Penggunaan pagar besi minimalis merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk membuat tampilan luar rumah terlihat lebih unik dan menarik. Tidak hanya fokus dari segi tampilannya saja, namun penggunaan pagar besi sebenarnya untuk melindungi bagian dalam rumah dari berbagai gangguan. 

Saat ini sudah semakin banyak model pagar besi minimalis yang bisa digunakan sebagai pembatas, pelindung, dan juga mempercantik tampilan luar rumah. Mau tahu inspirasi modelnya? Berikut ini ada pembahasan lengkap mengenai berbagai model pagar besi ukuran minimalis yang kekinian. 

Rekomendasi 11 Pagar Besi Minimalis Modern Kekinian

Pagar besi berukuran minimalis memang biasanya banyak diterapkan pada bangunan rumah yang tidak terlalu besar, sehingga nantinya bisa terlihat seimbang dan sepadan. Banyak lingkungan perumahan yang mengusung tema pagar dari besi untuk membuat tampilan luar rumah tampak lebih elegan. 

1. Pagar Besi Ukuran Minimalis Kombinasi Kayu Klasik

Desain pagar besi model seperti ini memang banyak diminati oleh penghuni rumah mewah yang ada di tengah perkotaan. Pagar besi dikombinasikan dengan bahan kayu pada bagian tengahnya sehingga tampilannya tampak lebih menawan dan tidak meninggalkan kesan klasik. 

Para penghuni sengaja mengusung tema pagar besi kombinasi kayu untuk meningkatkan privasi dalam rumah. Bagian tengah yang ditutupi kayu akan menyulitkan orang dari luar rumah untuk mengintip, sehingga dari segi keamanan cukup memadai apalagi diterapkan di daerah rawan. 

Baca Juga  Toko Bahan Bangunan Bandung Online Terbaik Berkualitas

2. Pagar Besi Elegan Kombinasi Kaca Bening

Contoh pagar besi minimalis berikutnya dirancang dengan kombinasi bahan kaca bening. Kaca bisa diletakkan pada bagian tengah pagar atau bisa juga dibuat model ukiran yang estetik. Model pagar seperti ini memang sangat mengutamakan seni sehingga waktu pembuatannya lama. 

Kekurangan dari pagar besi kombinasi kaca akan mudah pecah ketika terkena goncangan atau tertabrak kendaraan secara tidak sengaja. Maka dari itu, sebaiknya gunakan bahan kaca lapisan tebal sebagai pagar agar tidak mudah pecah dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. 

3. Pagar Besi Majestic Nan Mewah

Ketika melewati kawasan perumahan yang berukuran sangat besar, tentunya Anda akan sering menemukan model pagar besi mewah seperti ini. Pagar besi minimalis dibuat dengan aksen berwarna putih mencolok kemudian bagian atasnya ditambahkan ukiran bunga yang indah. 

Bagian tengah pagar terbuat dari besi minimalis yang berbentuk jaring-jaring sehingga tamu akan lebih mudah melihat bagian dalam rumah. Disamping pagar utama juga dipadukan pagar besi kecil untuk membuat tampilan rumah bisa terlihat tertata dan mewah dari berbagai sudut.

4. Pagar Besi Berongga 

Jenis pagar besi minimalis berongga banyak diterapkan pada bangunan dalam masjid sebagai pembatas tempat antara laki-laki dan perempuan. Namun tak jarang ketika berada di kawasan perumahan minimalis, banyak masyarakat yang menyukai desain pagar besi berongga tersebut. 

Pagar besi berongga memang menarik dengan desain persegi panjang berlubang berlawanan arah. Ditambah lagi dengan tema pagar berwarna putih mengkilap yang membuat tampilan depan bangunan tampak lebih menyatu dengan bagian lainnya. 

5. Pagar Besi Estetik Ukiran Daun

Penggunaan pagar besi di depan rumah tidak selamanya menimbulkan kesan kaku, karena saat ini sudah banyak beragam model kekinian yang bisa digunakan. Salah satu inspirasi model pagar besi kekinian yaitu membuatnya dengan ukiran daun yang sangat estetik. 

Baca Juga  Toko Bangunan Bogor Online Terbaik Berkualitas

Bagian tengah pagar yang terlihat bening seperti kaca dibentuk semacam pola daun berwarna hijau sehingga terkesan lebih hidup. Dibuat dengan teknik laser, tampilan pagar rumah akan lebih ramai dan menyegarkan sehingga kesan kekakuan pada pagar bisa memudar. 

