Ingin memiliki sebuah rumah dengan luasan 54 m2 saja? Nah, bangunan rumah yang ideal untuk model seperti itu yaitu rumah type 54. Model hunian type 54 memang sangat cocok ditempati oleh keluarga kecil yang jumlahnya sekitar 2-3 orang saja terdiri atas orang tua dan anak. 

Hunian type 54 memang secara khusus dirancang dengan kamar berjumlah 2-3 kamar, kemudian ditambahkan ruang dapur minimalis dan ruang tamu sebagai ruang keluarga. Desain rumah type 54 lebih nyaman ditambahkan dengan lahan pada bagian depan dan belakang sebagai taman yang indah. 

Inspirasi Desain Rumah Type 54 Minimalis Modern yang Nyaman Ditinggali

Desain hunian type 54 sebenarnya denah rumah terbaru yang ternyata banyak sekali diminati oleh masyarakat karena dianggap unik dan tidak memerlukan lahan luas. Bagi yang menginginkan hunian dengan model type 54, bisa menggunakan beberapa inspirasi desain hunian yang ada di bawah ini. 

1. Hunian Type 54 Dengan Sudut Sisi Halaman Hijau

Berdasarkan denah rumah type 54 di bawah ini, hunian cocok sekali digunakan bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan halaman yang luas. Konsepnya bagian depan rumah tepatnya samping bagasi akan diisi dengan halaman luas yang bisa ditanami beragam tanaman hias. 

Bangunan ini memang sengaja menonjolkan bagian halamannya yang luas, sehingga cocok bagi penghuni rumah yang menyukai suasana tempat tinggal yang tenang, hijau dan asri. Bagian space belakang rumah berdampingan dengan ruang keluarga juga akan diberi halaman yang lebih luas. 

Baca Juga  14 Rekomendasi Inspirasi Desain Ruang Kerja Minimalis Modern Terbaik

Bagian ruangannya diisi dengan 2 kamar tidur yaitu kamar tidur utama yang bisa digunakan oleh orang tua. Bagian tengahnya sebagai kamar mandi, baru kemudian dilengkapi dengan kamar tidur anak yang ukurannya cukup luas, sehingga memadai untuk ditempati 2 orang anggota keluarga.

2. Rumah Type 54 Berisi 3 Kamar

Manfaatkan space luasan lahan terbatas untuk menggunakan desain rumah minimalis satu ini. Dengan luasan lahan sekitar 54 m2, pemilik rumah bisa menciptakan taman kecil berbentuk L disamping bagasi mobil dan juga dekat ruang tamu yang terletak di bagian tengah. 

Untuk memaksimalkan space, bagian kamar tidur bisa diletakkan pada tiap-tiap sudut rumah. Orang tua bisa menempati kamar tidur utama yang letaknya dekat dengan ruang tamu. Lalu untuk tempat tidur anak bisa diletakkan bagian belakang secara terpisah. 

Bagian belakang rumah bisa dibangun ruang terbuka sebagai tempat santai dan relaksasi. Selain itu ketika penghuni rumah sedang bersantai di ruang keluarga, ruang terbuka bisa membuat pemandangan lebih segar dan menciptakan sirkulasi udara terasa lebih sejuk.

3. Hunian Type 54 Modern Kekinian

Pecinta rumah type 54 yang minimalis modern wajib meniru inspirasi satu ini. Jika dilihat dari konsep denah rumahnya yang sederhana, tempat tinggal bisa di isi oleh keluarga kecil yang terdiri atas 1-2 anak dengan menggunakan double bed sehingga mirip seperti kamar hotel minimalis. 

Sedangkan untuk bagian dapurnya dibuat terpisah dengan ruang tamu dan juga ruang keluarga. Tujuannya agar ruang untuk bersantai bisa terlihat nyaman dan tidak terlihat sangat sempit. Agar suasana tempat tinggal terkesan hidup, ciptakan taman kecil disamping bagasi depan rumah.

4. Hunian Type 54 Gaya Artistik

Banyak generasi muda yang menyukai desain tempat tinggal seperti ini. Mengapa demikian? Karena penataannya dibuat sangat rapi dengan menonjolkan pemandangan taman yang asri. Namun sayangnya, desain gaya artistik ini kurang cocok ditinggali oleh keluarga besar.

