Memilih merk semen terbaik wajib hukumnya jika ingin menghasilkan bangunan dengan kualitas yang bagus dan bisa bertahan hingga puluhan tahun. Semen sendiri sangat dibutuhkan untuk merekatkan batu bata saat proses membuat dinding, dan juga menjadi salah satu elemen utama dalam membuat beton.

Tidak jarang juga semen digunakan pada tahap finishing, misalnya membuat plester dinding (lapisan yang menutupi batu bata agar dinding rumah terlihat lebih bagus / rapi). Karena fungsinya yang vital, memilih semen tidak boleh asal. Saat ini sudah ada banyak merk yang bagus di pasaran seperti daftar berikut ini.

Daftar Merk Semen Paling Bagus di Tanah Air?

1. Portland Cement Tiga Roda

Ini dia salah satu semen merk lokal paling populer di Indonesia yang tidak hanya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) tapi juga sudah memenuhi European Standard (EU). 

Semen ini diproduksi oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa sejak tahun 1975 sebagai semen jenis portland, yaitu jenis semen yang cocok menjadi bahan dasar mortar, beton, plester, dan adukan non-spesialisasi.

Berbahan dasar kapur hidraulis, semen ini dikenal mampu menghasilkan plester dinding dengan permukaan halus dan permukaan beton yang rapat. Harganya mulai dari 40 ribu hingga 100 ribuan tergantung ukuran.

2. Semen Gresik

Semen merk Gresik sudah mendapat sertifikasi ISO 14001, yang menandakan bahwa produk ini ramah lingkungan sesuai dengan standar internasional. Bukan itu saja, salah satu brand semen terbaik ini juga memiliki sejumlah keunggulan lain seperti berikut ini:

  • Proses produksi dengan PPC (Portland Pozzolan Cement) membuat daya tekan semen Gresik bisa sampai 360 hari. 
  • Semen Gresik tidak mudah retak karena kandungan pozzolan membuat semen tidak mudah hidrasi saat dicampur dengan air. Inilah mengapa semen Gresik banyak dijadikan bahan campuran membuat beton karena beton membutuhkan semen yang hidrasinya rendah.
  • Kandungan CaO pada semen Gresik mampu menghasilkan finishing bangunan yang tahan lama dan bahkan bisa tahan terhadap asam serta sulfat.
  • Semen Gresik lebih hemat takaran dibanding merk lain tapi daya tahan yang setara. Misalnya merk lain membutuhkan 2 gelas, sementara semen Gresik cukup 1 gelas untuk luas area dinding plester yang sama. Selain itu, harga semen Gresik juga ramah anggaran mulai dari 30 – 50 ribuan.
Baca Juga  5 Tips Bangun Rumah 50 Juta Lengkap dengan Sketsa & Rinciannya!

3. Holcim

Merk semen terbaik lainnya adalah Holcim, yang dijual dengan harga 40 hingga 80 ribuan dan diproduksi oleh PT Holcim Indonesia dengan tagline “Semen Serbaguna” karena memang bisa digunakan untuk plester dinding, membuat beton, dan juga mortar. 

Semen ini juga dikenal unggul dalam hal ukuran partikel pada level micro filler, yang berarti butirannya sangat halus sehingga bisa mengisis setiap rongga dan membuat hasil akhir bangunan menjadi lebih rapat, halus, dan kuat. 

Bukan itu saja, semen merk Holcim juga sudah mendapat Green Label dari Singapura, yang berarti merupakan produk ramah lingkungan. Jadi, semen ini lebih aman untuk para pekerja karena tidak menimbulkan bahaya pada kesehatan. 

4. Semen Padang

Merk semen ini menjadi salah satu yang tertua di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia karena sudah ada sejak tahun 1910. Tapi saat pertama kali dipasarkan, semen ini menggunakan merk NV Nederlandsch-Indische Portland Cement Maatschappij atau disingkat NIPCM. 

