Satu hal yang bisa mendukung anak-anak sehingga menjadi rajin belajar adalah pemilihan desain kamar untuk belajar, dan juga pemilihan desain meja belajar. Apabila meja belajarnya tidak nyaman dan desainnya kurang menarik, bisa jadi mereka menjadi malas untuk belajar.

Untuk itu, pilihlah desain untuk meja belajar yang nyaman dan juga memiliki daya tarik bagi anak-anak. Supaya anak-anak menjadi lebih semangat dalam mengerjakan tugas sekolahnya, dan rajin belajar.

Inspirasi Desain Meja Belajar Anak yang Nyaman dan Menarik

Dalam hal ini, tugas orang tua adalah memilih desain yang tepat yang bisa digunakan oleh anak-anak ketika belajar di rumah. Supaya anak lebih fokus dan juga semangat belajar, cobalah beberapa inspirasi desain meja belajar anak seperti di bawah ini:

1. Meja Belajar yang Simpel dan Elegan

Desain meja belajar simpel juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk anak-anak yang masih sekolah. Pilihlah meja belajar yang warnanya putih polos dengan bentuk memanjang, yang dimana bentuknya lebih mengutamakan kesederhanaan.

Walaupun tampak sederhana tetapi meja belajar ini terlihat elegan, dengan menambahkan beberapa pajangan yang mendukung keindahan atau estetika dari meja belajar itu sendiri. 

Model meja belajar tersebut tampak lebih fleksibel untuk anak leluasa bergerak saat belajar, karena bentuknya yang memanjang. Hal itu akan membuat mereka nyaman dan produktif. Meja belajar tersebut juga bisa digunakan untuk menyimpan buku, tas, dan alat sekolah.

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Type 100 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

2. Meja Belajar dengan Siku Unik

Desain berikutnya yang bisa menjadi inspirasi adalah meja belajar dengan desain yang berbentuk siku yang cukup unik. Ada 2 sisi pada meja yang digunakan untuk belajar dan akan memungkinkan si anak untuk berubah-ubah posisi duduknya dengan lebih nyaman.

Perubahan posisi duduk dengan model meja yang seperti itu, juga tidak akan membuat mereka menjadi mudah bosan. Tambahkan juga beberapa rak di sekitar meja, yang juga bisa difungsikan sebagai tempat menyimpan buku.

Rak tersebut juga bisa digunakan untuk menyimpan mainan atau hal lainnya yang disukai anak, sebagai penambah semangat saat sedang belajar.

3. Furnitur Berbahan Kayu

Ada banyak model dan tipe meja belajar yang dibuat dari material bahan yang unik. Salah satunya adalah dengan menggunakan furnitur yang berbahan kayu berkualitas bagus, yang akan menambah kesan alami pada meja tersebut.

Apalagi jika anak tersebut suka dengan gaya-gaya vintage yang memesona. Maka pemakaian meja belajar dengan bahan kayu tersebut menjadi pilihan yang pas. Konsep vintage tersebut dipadukan kembali dengan rak yang sifatnya multifungsi.

4. Konsep Kombinasi Warna Abu dan Hitam

Jika desain kamar anaknya berwarna gelap maka pilihlah meja belajar dengan kombinasi atau paduan warna hitam dan abu-abu. Meja belajar ini lebih cocok diterapkan pada anak laki-laki yang biasanya lebih suka dengan warna yang cenderung gelap.

Misalnya saat warna cat dindingnya berwarna hitam maka pilihlah meja belajar yang bernuansa abu muda. 

5. Meja Belajar Tempel yang Minimalis

Untuk desain meja belajar minimalis bisa dicoba desain meja tempel yang dimana mejanya menempel langsung pada dinding. Meja belajar ini lebih unik dan minimalis sehingga lebih baik digunakan dan lebih praktis.

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Type 72 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

Meja belajar tempel juga cocok diaplikasikan pada ruangan kamar yang sempit atau berukuran kecil, karena memang tidak akan memakan tempat. Biaya pembuatannya pun bahkan lebih terjangkau.

