahal, Anda harus menyesuaikan warna atap dengan warna cat tembok agar tidak terkesan norak. Sebagai saran, sebaiknya pilih warna putih agar warnanya tetap netral dan cocok dengan semua warna.

2. Harga Cukup Mahal

Sebenarnya, harga Alderon tidak semahal itu. Namun, jika Anda membandingkannya dengan jenis atap lain tentu saja harganya cenderung lebih mahal. Pasalnya, atap ini menawarkan kualitas yang tidak ada pada atap lainnya. Harga menyesuaikan kualitas yang ditawarkan.

Harga Atap Alderon

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ternyata atap rumah ini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Harganya juga masih masuk di kantong, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan budget. Tentu harga bergantung pada seberapa banyak Anda membeli Alderon dan lokasi pembeliannya.

Biasanya, penjual akan memberikan harga borongan jika Anda membeli dalam jumlah banyak. Bahkan, Anda bisa membeli atap rumah Alderon lengkap dengan jasa pemasangannya.

Jika Anda tengah mencari atap Alderon berkualitas, bisa mengunjungi Tokban Marketplace. Terbukti profesional, terpercaya, dan mampu memberikan pelayanan memuaskan bagi pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut, coba jelajahi tokban.com.