Baca Juga  12 Inspirasi Desain Meja Belajar Kreatif Agar Anak Semangat Belajar

Bagian depan rumah diberi space halaman kecil sebagai jalur masuk mobil yang akan diletakkan pada bagasi. Disamping halaman tersebut diberi taman yang cukup luas dekat dengan ruang keluarga. Agar kelihatan lebih unik, depan rumah bisa menggunakan jendela kaca berukuran lebar. 

Tujuannya agar penghuni rumah bisa leluasa menikmati pemandangan taman dan bisa melihat tamu yang akan datang ke rumah. Halaman belakang rumah tepatnya dekat dapur juga ditambahkan taman sebagai playground atau semacam tempat melakukan relaksasi.

5. Hunian Type 54 Minimalis Dengan Kolam Renang Mini

Rumah type 54 minimalis modern dirancang dengan ruangan yang saling berdekatan, sehingga semua bagian space bisa dimanfaatkan secara optimal. Tempat tinggal ini sepertinya cocok jika dihuni oleh orang tua dan 1 anak, karena ruang tidur bagian satunya berukuran minimalis. 

Namun karena hunian type 54 dibuat konsep modern minimalis, sebaiknya untuk bagian ruang makan dan ruang keluarga tidak perlu diberi pembatas. Tujuannya agar bagian dalam rumah bisa terasa lega dan sirkulasi udara juga berjalan lancar atau tidak pengap. 

Selain memperhatikan masalah space rumah agar terlihat lapang, pemilik rumah juga bisa membangun taman ukuran kecil disamping bagasi dan belakang rumah dekat ruang makan. Pada bagian sudut rumah dimanfaatkan untuk kolam ikan sehingga bisa menciptakan kesan nyaman.

6. Hunian Type 54 Konsep Real Estate

Jika diamati secara detail, denah hunian type 54 ini terlihat padat tetapi penataannya cukup rapi. Hal inilah yang membuat banyak developer real estate menggunakan konsep satu ini. Pada bagian dalam rumah ada pengintegrasian ruang keluarga dan ruang tamu di sebelah sisi tengahnya. 

Kemudian pada sisi kanan, ditambahkan ruang makan dan dapur dengan luasan yang memadai. Ukuran rumah type 54 memang minimalis, namun Anda bisa tambahkan ruang garasi dan taman hijau di bagian depan dan belakang rumah sekaligus.

Baca Juga  11 Inspirasi Desain Sekat Ruangan Minimalis Modern Unik dan Kreatif

7. Gaya Hunian Type 54 Teras Mini

Tempat tinggal satu ini bisa dirancang terdiri atas 3 kamar dengan ukuran yang cukup luas. Bagian depan rumah bisa dilengkapi fasilitas carport, halaman depan, dan teras berukuran minimalis yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan taman depan.

Bagian ruang makan dan ruang tamunya dijadikan satu tanpa sekat untuk menciptakan space yang lapang dan tidak sesak. Ruang tidur utama dibuat berdampingan dengan dapur, kemudian bagian belakang rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai taman.

8. Rumah Type 54  Ruang Terbuka Hijau

Ingin memiliki rumah dengan ruang keluarga yang luas? Bisa kok, dengan menggunakan konsep hunian type 54 ruang terbuka satu ini. Pada bagian sudut rumah diberi taman outdoor dipenuhi tanaman hijau untuk membuat suasana rumah menjadi hidup dan sirkulasi udaranya juga sejuk. 

Disamping ruang keluarga dilengkapi dengan dapur dan ruang tamu yang memadai. Kemudian bagian depan ruang keluarga diberi 2 kamar tidur. Toilet diletakkan di bagian sudut ruang keluarga agar bisa dijangkau dengan mudah. Bagaimana tertarik meniru konsep tempat tinggal ini?

Dengan mengetahui berbagai inspirasi rumah type 54 lengkap beserta denahnya, maka Anda akan lebih mudah menemukan desain rumah impian sesuai dengan budget yang dimiliki. Butuh peralatan bahan bangunan lengkap? Langsung saja beli segala kebutuhan bangunan melalui https://tokban.com/