Semen ini dibuat oleh PT Semen Padang yang kala itu merupakan hasil kolaborasi Indonesia dan Belanda, dan menjadi pabrik semen pertama di Nusantara. Kualitas semen ini sudah tidak perlu diragukan lagi dan untuk jenis semennya juga beragam seperti berikut ini:

  • Portland tipe I hingga type V.
  • Super Masonry Cement
  • OWC (Oil Well Cement)
  • PCC (Portland Composite Cement)
  • Super Portland Pozzolan Cement

5. Semen Garuda

Garuda menjadi salah satu semen paling bagus di Indonesia karena bisa menghasilkan permukaan yang halus tapi tidak mudah retak. Semen ini juga dikenal dapat menghasilkan konstruksi yang tahan lama. Fitur keren lainnya adalah kedap air dan tahan sulfat. 

Jika dilihat dari namanya, banyak yang mungkin mengira bahwa semen ini dibuat oleh perusahaan lokal. Padahal, produsennya adalah perusahaan China bernama PT Jui Shin yang memiliki cabang di Indonesia, tepatnya lokasi pabrik ada di Bekasi. Harga semen ini sendiri berkisar dari 30 hingga 60 ribuan.

Baca Juga  Kelebihan Atap Onduline dan Cara Memasangnya

6. Semen Merah Putih

PT Cemindo Gemilang adalah produsen dari semen merk Merah Putih yang mulai dipasarkan pada tahun 2011. Perusahaan ini memiliki empat pabrik yang tersebar di Indonesia dan jenis semen yang diproduksinya ada dua, yaitu:

  • PCC (Portland Composite Cement) dengan ukuran 40 kg dan 50 kg (cocok untuk pembangunan umum).
  • OPC (Ordinary Portland Cement) tipe 1 dengan ukuran kemasan curah (cocok untuk pembuatan beton, jalan, selokan, pemasangan bata, pagar, panel beton, paving block, dan beton pracetak). 

Semen Merah Putih dibuat dengan bahan-bahan berkualitas seperti pozzolanic dan proses produksinya menggunakan mesin berteknologi mutakhir sehingga hasil semen dijamin berkualitas. Adapun harganya mulai dari 30 hingga 40 ribuan. 

7. Semen Jakarta

Merk semen dengan harga terjangkau ini diklaim cepat kering dan bisa membuat bangunan lebih kokoh. Permukaan yang dihasilkan juga lebih halus dan rapat, sehingga bangunan tidak mudah retak alias bisa bertahan lama. 

Semen ini diproduksi oleh PT Semen Jakarta dengan lokasi pabriknya di kawasan Banten. Semen Jakarta dipasarkan di berbagai toko offline serta online dengan harga 40 ribuan untuk kemasan 50 kg dan 30 ribuan untuk kemasan 40 kg.

8. Semen Rajawali

Semen dengan logo berwarna hijau ini diproduksi dengan teknologi mutakhir yang membuat produk lebih ramah lingkungan. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena bisa merekat dengan mudah serta menempel lama dan kuat pada bangunan. 

Semen ini berjenis Portland Pozzolan, yang cocok digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat acian, plesteran, beton, dan juga melekatkan batu bata untuk membuat dinding. Ada dua kemasan yang ditawarkan, yaitu 40 dan 50 kg dengan harga 40 hingga 80 ribuan.

Baca Juga  Panduan Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Aman

9. Semen Batu Raja

Satu lagi merk semen yang mudah ditemukan di berbagai toko dan dengan kualitas unggulan adalah Batu Raja. Semen buatan PT Semen Baturaja ini diproduksi langsung di pabrik Baturaja, Palembang. Ada empat jenis semen yang ditawarkan oleh merk ini, yaitu:

  • OPC (Ordinary Portland Cement) tipe I dengan standar SNI, Amerika, dan Eropa.
  • OPC tipe II dengan label SNI yang diklaim tahan asam sulfat (kandungan sedang) dan panas hidrasi sedang.
  • OPC tipe III dengan label SNI dan Ultra Resistance (cocok sebagai material di lokasi yang memiliki kandungan asam sulfat tinggi).
  • PCC (Portland Composite Cement) dengan label SNI dan standar Eropa, yang diklaim bisa menghasilkan permukaan rapat dan daya tekan kuat. 

Pastikan untuk memilih merk semen yang paling bagus seperti 9 daftar di atas, dan belilah dari toko yang memang dikenal menjual semen-semen terbaik seperti Tokban.com. Ada beragam jenis semen dengan harga terjangkau yang bisa Anda beli dar sini. Klik Marketplace bahan bangunan semen tokban untuk melihat etalasenya.