Bangunan rumah type 80 memang cocok untuk ditempati oleh keluarga besar yang terdiri atas orang tua dan 2 anak. Bangunan ini memiliki luas sekitar 80 m2 sehingga bisa dikreasikan dengan tatanan letak ruang yang memadai untuk beristirahat, bersantai, atau bisa dijadikan sebagai ruangan serbaguna. 

Bangunan type 80 tentunya lebih kecil dibandingkan dengan tipe bangunan 100 m2. Meskipun demikian, bangunan tersebut sudah cukup efektif untuk membangun kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, dan bagian lainnya dengan penataan seefisien mungkin. Mau tahu beragam inspirasi denah rumah type 80

Inspirasi Rumah Type 80 yang Memberikan Kenyamanan

Umumnya hunian type 80 bisa dirancang dengan 3-4 kamar yang berukuran cukup luas. Namun jika pemilik rumah ingin membangun 2 kamar kemudian mengkreasikan bagian lainnya yang lebih fungsional juga tidak masalah. Apa saja ya rekomendasi hunian type 80 yang menarik untuk ditiru? 

1. Hunian Type 80 Double Bed

Rumah type 80 minimalis modern mengangkat tema open space untuk memberikan kenyamanan para penghuninya saat menghabiskan waktu di dalam rumah. Bagaimana tidak? Bagian tengahnya yang terdiri atas ruang tamu dan ruang keluarga menyatu dengan meja makan. 

Penataan demikian membuat bagian tengah terkesan lebih luas, sehingga anak-anak bisa bermain pada area tersebut. Ada 2 kamar tidur yang tersedia untuk orang tua dan anak, sedangkan kamar mandinya berada di tengah-tengah kamar tidur agar mudah dijangkau. 

Bagian depan rumah diberi fasilitas carspot yang muat hanya untuk satu mobil. Bagian samping carspot merupakan halaman depan yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang hijau untuk ditanami beragam tanaman hias dan kolam ikan berukuran kecil. 

Baca Juga  7+ Inspirasi Motif Warna Cat Hijau Pastel Untuk Interior Rumah

Saat ini sudah banyak kawasan real estate yang menggunakan hunian type 80 double bed. Kawasan perumahan tersebut bisa ditinggali oleh keluarga kecil yang terdiri atas orang tua dan anak. Harga sewa hunian type 80 double bed jauh lebih murah dibandingkan model lainnya.

2. Rumah Type 80 yang Elegan dan Mewah

Untuk bangunan rumah ukuran 16×7 meter mungkin akan lebih cocok ketika dimanfaatkan untuk mendirikan dengan konsep yang elegan dan mewah. Mulai dari bagian depan, bangunan dilengkapi dengan fasilitas carport dan halaman dengan konsep taman. 

Fasilitas yang ada dalam rumah terdiri atas kamar tidur utama dan kamar tidur anak-anak. Kamar tidur utama diletakkan dekat dengan carspot, sehingga ketika membuka jendela akan langsung terlihat taman yang ada di depan rumah. 

Kamar tidur kedua diletakkan pada bagian tengah dekat dengan ruang tamu, kemudian kamar tidur ketiga terletak paling belakang dekat halaman taman. Bagian dapur kotor sengaja diletakkan pada bagian belakang dekat dengan taman agar tidak menimbulkan bau menyengat dalam rumah.

3. Hunian Type 80 Konsep Green Living

Desain rumah type 80 dengan luasan lahan sekitar 150 m2 sepertinya cocok dibuat dengan konsep 3 kamar tidur. Tidak hanya itu, lahannya yang cukup luas bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau untuk membuat suasana tempat tinggal makin sejuk dan terasa segar saat pagi hari. 

Banyak perumahan di tengah kota yang menggunakan konsep green living seperti ini. Selain bisa membuat halaman rumah teduh, green living juga mempertimbangkan kesehatan manusia. Oleh sebab itu, masyarakat kota sengaja menanam banyak pohon disekitar halaman rumahnya. 

Tujuannya tidak lain ingin mendapatkan udara yang segar dan bersih saat berada di dalam rumah. Walaupun memperhatikan kondisi halaman yang luas, ternyata bagian dalam rumah juga terlihat longgar dengan fasilitas dapur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dan 3 kamar tidur. 