6. Memilih Warna-warna Terang yang Atraktif

Untuk pemilihan warna yang cocok, juga akan menjadi faktor pendukung kenyamanan dari meja belajar itu sendiri. Misalnya dengan memilih warna terang yang lebih atraktif, yaitu warna putih pada meja dan kursi belajarnya.

Kemudian padukan warna putih ini dengan warna terang lainnya pada furnitur atau barang lainnya yang ditempatkan di sekitar meja. Warna putih akan sangat pas jika dikombinasikan dengan warna hijau dan kuning.

7. Meja Tingkat Minimalis dengan Background Wallpaper

Gunakan meja belajar minimalis yang bertingkat, untuk menyediakan tempat penyimpanan yang cukup banyak sehingga barang-barang di kamar tidak berserakan. 

Untuk warna putihnya lebih memberi kesan yang modern, dengan paduan gambar atau wallpaper pada bagian background dindingnya. Suasana di dalam kamar juga akan tampak lebih hidup.

Usahakan untuk memilih gambar yang disukai anak pada wallpapernya, supaya ia bisa menikmati gambar-gambar itu ketika sedang belajar.

8. Meja Belajar yang Luas dan Fungsional

Apabila ukuran kamar anak terbilang luas maka manfaatkan hal itu dengan membuat desain meja belajar yang ukurannya juga besar sesuai ukuran kamar dan juga lebih fungsional. 

Sediakan beberapa tempat penyimpanan di atas meja, yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang, buku, atau pajangan. Buat juga desain meja belajar modern untuk tipe meja belajar yang ukurannya luas tersebut.

9. Meja Belajar dengan Dua Sisi

Desain pada meja belajar yang satu ini mirip dengan meja yang biasa digunakan oleh anak-anak TK. Meja belajar dua sisi ini memerlukan dua buah kursi yang nantinya akan saling berhadapan. 

Jenis meja ini juga cocok digunakan untuk dua atau tiga orang anak yang tidur di kamar yang sama. Sedangkan jika anaknya hanya tidur sendiri di kamar tetapi mereka bisa ditemani belajar oleh teman, saudara, atau orang tuanya.

Baca Juga  10 Desain Partisi Ruangan Minimalis Terbaik untuk Tampilan Apik

10. Meja Belajar dengan Tema Earth

Memilih desain yang unik juga bisa dilakukan oleh orang tua yang membutuhkan inspirasi untuk desain pada meja belajar anaknya. Misalnya membuat meja belajar yang bertema Earth, dengan pilihan warna hijau lime, warna biru, dan sebagainya.

Terapkan tema ini pada bagian wallpaper dindingnya, sehingga anak juga bisa sekalian belajar di sana. 

Namun jika pemilihan warna di ruangan kamarnya sudah didominasi oleh warna yang terang atau ramai maka pilih warna putih saja yang akan menambah kesan kalem.

11. Meja Belajar dengan Lampu Tanam

Meja belajar anak biasanya akan dilengkapi dengan lampu belajar supaya anak tidak kesulitan jika belajar di malam hari. Untuk konsep dan desain yang unik dan menarik, bisa dengan mengaplikasikan lampu yang ditanam di bagian dinding.

Desain ini juga menjadi trik mudah untuk menghemat tempat, apalagi jika space untuk ruang belajar di kamar memang lebih kecil.

12. Meja Belajar dengan White Board Organizer

Untuk meja belajar yang desainnya kekinian bisa dengan menambahkan white board organizer yang ditempel secara langsung pada dinding. White board tersebut juga bisa menjadi alternatif lain untuk tempat penyimpanan.

Misalnya untuk menyimpan atau menggantung jam dinding, alat-alat belajar, atau tanaman gantung. Tak hanya itu, pilih benda-benda yang dibutuhkan anak yang juga bisa ditaruh di sana. 

Terutama untuk kebutuhan sekolah dan alat sekolah yang diperlukan mereka ketika sedang belajar. Supaya memudahkan mereka menjangkaunya jika disimpan di tempat yang tidak jauh dari meja belajar.

Berbagai pilihan desain meja belajar lainnya bisa Anda dapatkan di Tokban.com. Misalnya perlengkapan dan juga kebutuhan desain untuk ruang belajar. Seluruh produk yang dijual di sana kualitasnya sudah terjamin bagus dan terbaik.