6. Pagar Besi Baja Anti Korosi

Rekomendasi inspirasi pagar besi minimalis baja biasa dikenal dengan istilah corten steel. Apa yang menarik dari desain pagar seperti ini? Pagar besi baja memiliki daya tahan yang sangat lama dan anti korosi sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Pagar besi khas baja sangat cocok diterapkan pada daerah yang memiliki perubahan cuaca ekstrem sehingga mudah merubah tekstur bahan. Pagar khas baja mampu bertahan dalam cuaca apapun kemudian saat terjadi karat juga bisa diperbaiki dengan alternatif pengecatan. 

7. Pagar Besi Kombinasi Natural Stone

Natural stone atau batu alam memang material yang sangat diminati dalam proyek bangunan. Bagaimana tidak? Warnanya yang khas dan natural bisa membuat tampilan bangunan terlihat lebih unik. Nantinya material batu alam akan dijadikan sebagai dudukan dari pagar besi. 

Penghuni rumah perlu menyiapkan batu alam dalam jumlah banyak untuk menerapkan pagar besi dengan konsep seperti ini. Keuntungannya, bagian depan rumah akan terlihat lebih iconic ditambah lagi tidak sembarangan orang bisa melihat bagian dalam bangunan tempat tinggal. 

8. Pagar Besi Berlempeng Kekinian

Pernah menjumpai pagar besi dengan model mewah dan kuat seperti ini? Memang masih jarang ditemukan di Indonesia. Pagar besi terbuat dari lempengan tembaga atau baja kemudian seluruh bagiannya dipenuhi dengan lubang-lubang berukuran kecil. Unik bukan?

Pembuatan pagar besi minimalis berlempeng tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama. Bayangkan saja, material pagar perlu diatur serapi mungkin kemudian harus dilengkungkan agar bisa menyatu satu sama lain. Bagaimana, tertarik menerapkan model pagar besi lempeng ini?

Baca Juga  13 Ide Desain Model Dinding Kamar Rumah Kayu Minimalis

9. Pagar Besi Sederhana Pola Berjajar

Tidak selamanya pagar berfungsi sebagai pelindung, karena pada kawasan tertentu pagar hanya digunakan sebagai pembatas biasa. Seperti halnya pola pagar besi satu ini yang hanya dibentuk pola berjajar di sekeliling bangunan kemudian dikombinasikan dengan tanaman hidup. 

Lazimnya banyak pemilik rumah yang menyukai aksen abu-abu dan hitam ketika menggunakan pola pagar besi berjajar. Pasalnya mereka hanya butuh tiang besi tipis kemudian dibuat berjajar rapi mengelilingi bangunan sebagai pembatas antara halaman atau bangunan rumah lain.

10. Model Pagar Besi Pola Non Simetris

Berbeda dengan pola pagar berjajar, pagar besi minimalis satu ini memang terlihat lebih unik karena polanya yang tidak simetris satu sama lain. Bayangkan saja, tiang besi tipis memiliki tinggi yang berbeda-beda kemudian ditata rapi saling berdekatan mirip pola anyaman bambu. 

Bentuknya yang tidak seragam inilah membuat pagar besi khas walaupun sebenarnya polanya sederhana. Para penghuni rumah bisa membuat tiang besi tipis dari aksen warna hitam, putih, atau warna netral lainnya untuk menyamakan dengan lingkungan yang ada disekitarnya. 

 11. Pagar Besi Material Khas Tembaga 

Selain terbuat dari material baja, pagar besi juga bisa tercipta dari tembaga kuning yang kuat dan berkualitas. Model pagar satu ini memang sangat cocok ketika dipadukan dengan bangunan rumah fasad putih, hitam, abu-abu, dan warna netral lainnya yang mudah menyatu. 

Untuk memunculkan kesan klasik pada pagar, biasanya material tembaga akan dibuat terlihat berkarat kemudian bagian bawahnya ditambahkan aksen kayu yang menawan. Untuk meminimalkan budget, maka bisa juga mengkombinasikan material tembaga dengan lapisan kayu.

Pagar besi minimalis bisa dibuat dengan model dan dikombinasikan dengan material apapun seperti kayu, kaca, tembaga, baja, dan masih banyak lagi. Untuk tahu lebih banyak mengenai desain pagar besi yang kekinian dan estetik, bisa langsung mengunjungi laman blog https://tokban.com/