Baca Juga  Inspirasi Desain Rumah Type 32 Minimalis Modern Lengkap Beserta Contoh Denahnya

Nikmati waktu santai bersama dengan keluarga pada spot teras depan atau belakang rumah yang sudah tersedia. Walaupun ukurannya memang tidak terlalu besar, setidaknya teras tersebut bisa digunakan untuk beristirahat setelah menjalankan aktivitas tertentu.

4. Rumah Type 80 Gaya Residential

Ketika mengunjungi kawasan perumahan, ternyata banyak sekali ditemukan rumah dengan luas bangunannya sekitar 80 m2 yang cocok ditempati oleh keluarga besar. Bagian depan rumah dilengkapi dengan fasilitas carspot berdampingan dengan taman. 

Dekat taman dibangun sebuah teras ukuran kecil sebagai tempat untuk duduk santai atau melakukan aktivitas tertentu. Lalu bagian sampingnya ada ruangan yang bisa digunakan untuk menjemur pakaian karena terkena sinar matahari yang cukup sehingga lebih cepat kering. 

Memasuki bagian dalam rumah diisi dengan ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, dan 2 ruang tidur. Kamar mandi utama terletak dekat taman, sehingga disarankan untuk menggunakan pintu geser atau semacam ventilasi udara agar lebih mudah menghirup udara segar. 

Taman belakang yang terletak di tengah juga berdekatan dengan ruang keluarga. Penataan ini akan membuat penghuni rumah merasa lebih nyaman ketika menonton TV, membaca buku, atau melakukan aktivitas lain di ruang keluarga pastinya.

5. Hunian Type 80 Bertingkat

Salah satu cara memanfaatkan luasan lahan yang terbatas yaitu membangun rumah dengan konsep 2 lantai. Pada lantai atas nantinya bisa diisi dengan 2 kamar, beranda tempat santai, dan juga 1 toilet dengan luasan yang minimalis. Lalu lantai bawah cocoknya diisi apa saja?

Ukuran rumah type 80 yang cukup terbatas pada lantai bawahnya bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk menjalankan aktivitas tertentu. Tambahkan 1 kamar, dapur, toilet, dan area serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk tempat duduk tamu yang datang ke rumah. 

Baca Juga  Toko Bangunan Pekanbaru Online Terbaik Berkualitas

Jika pemilik rumah memiliki mobil, maka bagian halaman depannya bisa dijadikan car port dan taman kecil berbentuk pola L. Manfaatkan bagian belakang rumah juga sebagai taman yang dipenuhi tanaman hias, sehingga rumah bisa tampak lebih asri dan sejuk. 

Desain hunian bertingkat akan membuat bangunan berbentuk vertikal, oleh sebab itu bagian dalamnya bisa dimanfaatkan lebih banyak ruang. Dengan desain bangunan type 80 minimalis ini, rumah model 2 lantai bisa membantu mengakomodasi kebutuhan ruang bagi pemiliknya.

6. Rumah Type 80 Bergaya Klasik

Hanya memiliki budget kecil untuk tempat tinggal? Tidak usah bingung, karena Anda bisa meniru inspirasi denah hunian satu ini. Bangunan hanya terdiri atas 1 kamar utama saja dilengkapi dengan kamar mandi dalam, 2 kamar anak, dapur, dan ruang serbaguna untuk keluarga. 

Untuk menciptakan sirkulasi udara yang sehat dan segar, penghuni rumah bisa memanfaatkan halaman depan dan belakang rumah sebagai taman. Tanami halaman rumah dengan berbagai bunga hias dan tanaman pagar agar terlihat rapi dan enak dilihat dari luar. 

Sedangkan halaman rumah bagian belakang bisa dimanfaatkan sebagai tempat relaksasi atau tempat untuk menjemur pakaian. Halaman belakang yang letaknya ada di depan kamar tidur sepertinya juga sangat bagus jika ditanami dengan tanaman hias yang bunganya warna-warni.  

Rumah type 80 bisa digunakan sebagai tempat tinggal yang nyaman dengan konsep satu sampai dengan dua lantai. Sedangkan untuk bagian dalam rumah bisa dibagi menjadi 2-4 kamar dan ruangan serbaguna lainnya. Butuh peralatan bangunan murah? Langsung saja kunjungi https://tokban.com/.